BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Jemaah Ditanggung Asuransi hingga Rp400 Juta, Ini Cara Siapkan Biaya Umroh 2023

Hanum Kusuma Dewi26 Juli 2023
Tags:
Jemaah Ditanggung Asuransi hingga Rp400 Juta, Ini Cara Siapkan Biaya Umroh 2023
Ilustrasi jemaah umroh di depan Kabah Masjidil Haram, Makah, Arab Saudi. (Shutterstock)

Tabungan untuk biaya Umroh di Bareksa Umroh fleksibel karena tidak mengikat pada pembelian paket

Bareksa.com - Bagi kamu yang berniat menjalankan haji kecil atau ibadah umroh, wajib mengetahui bahwa Kerajaan Arab Saudi menetapkan setiap jemaah umroh harus memiliki asuransi. Berikut ini ulasannya termasuk mengenai cara menyiapkan biaya umroh ke Tanah Suci yang sesuai syariah.

Melansir Republika, asuransi yang wajib dimiliki setiap jemaah umroh sudah masuk dalam biaya pembuatan visa. Lebih lanjut, Kementerian Haji dan Umrah Saudi terbaru mengumumkan, polis asuransi umroh untuk peziarah internasional tersebut menawarkan pertanggungan dengan manfaat hingga 100 ribu riyal atau setara Rp400 juta.

Lebih lanjut seperti dilansir Saudi Gazette, Selasa (25/7/2022), Kementerian Haji dan Umrah Saudi berharap adanya kewajiban memiliki asuransi dapat memberikan perlindungan menyeluruh bagi pemegangnya. Mengenai cakupan polisnya, disampaikan hal ini sudah mencakup situasi medis darurat, infeksi Covid-19 yang tidak terduga, kecelakaan umum dan kematian, hingga pembatalan atau penundaan penerbangan.

Promo Terbaru di Bareksa

Kementerian Haji juga mendorong siapa pun yang mencari informasi lebih lanjut untuk menghubungi otoritas terkait, melalui saluran komunikasi resmi mereka di Program Asuransi Komprehensif bagi Para Tamu Rahman. Adapun nomor kontak lokal yang bisa dihubungi adalah 8004400008 dan nomor internasional 00966138129700. Informasi tambahan dapat diperoleh dari situs web resminya.

Nabung Reksadana untuk Biaya Umroh

Dapat menjalankan ibadah umroh menjadi impian seluruh umat Islam seluruh dunia selain ibadah haji. Selain persiapan mental dan fisik, dibutuhkan juga modal untuk bisa datang ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah kecil. Reksadana syariah yang tersedia di Bareksa Umroh dapat menjadi pilihan untuk mengumpulkan biaya umroh.

Dalam fitur Tabungan Umroh di super app Bareksa yang menyediakan reksadana syariah, tersedia reksadana yang hanya berinvestasi di efek keuangan sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, namun tetap terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui fitur Bareksa Umroh, kamu sebagai investor bisa tentukan sendiri besaran nominal Tabungan Umroh per bulan selain paket umroh yang dikehendaki. Adapun reksadana yang tersedia untuk nabung umroh adalah reksadana pasar uang syariah dan reksadana pendapatan tetap syariah.

​Siapkan Tabungan Umroh di Sini

Saat ini, ada enam produk reksadana syariah yang bisa kamu pilih sebagai Tabungan Umroh di Bareksa Umroh, yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, Bahana Likuid Syariah Kelas G, dan Trimegah Dana Tetap Syariah.​

Illustration

Sumber: Bareksa

Setahun terakhir (per 25/7/2023), keenam reksadana syariah tersebut mencatatkan imbal hasil hingga 8,04%. Perlu dicatat, imbal hasil reksadana syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Siapkan Biaya Umroh, Klik di Sini

​Simulasi Tabungan Umroh dengan Reksadana Syariah

Ketika membuka fitur Umroh di super app Bareksa, kamu bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Untuk gambaran, misalnya kamu ingin menyiapkan biaya umroh untuk 1 orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada Juni 2025. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Paket Umroh Smart Series Farhan dari Dream Tour dengan harga paket umroh Rp28,25 juta per orang.

Illustration

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh Juni 2025 mencapai Rp29,99 juta. Maka, dengan target tersebut, kamu perlu menabung rutin sekitar Rp1.169.550 per bulan atau setara Rp39 ribuan per hari selama 24 bulan.

Dengan cara tersebut, asal rutin dan disiplin untuk melakukan top up reksadana, insyaallah kamu bisa berangkat umroh ke Tanah Suci dua tahun lagi. Gunakan juga promo di Bareksa untuk mendapatkan bonus hadiahnya.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

6 Keunggulan Bareksa Umroh

Berikut enam alasan sekaligus keunggulan Bareksa Umroh.

Pertama, Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh Bareksa maupun pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa yakni di bank kustodian.

Kedua, Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Ketiga, Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

Keempat, Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Kelima, Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Keenam, Fleksibel & Berpotensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Bagaimana, makin mantap berangkat ke Tanah Suci? Pastikan jenis dan produk investasi untuk Tabungan Umroh sesuai dengan profil risikomu ya.

Buat Tabungan Umroh dengan Reksadana Syariah

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,09

Up0,86%
Up4,09%
Up0,04%
Up5,01%
Up18,33%
-

Capital Fixed Income Fund

1.782,74

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,88%
Up16,40%
Up43,31%

STAR Stable Income Fund

1.933,42

Up0,53%
Up3,01%
Up0,03%
Up6,01%
Up28,62%
Up59,38%

I-Hajj Syariah Fund

4.842,85

Up0,57%
Up3,14%
Up0,03%
Up6,13%
Up21,92%
Up40,58%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.143,46

Up0,39%
Up2,79%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,35%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua