BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Tips Membuat Uang Anda Bekerja Lebih Keras di Tahun Anjing

Bareksa19 Februari 2018
Tags:
Tips Membuat Uang Anda Bekerja Lebih Keras di Tahun Anjing
The year 2018 is a yellow earth dog. Golden traces in grunge style on a red background with a pattern. Chinese New Year. Cover for the project. Vector illustration

Memahami tingkat toleransi risiko akan memandu Anda dalam memilih investasi yang tepat

Bareksa.com – Tahun 2018 merupakan Tahun Anjing Tanah, yang mempunyai arti tersendiri bagi warga keturunan Tionghoa. Tahun anjing dianggap lebih baik daripada tahun lalu yang merupakan tahun ayam api.

Tahun anjing juga dianggap baik untuk melakukan hal-hal yang bersifat membangun. Tantangan lebih dalam hal keuangan dapat dihadapi dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Menggunakan analogi anjing, berikut tips dari UOB Bank yang dapat membuat uang Anda bekerja lebih keras di tahun anjing :

Promo Terbaru di Bareksa

1. Mengendus keadaan sebenarnya dari keuangan Anda

Menilai kondisi keuangan Anda dengan membuat sebuah proyeksi : pendapatan, arus kas keluar, tabungan, dan aset.

2. Jangan menggigit lebih dari yang bisa Anda kunyah

Ketahui apa yang mampu Anda lakukan. Dengan memahami tingkat toleransi risiko Anda akan memandu Anda dalam memilih investasi yang tepat. Tingkat toleransi risiko terdiri dari risk averse (penghindar risiko), konservatif, hingga agresif (penyuka risiko).

3. Jangan membuang waktu untuk mengejar ekor Anda

Semakin cepat Anda mulai menabung dan berinvestasi, semakin siap Anda untuk mengelola keuangan seiring pasang surut siklus ekonomi. Dengan segera melakukan investasi secara teratur dan benar, hal itu akan memungkinkan Anda untuk menghitung biaya investasi dan mendapatkan keuntungan dari bunga majemuk.

4. Apa yang harus dilakukan dengan bonus yang Anda terima

Rezeki nomplok seperti pembayaran bonus atau angpao seharusnya tidak diperlakukan sebagai pendapatan tetap atau arus kas tetap. Hal pertama di daftar periksa Anda, gunakan bonus yang diterima untuk membayar hutang tanpa jaminan Anda seperti saldo kartu kredit yang beredar.

5. Berikan imbalan untuk diri sendiri

Tinjau kebiasaan belanja Anda. Pilihlah kartu kredit dengan manfaat dan imbalan yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Untuk menuai imbalan terbaik dari kartu kredit Anda, gabungkan pengeluaran Anda ke dalam satu atau dua kartu kredit inti yang paling sesuai dengan kebutuhan gaya hidup Anda.

6. Ketahui kapan harus duduk, diam atau berguling

Sesuaikan harapan Anda dengan jangka waktu investasi dan toleransi Anda terhadap risiko. Pertimbangkan dampak inflasi terhadap aset yang dimiliki dan pilih investasi yang dapat mengimbangi kenaikan biaya ini.

7. Waktunya untuk meningkatkan ukuran kandang?

Pertimbangkan hasrat Anda untuk perubahan. Ketahui rasio pembayaran utang dan rasio cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) terhadap pendapatan Anda. Sadarilah akan pengaruh usia Anda terhadap cicilan KPR Anda.

8. Ikuti petunjuk yang benar

Mintalah nasihat dari profesional untuk membantu Anda memilih produk dan solusi keuangan yang tepat berdasarkan selera risiko, tujuan keuangan dan time horizon (cakrawala waktu) Anda. Time horizon adalah perencanaan masa berinvestasi sampai dengan saat ketika hasil dari investasi itu ingin diambil atau dinikmati.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.316,44

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,24

Up0,56%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,20%
Up44,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,14

Down- 0,90%
Up3,16%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,25%
Up46,69%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,94

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,17

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua