BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Modalku Pertahankan Tingkat Default di Level 0,8 Persen

Bareksa14 Maret 2019
Tags:
Modalku Pertahankan Tingkat Default di Level 0,8 Persen
Manajemen Modalku

Modalku menggunakan penilaian kredit berbasis teknologi untuk melakukan evaluasi terhadap keadaan finansial UMKM

Bareksa.com – Fintech peer to peer (P2P) lending Modalku mempertahankan tingkat default pada level 0,8 persen. Pencapaian ini merupakan hasil dari penerapan prinsip responsible lending yakni evaluasi ketat untuk menilai kemampuan finansial setiap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk melunasi pinjamannya.

Head of Micro Business Modalku Sigit Aryo Tejo menyampaikan, agar dapat menyediakan pinjaman bagi pelaku UMKM yang sebelumnya belum terlayani, Modalku menggunakan penilaian kredit berbasis teknologi untuk melakukan evaluasi terhadap keadaan finansial mereka.

“Kami hanya mencairkan pinjaman bagi UMKM yang layak dan mampu melunasi pendanaan. Dukungan modal usaha yang diberikan harus dilakukan secara sehat agar memberikan hasil yang positif bagi semua pihak,” tutur Sigit melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Maret 2019.

Promo Terbaru di Bareksa

Sigit menambahkan, tingkat default Modalku tersebut termasuk di bawah rata-rata industri keuangan tanah air. Penerapan responsible lending sendiri, kata Sigit seperti mencerminkan kegiatan investasi yang risikonya tidak dapat sepenuhnya dihilangkan. Risiko bagi pemberi pinjaman terkait alternatif investasi Modalku adalah default atau UMKM yang mengalami gagal bayar pinjaman.

“Tujuan dari prinsip responsible lending bukan untuk membatasi jumlah UMKM yang didukung. Tetapi bagaimanapun juga, Modalku memiliki tanggung jawab tak hanya bagi UMKM peminjam, tetapi juga bagi pemberi pinjaman yang telah mendanai pinjaman modal usaha. Dengan hanya memberikan pinjaman usaha bagi bisnis UMKM yang layak, Modalku menyalurkan pendanaan secara bertanggung jawab, sebab UMKM berpotensi adalah segmen yang menggerakkan perekonomian negara,” tambahnya.

Sejak berdiri di Indonesia pada bulan Januari 2016, Modalku berpegang pada visinya memberdayakan UMKM yang belum terlayani untuk mengembangkan usaha dan memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui penyediaan pinjaman usaha. Untuk mencapai tujuan ini, Modalku menyediakan layanan P2P lending di mana UMKM peminjam dipertemukan dengan pemberi pinjaman secara digital.

Pemberi pinjaman Modalku merupakan individu serta institusi. Dengan turut mendanai pinjaman UMKM, mereka mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat return yang menarik, bisa mencapai 20 persen per tahun. Hingga saat ini, Modalku telah mencairkan total pinjaman usaha lebih dari Rp2,8 triliun bagi UMKM Indonesia.

Sejak beroperasi, Modalku telah menjalankan berbagai inisiatif yang menunjukkan komitmen terhadap perlindungan konsumen. Secara hukum, Modalku resmi terdaftar di OJK. Modalku juga memiliki sertifikasi ISO 27001, yaitu penilaian standar internasional terhadap sistem manajemen keamanan informasi dan perlindungan data.

Modalku telah menerima pendanaan seri B senilai Rp350 miliar dalam ronde investasi yang dipimpin SoftBank Ventures Asia di tahun 2018. Ini adalah pendanaan seri B terbesar yang pernah diraih suatu platform P2P lending dari Asia Tenggara. Di tahun yang sama, Modalku memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge dari Badan PBB, United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab.

Modalku juga terpilih menjadi satu-satunya perusahaan P2P lending dari Asia Tenggara yang masuk ke daftar The Fintech100 dari KPMG dan H2 Ventures yang menyoroti 100 perusahaan Fintech (teknologi finansial) yang paling inovatif di seluruh dunia. Secara 2 kali berturut-turut, Modalku masuk dalam Fintech 250, yaitu daftar perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia yang menciptakan terobosan teknologi finansial yang diumumkan CB Insights. CB Insights adalah perusahaan terkemuka dunia yang bergerak di bidang riset startup.

(AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua