BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

FUND PICK: Bahana Dana Infrastruktur, Reksa Dana Tahan Banting dan Minim Risiko

Bareksa06 Januari 2016
Tags:
FUND PICK: Bahana Dana Infrastruktur, Reksa Dana Tahan Banting dan Minim Risiko
Tamu undangan mengamati pergerakan perdagangan saham perdana tahun 2016 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (4/1). Presiden meminta pelaku usaha optimis menghadapi perekonomian 2016. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Simak ulasan mengenai kinerja serta risiko yang dimiliki reksa dana campuran tersebut.

Bareksa.com - Bahana Dana Infrastruktur menjadi reksa dana campuran terbaik minggu ini di antara seluruh reksa dana yang diperdagangkan pada marketplace Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana menggunakan standar deviasi yang menunjukkan total risiko dari suatu reksa dana. Semakin kecil standar deviasi, maka semakin kecil pula tingkat risiko dari reksa dana tersebut.

Berdasarkan data Bareksa, ada 13 reksa dana campuran yang memiliki risiko sama, yaitu 0,03. Namun dari 13 reksa dana tersebut, Bahana Dana Infrastruktur memiliki kinerja terbaik berdasarkan barometer dan return-nya.

Promo Terbaru di Bareksa

Dilihat dari barometer, reksa dana kelolaan PT Bahana TCW Investment Management ini memperoleh skor 3 yang artinya memiliki kinerja baik.

Baromoter Bareksa merupakan parameter yang terdiri atas skor 1 - 5. Semakin baik kinerja reksa dana tersebut, reksa dana tersebut semakin mendekati atau mencapai skor 5.

Pengukuran Barometer didasarkan pada sejumlah parameter, yaitu return reksa dana dibanding dengan risikonya, pertumbuhan dana kelolaan, serta penilaian kinerja dibandingkan dengan benchmark.

Sementara return reksa dana campuran ini dalam satu tahun terakhir masih catat return negatif, yaitu minus 7,06 persen. Meskipun mencatat return negatif, tapi penurunan tersebut masih lebih rendah dibanding indeks reksa dana campuran yang turun 8,14 persen dalam setahun.

Grafik: Pergerakan NAB Bahana Dana Infrastruktur

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Penurunan pada reksa dana campuran terimbas dari turunnya pasar saham yang cukup dalam pada 2015. Seperti dilihat pada grafik di atas, fluktuasi dari NAB yang mencerminkan harga reksa dana tersebut, cukup tinggi. Tingginya fluktuasi NAB karena mayoritas aset reksa dana jenis ini dialokasikan pada saham sehingga pergerakannya pun lebih fluktuatif.

Lantaran fluktuasinya cukup tinggi, reksa dana ini tidak direkomendasikan untuk investor dengan profil risiko konservatif, yaitu belum dapat menerima risiko tinggi.

Reksa dana ini dipilih dan direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki kinerja terbaik (return) minggu ini. Akan tetapi, ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. Anda tetap harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan berinvestasi pada reksa dana tersebut.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua