BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Alhamdulillah, Bandara Kertajati Full Layani Penerbangan Internasional, Yuk Nabung Umroh

Abdul Malik01 November 2023
Tags:
Alhamdulillah, Bandara Kertajati Full Layani Penerbangan Internasional, Yuk Nabung Umroh
Ilustrasi calon jemaah akan menunaikan umroh bersama keluarga. (Shutterstock)

Menabung reksadana syariah di Bareksa Umroh bisa jadi pilihan mudah dan efektif mengumpulkan biaya umroh

Bareksa.com - Ada kabar baik bagi Kamu yang berniat ke Tanah Suci menjalankan haji kecil atau umroh asal Jawa Barat. Sebab Bandara Internasional Kertajati (KJT) telah secara resmi beroperasi penuh melayani penerbangan domestik dan internasional khususnya layanan umroh dan haji.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jemaah umroh dan haji terbanyak di Indonesia. "Untuk itu, kita harapkan umroh dan haji itu akan berangkat dan datang ke sini (Bandara Kertajati)," kata Budi Minggu (29/10/2023) dilansir Bisnis.com.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama, Hilman Latief mengatakan potensi penerbangan haji dan umroh melalui Bandara Kertajati sangat baik dan akan semakin meningkat. "Kami juga mengimbau penyelenggara umroh dan calon jemaah umroh turut memanfaatkan dan meramaikan Bandara Kertajati," ujarnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

Sementara itu Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin menambahkan pihaknya tengah mengupayakan peningkatan penerbangan umroh di Bandara Kertajati, guna memudahkan masyarakat Jawa Barat. Jumlah jemaah umroh di Indonesia mencapai sekitar 1,5 juta jemaah tahun ini dan sebanyak 60% atau sekitar 900.000 jemaah dilayani di bandara AP II.

Dari 900.000 jemaah yang dilayani di bandara AP II, sekitar 80% berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pihaknya ingin agar sebagian jemaah dapat berpindah ke Bandara Kertajati, khususnya jemaah haji dan umroh asal Jawa Barat.

Dengan begitu, slot yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta bisa dikembangkan lagi untuk penerbangan internasional dan domestik. "Kami mengupayakan agar 30% jemaah umroh di Bandara Soekarno-Hatta bisa berpindah ke Bandara Kertajati. Tentunya, jemaah umroh yang berasal dari Jawa Barat,” katanya.

Bandara Kertajati resmi beroperasi penuh pada Minggu (29/10/2023), pasca-pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara. Bandara Kertajati memiliki luas lahan 1.800 hektare, dengan luas terminal penumpang 121.000 meter persegi dan terminal kargo 90.000 meter persegi, serta panjang runway 3.000 meter x 60 meter.

Setidaknya ada tiga maskapai nasional di bandara ini yakni Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet. Tercatat ketiga maskapai ini melayani tujuh rute penerbangan domestik di Bandara Kertajati yakni dari dan ke Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

Umroh Sesuai Prosedur & Nabung Syariah

Selain persiapan mental dan fisik, bagi umat Muslim yang berniat menunaikan ibadah umroh, tentu membutuhkan modal untuk bisa pergi ke Tanah Suci. Salah satu cara aman, sesuai syariah dan berpotensi cuan ialah menyiapkan tabungan umroh dengan cara investasi di reksadana syariah.

Dalam fitur Tabungan Umroh di super app Bareksa yang menyediakan reksadana syariah, tersedia reksadana yang hanya berinvestasi di efek keuangan sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah dan terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui fitur Bareksa Umroh, kamu sebagai investor bisa tentukan sendiri besaran nominal Tabungan Umroh per bulan selain paket umroh yang dikehendaki. Adapun reksadana yang tersedia untuk nabung umroh adalah reksadana pasar uang syariah dan reksadana pendapatan tetap syariah.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

Saat ini, ada 8 produk reksadana syariah yang bisa Kamu pilih sebagai Tabungan Umroh di Bareksa Umroh, yakni:

1. Syailendra Sharia Money Market Fund (pasar uang)
2. Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra (pasar uang)
3. Sucorinvest Sharia Money Market Fund (pasar uang)
4. Trimegah Kas Syariah (pasar uang)
5. Bahana Likuid Syariah Kelas G (pasar uang)
6. Trimegah Dana Tetap Syariah (pendapatan tetap)
7. Capital Sharia Fixed Income (pendapatan tetap)
8. I-Hajj Syariah Fund (pendapatan tetap).

Setahun terakhir (per 31/10/2023), kedelapan reksadana syariah tersebut mencatatkan imbal hasil hingga 6,77%, lebih menarik daripada tabungan dan deposito syariah. Perlu dicatat, imbal hasil reksadana syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Adapun bagi hasil deposito syariah terkena pajak 20%.

Illustration

Sumber: Bareksa ​

Terkait data reksadana syariah dalam fitur Bareksa Umroh, sebagai catatan, Capital Sharia Fixed Income baru saja meluncur, sehingga belum tampil kinerja 1 tahun terakhir. Namun, kinerja sebulan terakhir dan isi portofolionya bisa menjadi acuan investor dalam memilih reksadana ini.

Jika Kamu sudah menyelesaikan Tabungan Umroh, Kamu punya pilihan untuk membeli paket umroh dari mitra penyelenggara umroh atau agen perjalanan umroh yang memiliki izin. Pilihan ini tidak mengikat dan akan dikonfirmasi sesuai dengan keinginan Kamu.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

6 Keunggulan Bareksa Umroh

Berikut enam alasan sekaligus keunggulan Bareksa Umroh.

Pertama, Pasti Aman
Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh Bareksa maupun pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa yakni di bank kustodian.

Kedua, Terpercaya
Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Ketiga, Layanan Lengkap
Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

Keempat, Sesuai Syariah
Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Kelima, Serba Online
Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Keenam, Fleksibel & Berpotensi Imbal Hasil
Top up
tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Makin mantap berangkat ke Tanah Suci? Pastikan jenis dan produk investasi untuk Tabungan Umroh yang Kamu pilih sesuai dengan profil risikomu ya.​

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,44

Down- 0,03%
Up3,58%
Up0,02%
Up5,41%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,01

Up0,58%
Up3,44%
Up0,02%
Up6,85%
Up17,33%
Up43,60%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,85

Down- 0,85%
Up3,36%
Up0,01%
Up3,90%
Up18,29%
Up46,71%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,77

Down- 0,44%
Up1,58%
Up0,01%
Up2,66%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,97

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua