Bukan Kaleng-kaleng, Ini 7 Jurus Ampuh Agar Tak Tertipu Crazy Rich Palsu

Jurus ampuh agar tak mudah terjebak penipuan atau investasi palsu adalah dengan melek finansial
Abdul Malik • 18 Mar 2022
cover

Ilustrasi pelaku investasi bodong dan ilegal. (shutterstock)

Bareksa.com - Belakangan marak soal banyaknya masyarakat yang tertipu crazy rich palsu. Salah satunya adalah kasus afiliator binary option ilegal, Indra Kenz dan Doni Salmanan yang saat ini sedang diproses penyidik Bareskrim Polri.

Bahkan nilai kerugian masyarakat akibat robot trading dan kripto ilegal benar-benar bikin nyesek. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso sebelumnya menyatakan sepanjang 2021 saja, kerugian masyarakat akibat praktik penipuan melalui kripto dan robot trading ilegal mencapai Rp6,5 triliun. Nilai ini merupakan perkiraan dari 5 kasus yang sedang ditangani Bareskrim Polri.

"Perkiraan kerugiaan masyarakat akibat robot trading ilegal mencapai lebih dari Rp2,5 triliun dari 5 kasus yang ditangani Bareskrim Polri. Adapun kerugian masyarakat akibat kripto ilegal diperkirakan mencapai lebih dari Rp4 triliun," ujar Wimboh.

No

Jenis Investasi Ilegal

Perkiraan Kerugian Masyarakat

1.

Robot Trading Ilegal

Lebih dari Rp2,5 Triliun dari 5 kasus yang ditangani Bareskrim

2. 

Kripto Ilegal

Lebih dari Rp4 Triliun

Sumber : OJK

Nah, apa sebenarnya strategi buat kita agar tidak mudah tertipu investasi ilegal semacam yang dipamerkan crazy rich palsu tersebut?

Juky Mariska; Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP menyatakan setiap orang menginginkan kehidupan tentram dengan dompet yang aman, tidak peduli mereka lajang ataupun sudah berkeluarga. Akan tetapi, tidak banyak orang tahu ketentraman semacam ini tidak dapat dicapai dengan gaji tinggi lho! Satu-satunya cara mencapainya dari segi keuangan adalah dengan melek secara finansial. 

Apa pengertian melek finansial dan bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Melek Finansial

Menurut Gerakan Literasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian melek finansial adalah kecakapan dalam mengaplikasikan pengetahuan terkait konsep dan resiko sehingga mampu mengambil keputusan efektif terkait finansial agar kesejahteraan finansial meningkat, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat. 

Secara umum, pengertian melek finansial adalah kemampuan untuk mengelola finansial secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar mampu mencapai kesejahteraan hidup. 

Mengapa Literasi Keuangan Penting?

Literasi keuangan adalah hal yang penting dipelajari agar melek finansial, terutama bagi pekerja baru dan orang dengan tanggungan keluarga. Selengkapnya tentang pentingnya literasi keuangan adalah berikut ini. 

1. Mampu Mengelola Keuangan Secara Teratur

Informasi dan wawasan literasi keuangan akan membuat Anda mampu mengatur keuangan dengan baik. Dengan literasi keuangan, alokasi finansial dapat terdistribusi secara lebih bijak dan terencana. Sehingga terciptanya kondisi keuangan yang sehat dan seimbang.

2. Mengurangi Risiko Menjadi Korban Penipuan

Literasi keuangan membuat Anda memiliki banyak pengetahuan terkait keuangan. Pengetahuan ini akan membantu Anda menyeleksi produk/layanan finansial asli dan mana yang penipuan. Sehingga Anda bisa menghindarkan diri dari kerugian. 

3. Mempunyai Kesejahteraan Hidup

Dalam jangka panjang, literasi keuangan akan membantu Anda mencapai kesejahteraan dan ketentraman hidup. Di fase-fase awal mempelajari literasi keuangan, Anda mungkin harus meluangkan waktu untuk mempraktikkan ilmunya. Akan tetapi, kesusahan ini akan terbayarkan dengan kondisi finansial lebih baik. 

7 Tips Ampuh Mewujudkan Melek Finansial

Setelah membaca pentingnya literasi keuangan, ada beberapa cara mewujudkan melek finansial yang dapat Anda lakukan, yaitu: 

1. Pelajari Hal-Hal Berkaitan Dunia Keuangan

Tips pertama mewujudkan melek finansial adalah dengan mempelajari hal-hal berkaitan dunia finansial. Anda tidak perlu mengambil kuliah di jurusan keuangan guna mempelajari hal ini. Cukup rajin-rajin mempelajarinya melalui buku, materi digital, atau berita terkait keuangan. 

2. Biasakan Merencanakan Keuangan Tiap Bulan

Tips berikutnya untuk mewujudkan melek finansial adalah dengan membiasakan diri merencanakan keuangan tiap bulan. Perencanaan keuangan ini akan membantu Anda lebih hati-hati dan disiplin saat membuat pengeluaran. Selain itu, saat melakukan perencanaan keuangan Anda juga dapat membuat alokasi seimbang untuk kebutuhan sehari-hari, keinginan, dan tabungan.

3. Ingat Target yang Ingin Dicapai

Setiap orang memiliki target-target di masa depan, dan sebagian target ini membutuhkan dana untuk realisasi. Dengan mengingat target-target tersebut, Anda dapat menahan keinginan menghambur-hamburkan uang. Sebaliknya, Anda justru akan bersemangat mempelajari bagaimana memanfaatkan uang dengan lebih baik dan mengembangkannya agar jumlahnya bertambah.

4. Prioritaskan Kebahagiaan Jangka Panjang

Memprioritaskan kebahagiaan jangka panjang merupakan cara mewujudkan literasi keuangan selanjutnya. Orang-orang yang mengutamakan kebahagiaan jangka pendek akan menghambur-hamburkan pendapatannya tanpa pikir panjang. Mereka tidak akan peduli jika uang mereka habis demi hal-hal tidak bermanfaat. 

Akan tetapi, orang-orang dengan prioritas kebahagiaan jangka panjang akan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Dibandingkan untuk menyenangkan diri di masa sekarang, seseorang dengan literasi keuangan tinggi akan mengutamakan kesejahteraan di masa mendatang. 

5. Siapkan Tabungan untuk Dana Darurat

Selanjutnya, tips mampu melek finansial adalah menyiapkan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, kita dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran tidak terduga. Jika tidak digunakan, dana darurat akan menjadi cadangan tabungan yang dapat dipakai memenuhi kebutuhan lain di masa depan. 

6. Belajar Investasi dengan Konsisten

Mempelajari investasi adalah salah satu cara mewujudkan melek finansial dengan cepat. Faktanya, menyimpan uang saja tidak cukup, karena uang yang disimpan tanpa diinvestasikan akan tergerus inflasi. Dengan belajar investasi secara konsisten, Anda dapat mempelajari cara mengembangkan pendapatan melalui pendanaan ke sektor-sektor produktif. 

7. Terapkan Prinsip Hidup Ikigai

Terakhir, tips mewujudkan melek finansial adalah menerapkan prinsip Ikigai, prinsip hidup orang Jepang agar hidup lebih bermakna. Filosofi ini mengajarkan Anda untuk hidup secara seimbang dari hal yang finansial, keinginan, kebutuhan, dan kemampuan yang dimiliki. 

Dengan menerapkan prinsip Ikigai, hidup Anda akan lebih tenang dan tentram, karena menjalani hidup berdasarkan kebijaksanaan, bukan hanya berfoya-foya memenuhi kesenangan. 

“Literasi kuangan membuat generasi saat ini bisa memiliki pengetahuan terkait keuangan. Agar generasi muda mencapai #FinanciallyFit perlu didukung dengan kedisplinan dan endurance, sehingga tercipta kebiasaan yang baik,” ujar Juky dalam keterangannya (18/3/2022).

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.