BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Kemenkeu: Bareksa Mitra Distribusi Non-Bank Terbaik Surat Berharga Negara

Bareksa20 Desember 2022
Tags:
Kemenkeu: Bareksa Mitra Distribusi Non-Bank Terbaik Surat Berharga Negara
Bareksa dinobatkan sebagai Midis SBN Terbaik dan Midis SBSN Terbaik dalam Investor Gathering 2020

Bareksa juga meraih penghargaan Mitra Distribusi Surat Berharga Syariah Negara Terbaik 2020, dalam dua tahun berturut-turut

Bareksa.com - Kementerian Keuangan RI menganugerahkan kepada Bareksa, marketplace investasi terbesar di Indonesia, penghargaan sebagai Mitra Distribusi Surat Berharga Negara Terbaik (Midis SBN) dan Mitra Distribusi Surat Berharga Syariah Negara (Midis SBSN) Terbaik Kategori Fintech 2020, disandingkan dengan bank-bank besar seperti PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan perusahaan efek PT Mandiri Sekuritas. Penghargaan kategori Midis SBSN yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko ini merupakan yang kedua kali berturut-turut diterima oleh Bareksa.

Co-founder dan CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, menyatakan, “Penghargaan ini kembali menjadi bukti bahwa pemanfaatan fintech memiliki peran yang semakin penting untuk mendemokratisasi dunia keuangan nasional. Di tengah pandemi Covid-19 dan era New Normal, kita justru melihat akselerasi penjualan di segmen retail melalui teknologi digital dan terus meluasnya demokratisasi obligasi negara yang sebelumnya merupakan wilayah yang elitis, yang jauh dari jangkauan masyarakat luas.”

Segera Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Promo Terbaru di Bareksa

"Penghargaan ini juga merupakan bukti bahwa dorongan dan dukungan Kementerian Keuangan, OJK, dan Bank Indonesia, dalam pemanfaatan tekfin merupakan langkah yang tepat. Kami sangat berterima kasih atas berbagai kebijakan progresif pemerintahan Presiden Jokowi dan Kemenkeu yang terus mendorong perkembangan ekonomi-digital dan tekfin di Indonesia," Karaniya menambahkan, usai menerima penghargaan secara virtual dalam acara Investor Gathering 2020, 17 Desember 2020.

Illustration

Keterangan: - Hijau: obligasi yang tidak dapat diperdagangkan

- Ungu: obligasi yang dapat diperdagangkan

Sumber: DJPPR Kemenkeu, diolah Bareksa

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa penerbitan SBN menjadi salah satu penopang pembiayaan negara yang difokuskan untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi nasional. “Kita menghadapi tantangan luar biasa dari sisi strategi pembiayaan tahun ini. Kami mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang telah mendukung pembiayaan dan pengelolaan negara untuk mengatasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya dalam sambutan di Investor Gathering 2020.

Sepanjang 2020, Bareksa sebagai midis telah membantu penjualan untuk 6 seri SBN ritel. Yang menarik ada pada penjualan ORI 017 dan SR 013 di mana penjualan di Bareksa menyentuh rekor tertinggi di penjualan konvensional dan syariah. Di tengah situasi sulit akibat COVID-19, nilai penjualan ORI 017 melesat 608% dibanding ORI 016. Sementara penjualan SR013 naik 238% dari SR 012.

Jumlah investor per Nov 2020 juga meningkat 153% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Ketidakpastian ekonomi akibat pandemi mendorong masyarakat untuk berinvestasi pada produk yang lebih aman melalui platform digital. SBN yang dijamin pemerintah 100% menjadi pilihan investasi yang aman dalam situasi tersebut.

Segera Investasi Reksadana Sekarang, Klik di Sini

Illustration
Sumber: Bareksa


Keritelan Terbaik dan Jangkauan Terluas

Menurut hasil penilaian Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan tentang Kinerja Midis SUN Ritel 2019 dari sisi keritelan, Bareksa dinobatkan sebagai salah satu mitra distribusi terbaik, sejajar dengan empat bank besar skala nasional.

Dari sisi jangkauan, Bareksa ada di posisi nomor satu karena berhasil menjangkau investor SBN hingga 34 provinsi di Indonesia. Dari sisi jumlah investor, Bareksa bersaing dengan empat bank besar tersebut dan berada di posisi teratas di antara mitra distribusi non-bank lainnya. Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Bareksa sebagai mitra distribusi SBN Syariah (SBSN) terbaik 2019 kategori non-bank.

Sebelumnya, Bareksa juga dinobatkan sebagai platform terbaik untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) secara online berdasarkan survei yang dilakukan oleh Big Data Telkom dan Ditjen Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko, Kemenkeu RI, pada Desember 2019.

Transaksi pembelian SBN kini sudah dapat dilakukan di aplikasi Bareksa (Android maupun iOS), sehingga investor dengan mudah memantau semua portofolio investasi mulai dari reksadana hingga SBN dalam satu aplikasi.

* * *

Kamu Bisa Jadi Pahlawan Negara dengan Investasi SBN Ritel, Klik di Sini

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan APBN untuk pembangunan negara. Tunggu penerbitan SBN Ritel berikutnya di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Segera Investasi di Reksadana Syariah Buat Nabung Umroh, Klik di Sini




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua