Harga Emas Antam Terus Naik, Pelaku Pasar Bullish Terhadap Logam Mulia

Harga emas Antam mendekati level tertinggi dalam sebulan terakhir di angka Rp947.000 per gram
Abdul Malik • 21 Dec 2021
cover

Ilustrasi harga emas batangan atau logam mulia yang terus naik di tengah normalisasi kebijakan Bank Sentral AS. (Shutterstock)

Bareksa.com - Mengawali pekan ini, harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam terpantau naik tipis.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan naik Rp1.000 per gram. Emas dengan berat 1 gram dijual Rp935.000 per batang, atau secara persentase naik 0,11 persen. Level tersebut mendekati level tertinggi dalam sebulan terakhir di angka Rp947.000.

Sumber: Logammulia.com

Di pekan ini, harga emas dunia diperkirakan akan kembali naik, yang bisa mengerek harga emas Antam. Tidak hanya di pekan ini, harga emas dunia juga diramal terus menanjak tiga bulan ke depan.

Hasil survei mingguan yang dilakukan Kitco menunjukkan para analis maupun pelaku pasar bullish (tren naik) terhadap emas pekan ini.

Sentimen tersebut bahkan terjadi saat Bank Sentral Amerika Serikat (AS) mempercepat normalisasi kebijakan moneternya dan memproyeksikan suku bunga naik 3 kali tahun depan.

Normalisasi kebijakan tersebut biasanya memberikan tekanan bagi emas, karena kenaikan suku bunga tentu akan membuat permintaan dolar AS meningkat yang akhirnya menekan harga emas.

Emas dan dolar AS memang mempunyai korelasi negatif yang kuat. Artinya, pergerakan emas dan dolar AS saling berlawanan. Ketika dolar AS menguat, maka harga emas cenderung tertekan. Begitu sebaliknya ketika dolar AS melemah, maka harga emas cenderung meningkat.

Tetapi kenyataannya para investor dan pelaku pasar malah melihat harga emas akan naik. 11 dari 16 analis di Wall Street memberikan proyeksi bullish emas pekan ini, 2 orang bearish (tren turun) dan sisanya netral, berdasarkan hasil survei Kitco.

Sementara itu survei terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, dari 1.027 partisipan, sebanyak 58 persen bullish, 26 persen bearish, dan sisanya netral.

Tidak betbeda, Bank Standar Chartered, juga bullish terhadap emas meski Bank Sentral AS bisa agresif dalam menaikkan suku bunga. Di kuartal I 2022, harga emas dunia diprediksi akan mencapai US$1.875 per troy ons, atau naik sekitar 4 persen dari level saat ini.

Jika prediksi tersebut jitu, harga emas Antam tentunya akan ikut naik, dan tidak menutup kemungkinan dengan persentase yang lebih besar, tergantung nilai tukar rupiah serta supply-demand.

Korelasi Negatif Antara Harga Emas Terhadap Dolar AS

Menurut analisis Bareksa, korelasi negatif antara harga emas dengan dolar AS ialah :

1. Ketika dolar AS kehilangan daya beli dibandingkan dengan mata uang pembanding lainnya, dalam kata lain nilainya melemah, maka secara otomatis nilai mata uang dari negara lain meningkat. Meningkatnya mata uang memengaruhi permintaan atas komoditas seperti emas yang pada akhirnya akan mendorong harga logam mulia tersebut.

2. Emas ditransaksikan dalam dolar AS. Ketika dolar AS mengalami apresiasi artinya harga emas menjadi semakin mahal, sehingga mengurangi minat beli terhadap aset yang tak berimbal hasil tersebut.

3. Emas adalah aset investasi alternatif di mana jika mata uang dolar AS kehilangan nilainya, maka para investor akan mencari perlindungan alternatif melalui emas. Itulah mengapa, emas kerap menawarkan peluang investasi menjanjikan di saat dolar AS turun.

 Setelah mengetahui berbagai alasan tersebut, maka kita sebagai investor sebaiknya sedikit banyak perlu mengikuti perkembangan seputar ekonomi AS dan isu-isu fundamental terkini yang bisa mempengaruhi dolar AS maupun emas.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa

Ingin mulai investasi emas atau ingin melakukan diversifikasi investasi dengan berinvestasi logam mulia atau emas batangan? Jika tidak ingin
repot membelinya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang tersedia di BareksaEmas.

Dalam fitur BareksaEmasBareksa telah bermitra dengan Indogold dan Pegadaian, yang merupakan penyedia emas fisik dengan layanan gadai emas sesuai izin OJK.

Emas yang dibeli investor di BareksaEmasada fisiknya dan disimpan di brankas aman, yang bisa dijual atau diambil fisiknya bila diperlukan.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur BareksaEmas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan
lagi keasliannya.

Investasi emas di BareksaEmas bisa mulai dengan nominal Rp50 ribu atau ukuran minimal 0,1 gram.

Promo Investasi Emas untuk Donasi

Seiring dengan peluncuran Tabungan Emas Pegadaian di BareksaEmasBareksa dan Pegadaian mengadakan program promosi untuk 500 transaksi tercepat untuk pembelian pertama Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa dengan nilai minimum Rp500.000 berkesempatan meraih hadiah voucher emas Rp50.000.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood,
yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban
Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5 persen dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah.

Di samping itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

(KA01/Arief Budiman/AM)

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.