BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Nabung Uang Kecil di Reksadana Bukareksa Tapi Bisa Untung Maksimal? Ini Caranya

Bareksa02 Agustus 2018
Tags:
Nabung Uang Kecil di Reksadana Bukareksa Tapi Bisa Untung Maksimal? Ini Caranya
Polisi memeriksa uang kertas rupiah pecahan Rp10.000 di jasa penukaran uang baru di pinggiran jalan, Surabaya, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dengan rutin menabung dan disiplin dalam jangka waktu panjang, uang kecil bisa memberi untung maksimal

Bareksa.com - Seringkali kita beralasan tidak bisa menabung karena hanya memiliki uang pas-pasan. Padahal, menabung itu perlu untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan.

Agar terasa ringan, ada sejumlah cara yang bisa kita tempuh untuk menabung ini. Contohnya adalah memilih produk reksadana yang tersedia dalam fitur BukaReksa di Bukalapak, yang merupakan hasil kerja sama antara Bareksa dan e-commerce Bukalapak.

Mengapa harus menabung di reksadana? Karena menabung di reksadana ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung di celengan atau di rekening bank.

Promo Terbaru di Bareksa

Selain itu, kita tidak perlu pergi ke bank atau keluar rumah. Dengan fitur BukaReksa, kita bisa membeli reksadana dari mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan telepon pintar dan sentuhan jari.

Keunggulan lain dari menabung reksadana di fitur BukaReksa ini adalah modal awal yang sangat terjangkau, cukup Rp10.000.

Kemudian, produk yang tersedia beragam. Kini ada 10 produk reksadana dari empat jenis reksadana yang bisa dibeli oleh para pengguna (user) Bukalapak.

Untuk jenis reksadana pasar uang, terdapat dua produk, yaitu CIMB Principal Bukareksa Pasar Uang dan Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang.

Kemudian, untuk jenis pendapatan tetap, ada empat produk. Produk-produk tersebut adalah Syailendra Fixed Income Fund, CIMB-Principal Total Return Bond Fund, Mandiri Investa Dana Syariah, dan Reksa Dana Ashmore Dana Obligasi Nusantara.

Dari jenis campuran, ada dua produk yang bisa kamu pilih di BukaReksa, yaitu Kresna Flexima dan Cipta Syariah Balance.

Terkhir, dari jenis reksadana saham, ada dua produk juga yang tersedia. Produk-produk itu adalah BNP Paribas Pesona dan BNP Paribas Pesona Syariah.

Simulasi Keuntungan Reksadana BukaReksa

Bagaimana modal kecil ini bisa memberikan keuntungan? Padahal, kalau menabung di bank biasanya ada saldo minimal dan ada biaya administrasi bulanan, belum lagi ada potongan pajak bunga bank.

Kalau kita menabung di reksadana yang tersedia di BukaReksa, tidak ada biaya administrasi bulanan. Selain itu, keuntungan yang kita dapat sudah bebas dari potongan pajak.

Keuntungan kita bisa lebih maksimal bila secara rutin menyisihkan uang kecil dalam jangka waktu panjang. Sebagai contoh, mari kita simulasikan dengan salah satu produk reksadana campuran yang tersedia di BukaReksa, yaitu Kresna Flexima.

Mungkin dalam sehari kita hanya bisa menyisihkan Rp10.000, tetapi bila disiplin menyisihkan setiap hari selama sebulan, uang yang terkumpul mencapai Rp300.000. Uang ini secara rutin kita investasikan di reksadana Kresna Flexima dalam tiga tahun. Dalam simulasi ini, kita mengumpakan telah menabung sejak 3 tahun lalu.

Hasilnya akan terlihat dalam grafik berikut ini

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan hasil simulasi Bareksa, dalam tiga tahun kita bisa mengumpulkan uang pokok investasi atau tabungan Rp11,1 juta. Selain itu, uang kita juga tumbuh menjadi Rp12,988 juta dalam tiga tahun. Artinya, kita menerima keuntungan 17,01 persen atau setara Rp1,888 juta.

Dengan simulasi tersebut bisa terlihat bahwa dengan menabung uang kecil, asal rutin dan dalam jangka waktu panjang, kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Tidak terasa uang yang awalnya hanya Rp10.000 kini bisa menjadi belasan juta rupiah. (Baca juga Mudahnya Bertransaksi Reksa Dana di BukaReksa, Begini Caranya)

Jadi, ayo mulai menabung reksadana sekarang dengan fitur BukaReksa.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(hm)

***

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,46

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua