BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Mau Punya Raket Seperti Kevin-Markus? Nabung Rp8.400 per Hari di Reksadana

Bareksa30 Agustus 2018
Tags:
Mau Punya Raket Seperti Kevin-Markus? Nabung Rp8.400 per Hari di Reksadana
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo (depan) dan Marcus Fernaldi Gideon (belakang) mengembalikan kok ke arah lawannya pada babak perempat final Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta. ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah

Harga raket yang digunakan pemain bulu tangkis profesional berkisar Rp2-4 juta

Bareksa.com - Indonesia berhasil mendapatkan dua medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018. Salah satu yang sensasional tentu kemenangan atlet badminton Indonesia, Jonatan “Jojo” Christie atas atlet China Taipei. Kemudian, pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon juga telah meraih emas setelah melewati pertandingan all Indonesian final melawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dalam pertandingan profesional, raket menjadi salah satu alat yang bisa mendukung performa para atlet. Aksi Kevin mengganti raket saat melawan pemain China di babak semifinal Asian Games 2018 juga menjadi momen krusial karena pada akhirnya dia bisa mematikan pukulan lawan dengan raket barunya.

Sepasang raket milik Kevin/Markus yang menjadi simbol kemenangan dalam meraih emas di nomor ganda putra pun akhirnya dilelang senilai Rp300 juta. Kemudian, uang hasil lelang tersebut akan disumbangkan kepada para korban gempa di Lombok.

Promo Terbaru di Bareksa

Terkait dengan peralatan olahraga yang mendukungnya, para atlet profesional seperti Kevin/Marcus tidak bisa main-main dalam memilih raket mereka. Sebagai informasi, jenis raket yang dilelang oleh ganda putra Indonesia yang juga memenangi medali emas Asian Games 2018, yakni Kevin dan dan Marcus harganya berkisar Rp2,9-3,7 juta di pasaran.

Bagi masyarakat yang menyenangi olahraga bulu tangkis, tentu ingin juga memiliki raket yang baik seperti digunakan pemain bulu tangkis profesional. Jika mau, masyarakat dapat menabung dan memanfaatkan produk reksadana untuk mencapai keinginannya memiliki raket seperti pemain bulu tangkis profesional.

Misalnya dalam satu tahun mendatang, kita ingin memiliki raket yang seperti digunakan Marcus, yakni Yonex seri ASTROX77 yang harganya sekitar Rp2,96 juta. Maka kita bisa mulai mempersiapkan diri berinvestasi dan mencari produk reksadana yang tepat untuk mencapai tujuan itu.

Karena ingin membeli raket Yonex ASTROX77 dalam satu tahun, maka sebaiknya orang tersebut memilih produk reksadana pasar uang atau pendapatan tetap. Jenis reksadana tersebut cocok untuk tujuan jangka pendek karena minim volatilitas.

Di platform Bareksa, terdapat banyak varian reksadana pasar uang dan pendapatan tetap yang dikelola berbagai perusahaan manajer investasi. Sebagai simulasi, kita akan menggunakan produk pendapatan tetap milik PT Syailendra Capital, yaitu Syailendra Pendapatan Tetap Premium.

Secara historis, dalam setahun terakhir, Syailendra Pendapatan Tetap Premium memberikan tingkat pengembalian (return) investasi sebesar 8,8 persen. Tetapi apabila investor melakukan investasi konsisten setiap bulan dalam setahun, maka return yang diperoleh sebesar 3,75 persen.

Untuk bisa mencapai tujuan investasi dalam satu tahun, investor dapat menyisihkan dananya sebesar Rp250 ribu setiap bulan pada produk tersebut. Jumlah tersebut setara dengan Rp8.400 setiap harinya.

Dengan menyisihkan dana dalam jumlah tersebut setiap hari, dalam satu tahun kita dapat membeli raket bulu tangkis yang diinginkan. Ditambah, bakal ada return yang diterima oleh investor dari produk tersebut.

Berdasarkan simulasi, apabila investor mulai menyisihkan dananya sebesar Rp250.000 pada 1 September 2017, maka total hasil investasi yang diperoleh investor pada 30 Agustus 2018 senilai Rp3.112.505.

Simulasi Investasi Historis Syaiendra Pendapatan Tetap Premium

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Jumlah dana tersebut tentunya sudah cukup untuk membeli raket yang diidamkan. Selain itu, berinvestasi di reksadana tentunya lebih menguntungkan dibandingkan menyimpan dana di tabungan.

Tertarik untuk mulai berinvestasi di reksadana?

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(hm)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua