BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Bisa Liburan Keluarga Pakai Campervan Sendiri? Begini Cara Nabungnya

Bareksa18 Desember 2019
Tags:
Bisa Liburan Keluarga Pakai Campervan Sendiri? Begini Cara Nabungnya
Renault Trafic yang sudah dimodifikasi oleh Sussex Campervans. (Motor1.com)

Sussex Campervans membuat model Paradise dari basis Renault Trafic yang dijual seharga Rp843 juta

Bareksa.com - Liburan menggunakan campervan sedang tren, seperti yang dilakukan pasangan seleb Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara waktu ke Selandia Baru tahun lalu. Mobil yang dilengkapi dengan interior menyerupai rumah semacam ini cocok digunakan sebagai mobil liburan karena bisa memangkas biaya sewa hotel, dan bisa membuat perjalanan darat lebih seru.

Campervan atau motorhome merupakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya rumah. Ada dapur, tempat tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan. Biasa juga disebut sebagai mobil RV (recreational vehicle), campervan adalah salah satu transportasi sekaligus cara favorit untuk jelajah terutama bersama keluarga.

Mengikuti banyaknya permintaan, perusahaan khusus karoseri asal Inggris Sussex Campervans mengubah Renault Trafic menjadi mobil rumah atau campervan.

Promo Terbaru di Bareksa

Dilansir dari Motor1, Sussex Campervans menggunakan basis mobil Renault Trafic Sport. Oleh karena itu, mobil ini sudah dilengkapi fitur standar seperti, navigasi satelit, radio DAB, Bluetooth, dan AC. Ada juga sensor parkir belakang, lampu otomatis, dan fitur cruise control.

"Saya benar-benar percaya bahwa Renault Trafic telah mengubah apa yang dimaksud dengan van," kata Daniel Lopez Direktur Pelaksana Sussex Campervans, seperti dilansir dari Tempo.

Perusahaan yang berbasis Horsham ini pun menyediakan dua model Campervan, yakni tipe Manhattan dan Paradise. Untuk model Manhattan, disematkan dapur di bagian samping. Model ini bisa menampung dua sampai lima orang untuk tidur di dalam mobil.

Sementara model Paradise menawarkan tempat tidur twin atau king dan memiliki dua area berbeda. Kemudian untuk dapur lengkapnya terletak di bagian belakang.

"Banyak klien meminta merek lain tetapi dengan cepat dimenangkan oleh test drive komparatif (Renault Trafic). Sebab, mobil ini sangat ringan untuk dikendarai dan jarak roda pendek lebih ringkas, daripada banyak mobil sejenis sehingga mudah digunakan," ujarnya.

Sebagai informasi, harga untuk model Manhattan dibanderol 41.995 poundsterling atau sekitar Rp787 jutaan. Sedangkan untuk model Paradise dibanderol mulai 44.995 poundsterling atau Rp843 jutaan. Kedua model mendapat garansi tiga tahun dari Renault plus garansi tiga tahun lainnya dari Sussex Campervans.

Simulasi Nabung Reksadana

Jika kamu memiliki niat untuk mempunyai campervan, kamu perlu menyiapkan uang tabungan dari jauh-jauh hari. Salah satu cara yang dapat dicoba yakni dengan nabung reksadana. Selain keuntungan optimal, imbal hasil reksadana juga bebas pajak karena bukan objek pajak.

Salah satu jenis reksadana yang bisa dipertimbangkan adalah reksadana campuran. Reksadana ini mampu memberikan potensi imbal hasil yang cukup tinggi dan cocok untuk investor dengan profil agresif. Jangka waktu yang disarankan untuk berinvestasi di reksadana ini sekitar 5 tahun.

Berdasarkan daftar reksadana campuran yang dijual di Bareksa, top 5 reksadana mampu memberikan imbal hasil 130,38 persen hingga 242,54 persen dalam 10 tahun terakhir (per 17 Desember 2019). Artinya, secara rata-rata top 5 reksadana tersebut memberikan imbal hasil 169,81 persen dalam 10 tahun terakhir atau 16,98 persen per tahun.

Perlu diingat, nilai imbal hasil tersebut adalah berdasarkan kinerja historikal, sehingga tidak menjamin kinerja imbal hasilnya akan serupa di masa mendatang. Di masa depan, top 5 reksadana saham tersebut bisa memberikan imbal hasil lebih tinggi atau rendah yang dipengaruhi kondisi pasar modal.

Top 5 Reksadana Campuran Return Tertinggi 10 Tahun Terakhir (per 17 Desember 2019)

Illustration

Sumber: Bareksa

Kemudian kita gunakan tools Kalkulator Investasi Bareksa untuk mengetahui kebutuhan investasi bulanan yang dibutuhkan untuk bisa membeli campervan model Paradise yang seharga Rp843 juta.

Dalam kolom kalkulator investasi kita masukkan target dana yang ingin kita kumpulkan seharga sepeda itu, jangka waktu investasi 10 tahun (120 bulan), serta return atau imbal hasil per tahun yang diharapkan sesuai asumsi kita. Kemudian klik tombol hitung.

Berdasarkan hasil hitungan Kalkulator Investasi Bareksa, guna mendapatkan target dana Rp843 juta untuk membeli campervan model Paradise, maka sedikitnya dibutuhkan dana Rp2,74 juta per per bulan, untuk kemudian kita investasikan di reksadana campuran. Nilai itu setara menabung sekitar Rp92 ribu per hari.

Illustration

Sumber: Bareksa

Dengan menabung sekitar Rp92 ribu per hari atau Rp2,74 juta per bulan, maka dalam 10 tahun kita berhasil mengumpulkan dana pokok investasi Rp328,89 juta. Nilai itu masih berpotensi bertambah karena kita berpeluang memperoleh imbal hasil investasi Rp514,11 juta.

Sehingga total dana pokok dan imbal hasil investasi yang bisa kita peroleh bisa mencapai Rp843 juta atau sudah cukup untuk membeli campervan model Paradise.

Ternyata cukup mudah cara untuk mengumpulkan dana dan mendapatkan imbal hasil optimal. Tertarik untuk mencoba?

Reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito. Sementara itu, reksadana syariah hanya bisa berinvestasi pada efek yang masuk dalam pengelolaan secara syariah.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Sementara reksadana campuran adalah reksadana yang berisikan berbagai aset seperti saham, obligasi dan pasar uang. Reksadana jenis ini berisiko berfluktuasi dalam jangka pendek tetapi berpotensi tumbuh dalam jangka panjang.

Maka dari itu, reksadana campuran yang agresif disarankan untuk investor dengan profil risiko moderat hingga tinggi dan untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang. Demi kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

(KA01/hm)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua