BeritaArrow iconBareksa InsightArrow iconArtikel

Reksadana Syariah Favorit Bareksa Catat Kinerja 5-6% Setahun, Investasi Tenang dan Tetap Cuan

Hanum Kusuma Dewi05 Juni 2024
Tags:
Reksadana Syariah Favorit Bareksa Catat Kinerja 5-6% Setahun, Investasi Tenang dan Tetap Cuan
Ilustrasi investor reksadana syariah sedang melihat kinerja investasi melalui tablet smartphone di depan tumpukan uang koin. (Shutterstock)

Kinerja reksadana syariah unggulan di Bareksa lebih unggul daripada bunga deposito bank besar.

Bareksa.com - Produk investasi syariah tidak hanya berpegang pada prinsip-prinsip syariah, tetapi juga memberikan kinerja yang bersaing bagi investornya. Contohnya, sejumlah reksadana syariah favorit di Bareksa, yaitu I-Hajj Syariah Fund, Trimegah Dana Tetap Syariah dan Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid.

I-Hajj Syariah Fund dan Trimegah Dana Tetap Syariah adalah jenis reksadana pendapatan tetap yang mencatat kinerja sekitar 6% setahun. Mayoritas aset dalam portofolio reksadana ini adalah sukuk korporasi atau obligasi syariah, yang cenderung minim fluktuasi.

Menurut informasi di fund fact sheet reksadana per April 2024, I-Hajj Syariah Fund memiliki mayoritas di obligasi korporasi dan hampir tidak ada di obligasi negara. Strategi ini dapat menjaga Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau harga reksadana agar tidak berfluktuasi ketika adanya goncangan di pasar obligasi, yang terutama disebabkan karena obligasi negara.

Promo Terbaru di Bareksa

Tabel Perbandingan Kinerja Produk Syariah 1 Tahun

Nama Produk
Return 1 Tahun

I-Hajj Syariah Fund

6,19%

Trimegah Dana Tetap Syariah

5,73%

Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

5,04%

Deposito Bank Besar

2,40%

*Return per 3 Juni 2024, ** Rata-rata deposito 4 bank besar setelah pajak

Beli I-Hajj Syariah Fund

Sementara itu, Trimegah Dana Tetap Syariah (TDTS) memiliki sedikit porsi di obligasi pemerintah dengan ketentuan kurang dari 10% total dana kelolaan. Selain itu, tenor obligasi pemerintah di TDTS di bawah 3 tahun. Artinya, ketika pasar obligasi mengalami penurunan, kinerja TDTS diproyeksikan tidak terdampak penurunan signifikan. Lalu ketika pasar obligasi meningkat, porsi SBN tersebut dapat menjadi booster. Hal ini menjadi keunggulan TDTS dibandingkan mayoritas RD Pendapatan Tetap lainnya yang berbasis obligasi korporasi.

Beli Trimegah Dana Tetap Syariah

Kemudian, Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid adalah jenis pasar uang yang juga memperlihatkan kinerja bersaing, hingga 5% dalam setahun. Tentu ini lebih menarik daripada bunga deposito bank besar (BCA, BRI, Mandiri, BNI) sekitar 3% per tahun atau 2,4% setelah dipotong pajak.

Beli Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

Secara umum, reksadana syariah memiliki keunggulan dari asetnya yang cenderung terbatas sehingga nilainya juga premium. Penerbitan aset bersifat syariah setiap tahunnya yang masih terbatas membuat harga aset syariah relatif stabil dan minim terhadap goncangan yang terjadi di pasar terutama untuk produk pendapatan tetap.

Selain kinerja yang menarik, produk-produk syariah ini memiliki keunggulan di sisi likuiditas. Sebab, reksadana syariah bisa dicairkan kapan saja tanpa kena biaya pinalti, berbeda dengan deposito yang harus mengendap dalam jangka waktu tertentu.

Reksadana syariah, dan produk syariah lain termasuk emas dan SBN Ritel Syariah bisa diakses melalui Fitur Syariah di Super App Bareksa. Kamu bisa mulai berinvestasi di reksadana syariah dengan modal Rp100.000 saja.

Beli Reksadana, Klik di Sini

(Sigma Kinasih/hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,45

Up0,45%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,73%
-

Capital Fixed Income Fund

1.791,76

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,93%
Up17,16%
Up40,94%

I-Hajj Syariah Fund

4.868,6

Up0,57%
Up3,19%
Up0,03%
Up6,14%
Up22,00%
Up40,67%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,19

Up0,51%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.146,62

Up0,30%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,28%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua