BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Sabet Banyak Penghargaan, Ini Ulasan Kinerja Reksadana Schroder Dana Kombinasi

Bareksa24 September 2018
Tags:
Sabet Banyak Penghargaan, Ini Ulasan Kinerja Reksadana Schroder Dana Kombinasi
Senior Vice President Intermediary Business PT Schroder Investment Management Indonesia, Adrian Maulana menerima penghargaan untuk 4 produk Scroders. Penghargaan diberikan oleh Co-Founder & Chairman Bareksa, Karaniya Dharmasaputra di acara Bareksa-Kontan 2018 Fund Awards pada Rabu, 19/9/2018 di Soehanna Hall, Energy Building, Jakarta. (Bareksa/AL)

Reksadana campuran ini memiliki dana kelolaan Rp1,97triliun per agustus 2018

Bareksa.com - Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang ditujukan bagi calon investor yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang investasi, tetapi mempunyai keinginan untuk mengalami pertumbuhan uang melalui investasi.

Secara sederhana, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Jika Anda berinvestasi di reksadana, berarti Anda menitipkan uang pada pihak yang sudah mengerti cara mengelolanya agar uang Anda berkembang.

Salah satu reksadana yang mampu memberikan imbal hasil (return) cukup menarik dalam jangka menengah hingga panjang serta dengan risiko yang moderat adalah reksadana campuran.

Promo Terbaru di Bareksa

Seperti namanya, reksadana campuran akan menempatkan dana kelolaannya pada berbagai macam instrumen, mulai dari efek pasar uang, obligasi, dan saham yang porsinya disesuaikan dengan kebijakan investasi manajer investasi yang bersangkutan.

Schroder Dana Kombinasi adalah satu reksadana campuran cukup senior yang ada di Indonesia. Reksadana campuran yang dikelola oleh PT Schroder Asset Management ini telah diluncurkan sejak 27 Desember 2004 lalu.

Reksadana Schroder Dana Kombinasi bertujuan untuk mencapai pertumbuhan pendapatan melalui manajemen portofolio aktif di efek ekuitas, utang dan instrumen pasar uang termasuk deposito, yang tergantung pada kondisi ekonomi Indonesiadan dengan fokus pada risiko investasi.

Strategi alokasi yang diterapkan pada reksadana campuran tersebut yakni:

1. Ekuitas : 1-30 persen
2. Utang : 49-79 persen
3. Instrumen pasar uang dan deposito : 1-50 persen

Per Agustus 2018 ini, komposisi portofolionya berdasarkan alokasinya asetnya :

1. Ekuitas: 3,19 persen
2. Utang: 61,44 persen
3. Instrumen pasar uang dan deposito: 35,37 persen

NAB Schroder Dana Kombinasi

Illustration

Illustration
Sumber: Bareksa

Sekedar informasi, sejak awal tahun hingga penutupan 21 September 2018, Schroder Dana Kombinasi telah mengalami pertumbuhan 2,75 persen, cukup jauh di atas tolok ukur (benchmark-nya) yakni indeks reksadana campuran yang justru terkoreksi 4,56 persen.

Berdasarkan fund fact sheet per Agustus 2018, komposisi kepemilikan efek terbesar (top holdings) dalam portofolio reksadana ini :

1. Adira Tahap III Bond
2. Bank BTPN (Time Deposit)
3. Bank Danamon (Time Deposit)
4. Bussan Auto Seri A (Bond)
5. DBS Bank (Time Deposit)

Reksadana campuran yang memiliki dana kelolaan Rp1,97triliun per agustus 2018 tersebut , dapat dibeli di Bareksa dengan minimal pembelian awal hanya Rp100 ribu.

Di samping itu, Shcroder Dana Kombinasi juga telah mendapatkan berbagai penghargaan dalam beberapa waktu terakhir. Teranyar, reksadana campuran tersebut menyabet dua penghargaan sekaligus dalam ajang Bareksa-Kontan Fund Awards 2018.

Shcroder Dana Kombinasi memenangkan kategori reksadana campuran terbaik 2018 dengan dana kelolaan di atas Rp500 miliar untuk periode 3 tahun serta 5 tahun.

Reksadana campuran merupakan pilihan cocok bagi anda yang memiliki risiko gejolak yang lebih rendah namun masih memberikan potensi pengembalian yang relatif menarik, karena memiliki alokasi aset sesuai dengan risiko profil dan tujuan investasi kita.

Karena alokasi tersebut dilakukan oleh manajer investasi, maka akan lebih sedikit godaan untuk melakukan perubahan alokasi yang berlebih dan mengakibatkan portofolio kita menjadi tidak lagi sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi kita.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua