BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Dukung Ekonomi Digital, Grab & OVO Raih Penghargaan Pemberdaya UMKM

Hanum Kusuma Dewi17 Maret 2022
Tags:
Dukung Ekonomi Digital, Grab & OVO Raih Penghargaan Pemberdaya UMKM
Ilustrasi seseorang membuka aplikasi Grab dengan saldo OVO di handphone, Jakarta, 7 Juni 2020. (rifky naufaldy / Shutterstock.com)

Survei menunjukkan 82 persen pelaku UMKM merasa terbantu oleh ekosistem Grab dan OVO

Bareksa.com - Grab dan OVO baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari Briefer sebagai brand dari kategori ride-hailing (transportasi online) dan e-payment (pembayaran digital) yang konsisten mendukung pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh OVO dan CORE Indonesia pada 2021 terhadap 2.001 pelaku UMKM, 82 persen pelaku UMKM merasa terbantu oleh ekosistem Grab dan OVO.

Data riset dari CORE Indonesia juga menyebutkan bahwa, 70 persen UMKM yang mengadopsi pembayaran digital OVO mengalami kenaikan transaksi hingga 30 persen. Dalam ekosistem OVO, jumlah/total UMKM melampaui 95 persen dari 1,3 juta lebih pelaku usaha.

Promo Terbaru di Bareksa

“Penghargaan ini memotivasi kami semua di OVO sebagai sistem pembayaran digital pilihan UMKM Indonesia untuk menjangkau dan membantu mereka berkembang lebih jauh lagi,” jelas Harumi Supit, Head of Corporate Communication, OVO.

Lihat Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Kukuhkan Sinergi Grab - Bareksa - OVO

Tidak hanya dirasakan di kota besar, mereka yang berada di Indonesia Timur juga turut merasakan pengembangan tersebut. Tercatat menurut hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), sejak kehadiran Grab di Kupang dan Jayapura, ada 30 persen dari merchant GrabFood dan 50 persen dari merchant GrabKios baru (2019-2021).

“Grab percaya akan potensi dan saing UMKM Indonesia. Penghargaan yang baru saja kami terima memperkuat komitmen kami untuk terus berjuang bersama para pelaku UMKM,” jelas Mayang Schreiber, Chief Communications Officer, Grab Indonesia.

Grab juga memberikan nilai tambah melalui Klub Juragan Grab Express (KJGE). Dengan jumlah anggota sekitar 26.000 pelaku usaha berbasis online yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia, KJGE memberikan sejumlah manfaat bagi para anggotanya, mulai dari promo menarik hingga kelas edukasi sehingga mereka tidak hanya terbantu dalam hal logistik, tapi juga mendapat keterampilan tambahan dan akses lebih luas ke potensi yang ditawarkan ekonomi digital.

Baca juga Kerahkan Sinergi Ekosistem, Grab-OVO Ikut Mendukung Perluasan Distribusi SBN Melalui Bareksa

Grab dan OVO juga erat berkolaborasi bersama mitra-mitra swasta lainnya dan juga pemerintah dalam upaya pemberdayaan UMKM. Misalnya, inisiatif PATRIOT (Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah) yang sudah diluncurkan di Surakarta.

Grab dan OVO terus melakukan edukasi dan onboarding pedagang pasar di empat zona kota Surakarta, ke dalam ekosistem digital dengan metode pembayaran QRIS. Kolaborasi ini turut meningkatkan pemasukkan pajak daerah, karena UMKM dengan mudah terhubung secara online.

Sebagai informasi, Grab yang merupakan aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara juga telah ikut memberikan pendanaan Seri C kepada Bareksa dan mengukuhkan sinergi ekosistem Grab - OVO - Bareksa.

Lihat juga promo Investasi Reksadana Pakai Robo Advisor Bareksa, Bisa Raih OVO Rp50 Ribu

**

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,93

Up0,21%
Up3,89%
Up0,02%
Up5,88%
Up18,64%
-

Capital Fixed Income Fund

1.765,78

Up0,56%
Up3,45%
Up0,02%
Up7,28%
Up17,13%
Up42,93%

STAR Stable Income Fund

1.916,73

Up0,53%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,30%
Up30,61%
Up60,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.754,19

Down- 0,39%
Up3,83%
Up0,01%
Up4,45%
Up18,86%
Up47,37%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,49

Down- 0,15%
Up1,85%
Up0,01%
Up2,75%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua