BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Sinarmas AM Meraih Lima Trophy di Bareksa-Kontan Fund Awards 2018, Ini Ulasannya

Bareksa24 September 2018
Tags:
Sinarmas AM Meraih Lima Trophy di Bareksa-Kontan Fund Awards 2018, Ini Ulasannya
Pengumuman dan penganugerahan pemenang produk-produk reksa dana terbaik pada acara Bareksa-Kontan 2018 Fund Awards pada hari Rabu, 19 September 2018 di Soehanna Hall, Energy Building, Jakarta. (Bareksa/Dev)

Sinarmas AM raih gold winner sebagai manajer investasi reksadana saham terbaik dengan dana kelolaan di atas Rp2 triliun

Bareksa.com - PT Sinarmas Asset Management, perusahaan manajer investasi yang merupakan anak perusahaan dari PT Sinarmas Sekuritas dan bagian dari Sinarmas Group berhasil menyabet lima penghargaan dalam Bareksa-Kontan Fund Awards 2018. Salah satunya Sinarmas AM meraih gold winner untuk kategori manajer investasi reksadana saham terbaik dengan dana kelolaan di atas Rp2 triliun.

Acara Bareksa-Kontan Fund Award 2018 pada Rabu 19 September 2018 lalu juga mengganjar tiga produk reksadana Sinarmas AM. Yakni reksadana Simas Saham Unggulan meraih 2 gold winner untuk reksadana saham terbaik periode 3 dan 5 tahun dan dana kelolaan di atas Rp1 triliun.

Kemudian reksadana Simas Income Fund juga meraih penghargaan gold winner untuk reksadana pendapatan tetap periode 3 tahun dan dana kelolaan di atas Rp500 miliar. Terakhir, reksadana Simas Syariah Unggulan meraih penghargaan silver winner sebagai reksadana saham syariah terbaik periode 3 tahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Daftar Penghargaan yang Diraih Sinarmas Asset Management

Illustration

Illustration

Sinarmas Asset Management berdiri sejak tanggal 9 April 2012 atau 6 tahun lalu dan kini telah memiliki dana kelolaan reksadana Rp22,9 triliun per Agustus 2018. Berdasarkan data Bareksa, Sinarmas AM tercatat mengelola 83 produk reksadana.

Di antaranya 39 produk merupakan reksadana terproteksi, 13 reksadana saham, 16 reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang dan indeks ETF masing-masing 3 produk, 8 produk reksadana campuran, serta 1 reksadana penyertaan terbatas.

Dana Kelolaan Sinarmas AM (Rp)

Illustration
Sumber : Bareksa

Bagaimana kinerja produk reksadana kelolaan Sinarmas AM yang meraih penghargaan? Berikut ulasannya :

1.Simas Saham Unggulan

Salah satu produk Sinarmas AM yang menjadi jawara adalah reksadana saham Simas Saham Unggulan. Reksadana ini berhasil menyabet dua penghargaan gold winner untuk reksadana saham terbaik periode 3 dan 5 tahun dan dana kelolaan di atas Rp1 triliun.

Dana kelolaan Simas Saham Unggulan ini mencapai Rp1,96 triliun. Reksadana yang dirilis pada 18 Desember 2012 ini memiliki return dalam 3 tahun sebesar 68,12 persen.

Dana kelolaan Simas Saham Unggulan hingga Agustus 2018

Illustration

Sumber : Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Diolah Bareksa

Simas Saham Unggulan bertujuan untuk memperoleh pendapatan yang optimal dalam jangka panjang dengan tingkat fleksibilitas investasi yang cukup tinggi serta mengurangi risiko dengan berbagai jenis investasi portofolio efek yang terdiri dari efek bersifat ekuitas, utang dan/atau efek beragun aset serta instrumen pasar uang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Top holding alokasi investasi reksadana Simas Saham Unggulan dalam portofolionya per Juli 2018 antara lain saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Illustration
Sumber : fund fact sheet Agustus 2018

2. Simas Syariah Unggulan

Produk kedua Sinarmas AM yang mendapat penghargaan silver winner adalah Simas Syariah Unggulan pada kategori reksadana saham syariah. Dalam periode 3 tahun, Simas Syariah Unggulan memberikan return hingga 36,39 persen.

Illustration

Reksadana yang dirilis 8 Agustus 2014 dan memiliki dana kelolaan Rp116,91 miliar per Agustus 2018 ini bertujuan untuk memperoleh pendapatan yang optimal dalam jangka panjang dengan tingkat fleksibilitas investasi yang cukup tinggi. Serta mengurangi risiko dengan berbagai jenis portofolio efek yang terdiri dari efek ekuitas dan efek bersifat utang serta instrumen pasar uang sesuai prinsip syariahdan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Beberapa saham yang menjadi top holding dalam portofolio reksadana Sinarmas Syariah Unggulan antara lain saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS), PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), PT Eraja Swasembada Tbk (ERAA), PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Illustration
Sumber : fund fact sheet Agustus 2018

3. Simas Income Fund

Pada kategori reksadana pendapatan tetap, reksadana Simas Income Fund meraih gold winner sebagai reksadana terbaik dengan periode 3 tahun dan dana kelolaan di atas Rp500 miliar. Dalam 3 tahun, reksadana ini memberi return hingga 93,95 persen.

Illustration
Sumber : Bareksa

Reksadana yang dirilis 10 Agustus 2005 ini telah memiliki dana kelolaan Rp2,18 triliun per Agustus 2018. Simas Income Fund merupakan pilihan investasi untuk memperoleh pendapatan yang stabil dan optimal dalam jangka menengah dan panjang dengan tingkat resiko yang relatif rendah melalui penempatan dana investasi pada efek bersifat hutang dan instrumen pasar uang.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua