Semua Aset Investasi di Pasar Modal Mudah Dipantau di AKSes KSEI, Begini Caranya

Semua aset investasi yang dimiliki Smart Investor tercatat di AKSes KSEI
Abdul Malik • 09 Sep 2022
cover

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). (www.ksei.co.id)

Bareksa.com - AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang diluncurkan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bisa jadi langkah mudah bagi investor yang ingin memantau portofolio investasinya. Fasilitas yang disediakan KSEI ini juga sebagai upaya meningkatkan transparansi informasi dan perlindungan investor.

Melalui AKSes KSEI, Smart investor dapat secara langsung memantau portofolio kepemilikan efek atau dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabah. Melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan (account statement) yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI.

Dengan kata lain, Smart Investor dapat memastikan secara langsung apakah portofolio investasi sesuai apa belum dengan dengan instruksi jual/beli kepada PE dan BK. Terlebih, dalam berinvestasi di pasar modal, investor tidak selalu bisa melihat dan memegang wujud fisik dari asetnya.

Karena itu, semua aset investasi yang dimiliki Smart Investor tercatat di AKSes KSEI. Aset-aset investasi di pasar modal itu termasuk saham (ekuitas), reksadana, obligasi, dan kas. Lewat AKSes KSEI, Smart Investor juga bisa membeli aset-aset ini dari agen yang berbeda, contoh seorang investor membeli reksadana di Bareksa dan di agen penjual efek reksa dana (APERD) lain dan memiliki saham di sebuah sekuritas.

Investor bisa melihat semua portofolio ini melalui AKSes KSEI. Biar bisa melihat semua portofolio investasi, investor perlu mendaftar dulu di AKSes KSEI. Syaratnya hanya menyiapkan e-mail, nomor handphone dan nomor KTP/NIK.

Panduan Daftar Akun AKSes KSEI

1. Masuk ke https://akses.ksei.co.id/

Lihat di sebelah kanan atas, klik tombol DAFTAR.

2. Pilih Tipe Registrasi

Sebagai investor individu (perseorangan), kita pilih tombol INDIVIDU LOKAL.

3. Isi Data Diri

Masukkan data diri, mulai dari nama lengkap, NIK, Nomor handphone, dan e-mail. Lalu Klik Selanjutnya.

4. Aktivasi

Halaman selanjutnya akan menampilkan informasi Anda sebagai investor. Bila sudah benar, klik aktivasi untuk mendapatkan tautan dari email Anda.

5. Buka email pribadi

Buka kotak masuk dalam email Anda, dan cari surat masuk dari AKSes. Lalu klik tautan yang ada di dalam email tersebut.

6. Buat Kata Sandi

Buat kata sandi sesuai keinginan Anda untuk login ke AKSes KSEI. Kata sandi yang harus dibuat perpaduan antara 8 karakter yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter khusus ([email protected]#^*)

Bila kata sandi sudah sesuai dengan persyaratan, klik Aktifkan akun saya.

Pendaftaran akun baru AKSes KSEI sudah selesai. Investor bisa login dan melihat portofolio investasinya di pasar modal. Baca juga cara cek portofolio reksadana dan investasi pasar modal lainnya di AKSes KSEI.

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.