BeritaArrow iconBareksaArrow iconArtikel

Bareksa Kontan 5th Fund Awards Umumkan MI Juara, Reksadana Terbaik & Tokoh Reksadana 2021

Abdul Malik25 Oktober 2021
Tags:
Bareksa Kontan 5th Fund Awards Umumkan MI Juara, Reksadana Terbaik & Tokoh Reksadana 2021
Co-Founder & CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra saat memberikan kata sambutannya di acara pembukaan Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021. (Bareksa)

Terjadi pergeseran tren investasi di reksadana dari sebelumnya passive investment jadi active investment

Bareksa.com Platform e-investasi terbesar di Indonesia, Bareksa (PT Bareksa Portal Investasi) bersama media bisnis dan investasi papan atas Tanah Air, Kontan, kembali menyelenggarakan perhelatan penghargaan akbar industri reksadana Tanah Air, Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021.

Seperti tahun lalu, pengumuman dan penganugerahan pemenang Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021 digelar hari ini (25/10/2021) secara virtual melalui akun media sosial resmi Bareksa dan Kontan di kanal Youtube, Facebook dan Instagram guna mendukung program pemerintah menganggulangi penyebaran Covid-19. Ini merupakan tahun kelima penghargaan paling bergensi ini diselenggarakan.

Ajang ini merupakan penghargaan tahunan bagi produk Reksadana Terbaik dan Manajer Investasi (MI) Juara yang menunjukkan performa terbaik setahun terakhir. Termasuk, Tokoh Reksadanayang telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi bagi pertumbuhan industri reksadana di Indonesia.

Promo Terbaru di Bareksa

“Kita tahu bahwa kondisi pandemi ini belum tahu kapan akan berakhir. Karena saat ini pun kita masih dibayang-bayangi akan adanya kemungkinan gelombang ketiga Covid-19, belum lagi kemungkinan munculnya varian baru dari virus korona tersebut. Tapi rekan-rekan Kontanbersama Bareksa tetap menyiapkan penilaian terhadap reksadana-reksadana terbaik dengan penuh semangat. Hal ini merupakan satu wujud dukungan kami untuk perkembangan reksadana di tanah air,” ujar Ardian Taufik Gesuri, Pemimpin Redaksi KONTAN dalam sambutannya.

Co-Founder & CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, mengucapkan selamat kepada para pemenang atas kinerja terbaik dan sumbangan mereka terhadap industri reksadana Tanah Air, terutama dalam hal pertumbuhan e-investment (investasi secara online).

“Selama beberapa tahun terakhir, kita menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa dari e-investment di Indonesia. Sebagai bagian dari pertumbuhan e-investment tersebut, kami juga ingin melaporkan bahwa Bareksa secara year on year membukukan lonjakan dana kelolaan hampir 100 persen per Oktober 2021, dan jumlah akun investor melonjak hampir 110 persen di periode yang sama,” ungkap Karaniya dalam kata sambutannya di acara pembukaan Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021.

Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan, per Agustus 2021 terdapat 6 juta investor pasar modal, mengalami kenaikan 1.282 persen dari Desember 2015 yang hanya 434 ribu investor. KSEI menyebut 70 persen dari investor ritel di tahun 2020 merupakan investor yang melakukan pembelian reksadana melalui platform fintech.

Pergeseran Perilaku Investasi dari Passive ke Active Investment

Seiring melonjaknya jumlah investor, menurut Karaniya, saat ini terjadi pergeseran perilaku investasi investor di Indonesia, dari sebelumnya passive investment jadi active investment. Jika 10 tahun lalu, investor di Indonesia masih mengikuti pola investasi conventional wisdom yang menyatakan berinvestasi di reksadana adalah investasi secara pasif, kini kecenderungannya berbeda.

“Seiring perkembangan teknologi digital, kita melihat industri reksadana di Indonesia menjadi sangat transparan dan mudah diakses, kinerja reksadana sangat terbuka bagi publik, sehingga terjadi perubahan pola investasi dari passive ke active investment,” kata Karaniya.

Melihat kondisi tersebut, kata Karaniya, industri reksadana memasuki tren baru dari semula passive investment ke active investment. Guna mengantisipasi tren baru ini, Bareksa telah meluncurkan Robo Advisor.

Sebab, melonjaknya minat masyarakat berinvestasi di pasar modal belum diimbangi dengan pengetahuan akan produk pasar modal yang mumpuni. Terlihat dari tingkat literasi pasar modal yang lebih rendah dari industri yang lain yakni hanya 4,9 persen pada 2019. Karena itu diperlukan alat yang dapat digunakan secara masif untuk membantu investor berinvestasi.

Perubahan lansekap pasar modal dari sebelumnya didominasi investor institusi dan masyarakat kaya (HNW) dengan volume transaksi kecil bernilai besar, kini telah bergeser didominasi oleh investor ritel dengan volume transaksi besar dengan nilai kecil.

Kondisi itu menuntut kreativitas pelaku industri pasar modal Tanah Air, sehingga tidak hanya mengandalkan layanan bimbingan (nasihat) manusia, karena menjadi sangat tidak efisien. Namun juga diperlukan inovasi teknologi kecerdasan artifisial (AI) untuk membimbing investor agar dapat berinvestasi dengan lebih baik sesuai kebutuhannya, atawa biasa disebut Robo Advisor.

Robo Advisor menjadi alat yang dapat digunakan dalam membimbing investor untuk berinvestasi sesuai kebutuhannya.

“Teknologi Robo Advisor sudah sangat dikembangkan di negara-negara tetangga. Sedangkan di Indonesia, banyak platform investasi mulai marak mengembangkan Robo Advisor. Karena itulah kami mengusung tema yang sangat penting ini,” kata Karaniya.

Dalam acara Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021 juga digelar diskusi panel mulai pukul 19.00 WIB-selesai dengan tema “Robo Advisor: Game Changer Industri Wealth Management” bersama para pakar industri wealth management Tanah Air.

Pembicara yang hadir di antaranya Felicia Putri Tjiasaka (financial storyteller), Jemmy Paul Wawointana (CEO Sucor Asset Management), Fajar R Hidayat (Presiden Direktur Syailendra Capital) Ni Putu Kurniasari (Chief Research & Business Development Bareksa) dengan moderator Annisa Steviani (financial influencer).

Metodologi dan Kriteria Penilaian Pemenang

Dewan juri Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021 yakni Lukas Setia Atmadja, Ph.D. (Universitas Prasetiya Mulya), Mas Achmad Daniri (Direktur Utama BEI Periode 1999-2002), dan Ardian Taufik Gesuri (Pemimpin Redaksi Kontan).

Lukas, sebagai wakil juri, menyatakan proses seleksi hingga pemilihan pemenang dilakukan oleh tim dewan juri secara independen dan tidak terkait kepentingan komersial apapun. Produk reksadana yang masuk seleksi juga haruslah dikelola oleh manajer investasi yang menerapkan good corporate governance (GCG) atau tata kelola yang baik.

“Prinsip GCG ini diukur berdasarkan reputasinya di industri reksadana, menyampaikan prospektus dan fund fact sheet di website perusahaan maupun agen penjual secara reguler, serta menginformasikan 10 aset terbesar dalam produk reksadananya,” ujar Lukas.

Setelah memenuhi kriteria pertama, Ardian mengungkapkan, kemudian dipilih 20 manajer investasi terbesar berdasarkan dana kelolaan yang dilaporkan di Otoritas Jasa Keuangan per Juni 2021.

Kemudian produk reksadana tersebut memiliki dana kelolaan atau asset under management (AUM) minimal Rp25 miliar pada Juni 2021. Serta memiliki indikator evaluasi kinerja (sharpe ratio) yang positif dan lebih besar dari sharpe ratiobenchmark (acuannya).

Selanjutnya dilakukan penilaian atas 209 produk reksadana dari total 20 manajer investasi yang masuk dalam proses penilaian. Dewan juri kemudian menghitung sharpe ratio produk reksadana berdasarkan periode kategori penghargaan yakni 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun. Setelah itu dilakukan eliminasi atas produk reksadana yang memiliki sharpe ratio negatif atau lebih rendah dari sharpe ratio benchmark.

Lukas menjelaskan benchmark yang digunakan untuk melakukan penilaian di antaranya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk reksadana saham konvensional, ICBI (Indonesia Composite Bond Index) untuk reksadana pendapatan tetap konvensional, JII (Jakarta Islamic Index) untuk reksadana saham syariah, ICBI (Indonesia Composite Bond Index) untuk reksadana pendapatan tetap syariah, rata-rata IHSG & ICBI untuk reksadana campuran konvensional, serta rata-rata JII & ICBI untuk reksadana campuran syariah.

“Dalam menilai aspek GCG, reksadana yang terkait dengan masalah hukum dan etika selama periode penilaian dikeluarkan dari penilaian. Jadi, semua reksadana yang masuk dalam nominasi dipantau aspek GCG-nya hingga sehari sebelum pemberian penghargaan,” ungkap Lukas

Selain itu, reksadana yang terpilih sebagai pemenang adalah reksadana yang lolos semua kriteria dan memiliki nilai sharpe ratio tertinggi.

Untuk mekanisme penghargaan manajer investasi, kata Lukas, dewan juri menghitung sharpe ratio dari semua produk reksadana sejenis yang dikelola oleh satu manajer investasi dengan menggunakan metode weighted average sharpe ratio. Kemudian dilakukan perankingan manajer investasi berdasarkan weighted average sharpe ratio.

“Manajer investasi yang terkait dengan masalah hukum dan etika selama periode penilaian dikeluarkan dari penilaian. Semua manajer investasi yang masuk dalam nominasi dipantau aspek GCGnya hingga sehari sebelum pemberian penghargaan,” Lukas menekankan.

Manajer investasi yang terpilih sebagai pemenang adalah manajer investasi yang lolos semua kriteria dan memiliki nilai weighted average sharpe ratio tertinggi.

Setelah melakukan penilaian atas produk reksadana dan manajer investasi, Dewan Juri kemudian memberikan 46 penghargaan untuk produk reksadana terbaik kategori konvensional dan syariah yang terdiri atas gold dan silver, serta 4 penghargaan manajer investasi terbaik.

Adapun untuk pemilihan tokoh reksadana memiliki kriteria sudah bekerja di industri reksadana minimal 15 tahun dan masih aktif bekerja hingga 30 Juni 2021. Kemudian berperan penting di industri reksadana dengan indikator melakukan inovasi produk dan pemasaran.

Selanjutnya tokoh tersebut juga memiliki integritas yang tinggi serta tidak pernah tersangkut kasus hukum dan etika. “Serta diakui ketokohannya oleh masyarakat pelaku industri reksadana,” ungkap Lukas​.

Daftar Pemenang Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021

Manajer Investasi Terbaik 2021

Penghargaan

Manajer Investasi

Gold Champion Best Money Market Asset Managers

PT Syailendra Capital

Gold Champion Best Fixed Income Asset Managers

PT Samuel Aset Manajemen

Gold Champion Best Balanced Asset Managers

PT Sucorinvest Asset Management

Gold Champion Best Equity Asset Managers

PT Sucorinvest Asset Management

Produk Reksadana Pasar Uang Terbaik 2021

Penghargaan

Nama Reksadana

Manajer Investasi

AUM

Gold Champion Best Money Market Fund Product

Premier Pasar Uang II

PT Indo Premier Investment Management

1 Year AUM < 1 Trillion

Silver Champion Best Money Market Fund Product

Principal Cash Fund

PT Principal Asset Management

1 Year AUM < 1 Trillion

Gold Champion Best Money Market Fund Product

Danareksa Seruni Pasar Uang III

PT Danareksa Investment Management

1 Year AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Money Market Fund Product

Syailendra Dana Kas

PT Syailendra Capital

1 Year AUM > 1 Trillion

Gold Champion Best Money Market Fund Product

Premier Pasar Uang II

PT Indo Premier Investment Management

3 Years AUM < 1 Trillion

Silver Champion Best Money Market Fund Product

Avrist Ada Kas Mutiara

PT Avrist Asset Management

3 Years AUM < 1 Trillion

Gold Champion Best Money Market Fund Product

Syailendra Dana Kas

PT Syailendra Capital

3 Years AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Money Market Fund Product

Bahana Likuid Plus

PT Bahana TCW Investment Management

3 Years AUM > 1 Trillion

Gold Champion Best Money Market Fund Product

Premier Pasar Uang II

PT Indo Premier Investment Management

5 Years AUM < 1 Trillion

Gold Champion Best Money Market Fund Product

Syailendra Dana Kas

PT Syailendra Capital

5 Years AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Money Market Fund Product

Bahana Dana Likuid

PT Bahana TCW Investment Management

5 Years AUM > 1 Trillion

Produk Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik 2021

Penghargaan

Nama Reksadana

Manajer Investasi

AUM

Gold Champion Best Fixed Income Fund Product

Schroder Dana Obligasi Mantap

PT Schroder Investment Management Indonesia

3 Years AUM < 300 Billion

Silver Champion Best Fixed Income Fund Product

Manulife Dana Tetap Pemerintah

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

3 Years AUM < 300 Billion

Gold Champion Best Fixed Income Fund Product

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

PT Syailendra Capital

3 Years AUM 300 Billion - 1 Trillion

Silver Champion Best Fixed Income Fund Product

Sucorinvest Bond Fund

PT Sucorinvest Asset Management

3 Years AUM 300 Billion - 1 Trillion

Gold Champion Best Fixed Income Fund Product

Manulife Obligasi Negara Indonesia II

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

3 Years AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Fixed Income Fund Product

Eastspring IDR Fixed Income Fund

PT Eastspring Investments Indonesia

3 Years AUM > 1 Trillion

Gold Champion Best Fixed Income Fund Product

Schroder Dana Obligasi Mantap

PT Schroder Investment Management Indonesia

5 Years AUM < 200 Billion

Silver Champion Best Fixed Income Fund Product

Syailendra Fixed Income Fund

PT Syailendra Capital

5 Years AUM < 200 Billion

Gold Champion Best Fixed Income Fund Product

TRIM Dana Tetap 2

PT Trimegah Asset Management

5 Years AUM 200 Billion - 1 Trillion

Silver Champion Best Fixed Income Fund Product

Batavia Dana Obligasi Ultima

PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

5 Years AUM 200 Billion - 1 Trillion

Gold Champion Best Fixed Income Fund Product

Manulife Obligasi Negara Indonesia II

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

5 Years AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Fixed Income Fund Product

Eastspring IDR Fixed Income Fund

PT Eastspring Investments Indonesia

5 Years AUM > 1 Trillion

Produk Reksadana Campuran Terbaik 2021

Penghargaan

Nama Reksadana

Manajer Investasi

AUM

Gold Champion Best Balanced Fund Product

Sucorinvest Anak Pintar

PT Sucorinvest Asset Management

3 Years AUM < 200 Billion

Silver Champion Best Balanced Fund Product

Syailendra Balanced Opportunity Fund

PT Syailendra Capital

3 Years AUM < 200 Billion

Gold Champion Best Balanced Fund Product

Schroder Dana Kombinasi

PT Schroder Investment Management Indonesia

3 Years AUM > 200 Billion

Silver Champion Best Balanced Fund Product

Sucorinvest Flexi Fund

PT Sucorinvest Asset Management

3 Years AUM > 200 Billion

Gold Champion Best Balanced Fund Product

Syailendra Balanced Opportunity Fund

PT Syailendra Capital

5 Years AUM < 200 Billion

Silver Champion Best Balanced Fund Product

Schroder Dynamic Balanced Fund

PT Schroder Investment Management Indonesia

5 Years AUM < 200 Billion

Gold Champion Best Balanced Fund Product

Sucorinvest Flexi Fund

PT Sucorinvest Asset Management

5 Years AUM > 200 Billion

Produk Reksadana Saham Terbaik 2021

Penghargaan

Nama Reksadana

Manajer Investasi

AUM

Gold Champion Best Equity Fund Product

Mandiri Investa Equity Movement

PT Mandiri Manajemen Investasi

3 Years AUM 300 Billion - 1 Trillion

Silver Champion Best Equity Fund Product

Sucorinvest Maxi Fund

PT Sucorinvest Asset Management

3 Years AUM 300 Billion - 1 Trillion

Gold Champion Best Equity Fund Product

Manulife Saham Andalan

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

3 Years AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Equity Fund Product

Sucorinvest Equity Fund

PT Sucorinvest Asset Management

3 Years AUM > 1 Trillion

Gold Champion Best Equity Fund Product

TRIM Kapital Plus

PT Trimegah Asset Management

5 Years AUM < 150 Billion

Gold Champion Best Equity Fund Product

Sucorinvest Maxi Fund

PT Sucorinvest Asset Management

5 Years AUM 150 Billion - 1 Trillion

Silver Champion Best Equity Fund Product

Mandiri Investa Equity Movement

PT Mandiri Manajemen Investasi

5 Years AUM 150 Billion - 1 Trillion

Gold Champion Best Equity Fund Product

Sucorinvest Equity Fund

PT Sucorinvest Asset Management

5 Years AUM > 1 Trillion

Silver Champion Best Equity Fund Product

Manulife Saham Andalan

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

5 Years AUM > 1 Trillion

Produk Reksadana Syariah Terbaik 2021

Penghargaan

Nama Reksadana

Manajer Investasi

AUM

Gold Champion Best Sharia Money Market Fund Product

Syailendra Sharia Money Market Fund

PT Syailendra Capital

3 Years Money Market Sharia

Gold Champion Best Sharia Fixed Income Fund Product

SAM Sukuk Syariah Sejahtera

PT Samuel Aset Manajemen

3 Years Fixed Income Sharia

Gold Champion Best Sharia Fixed Income Fund Product

SAM Sukuk Syariah Sejahtera

PT Samuel Aset Manajemen

5 Years Fixed Income Sharia

Silver Champion Best Sharia Fixed Income Fund Product

Mandiri Investa Dana Syariah

PT Mandiri Manajemen Investasi

5 Years Fixed Income Sharia

Gold Champion Best Sharia Balanced Fund Product

Mandiri Investa Syariah Berimbang

PT Mandiri Manajemen Investasi

3 Years Balanced Sharia

Gold Champion Best Sharia Equity Fund Product

Sucorinvest Sharia Equity Fund

PT Sucorinvest Asset Management

3 Years Equity Sharia

Gold Champion Best Sharia Equity Fund Product

Sucorinvest Sharia Equity Fund

PT Sucorinvest Asset Management

5 Years Equity Sharia

Tokoh Reksadana 2021

Putut Endro Andanawarih - Presiden Direktur BNI Asset Management

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,46

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua