BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Viral Santri Seangkatan Umroh Bareng, Ini Cara Siapkan Tabungan ke Tanah Suci Sekeluarga

Abdul Malik18 April 2023
Tags:
Viral Santri Seangkatan Umroh Bareng, Ini Cara Siapkan Tabungan ke Tanah Suci Sekeluarga
Ilustrasi calon jemaah akan menunaikan umroh bersama keluarga. (Shutterstock)

Salah satu cara menyiapkan tabungan umroh yang aman, cuan dan sesuai prinsip syariah ialah dengan berinvestasi di reksadana syariah

Bareksa.com - Video satu angkatan santri menunaikan umroh bersama viral. Video di akun TikTok itu berisi satu angkatan santri Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, Garut menunaikan umroh yang diunggah pada Senin (17/2/2023). Hingga Selasa (18/4/2023), video itu telah ditonton lebih dari 6,7 juta kali.

Banyak warganet mengaku kagum dengan para santri dalam video. Dilansir Okezone.com (18/4/2023) Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Pesantren Darul Arqam, Giri Fajar Wibawa mengatakan para santri itu adalah murid kelas 3 Madrasah Aliyah (setingkat dengan kelas 3 SMA).

Giri menuturkan kegiatan ini bukan sekadar study tour. Melainkan hadiah bagi para santri karena telah menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun di pondok pesantren yang terletak di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut itu.

Promo Terbaru di Bareksa

"Umroh ini adalah hadiah yang sangat baik di akhir mereka mondok selama enam tahun," ujar Giri. Rencana awal, kata Giri, pihak pondok ingin membagikan nilai raport dan wisuda para santri di Makkah. Namun, rencana itu urung karena keterbatasan waktu.

"Rencana pembagian raport dan wisuda saat umroh kami batalkan mengingat mereka sedang disibukkan dengan mengurus pendaftaran kuliah," ucapnya.

Program umroh ini sudah diterapkan sejak tahun 2016. Pihak pondok pesantren telah memberangkatkan santri untuk angkatan pertama umroh pada 2021. "Di angkatan pertama santri yang ikut tidak banyak. Totalnya kurang dari 30 santri. Karena saat itu masih pandemi dan kondisi ekonomi sedang tidak bagus," jelasnya.

Sementara umroh angkatan kedua yang beritanya sedang viral saat ini, lanjut Giri, diikuti sekitar 155 santri terdiri dari 80 santri putri dan 75 santri putra. Selain santri, ada panitia, pembimbing dan sebagian orang tua yang ikut menemani putra-putrinya. "Jika ditotal ada sekitar 205 orang yang ikut," paparnya.

Siapkan Tabungan Umroh, Klik di Sini

Cara Aman dan Cuan Siapkan Tabungan Umroh Sekeluarga

Bisa menunaikan umroh bersama keluarga tentu jadi impian sebagian besar umat Muslim. Namun besarnya biaya yang dibutuhkan, tentu tidak semua orang bisa mewujudkannya. Meski begitu, jika Kamu punya niat kuat ingin menunaikan umroh bersama suami/istri dan anak-anak atau orang tua, maka harus menyiapkan dananya jauh-jauh hari.

Salah satu cara menyiapkan tabungan umroh yang aman, cuan dan sesuai prinsip syariah ialah dengan berinvestasi di reksadana syariah, seperti yang tersedia dalam fitur Bareksa Umroh.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun reksadana syariah adalah reksadana yang hanya dapat berinvestasi di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, dan terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan OJK. Efek yang termasuk syariah masuk dalam Daftar Efek Syariah yang diterbitkan OJK. Reksadana syariah dikelola sesuai dengan prinsip syariah dan mendapatkan fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Selain itu semua dana investor calon jemaah umroh disimpan di reksadana, yang tersimpan di bank kustodian, yang tidak bisa diambil oleh manajer investasi atau Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Reksadana hanya bisa dicairkan dengan instruksi dari investor dan pencairannya langsung ke rekening investor. Hal ini menghindari penyelewengan dana oleh pihak ketiga.

Siapkan Tabungan Umroh, Klik di Sini

Simulasi Siapkan Tabungan Umroh Sekeluarga

Dalam fitur Bareksa Umroh tersedia belasan paket umroh yang bisa Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Per hari ini (18/4) biaya paket umroh termurah di kisaran Rp28 jutaan.

Illustration

Sumber : Bareksa

Siapkan Tabungan Umroh, Klik di Sini

Dengan biaya paket senilai itu, jika Kamu punya niat untuk pergi umroh bersama keluarga yang berjumlah 4 orang, maka setidaknya Kamu butuh dana sekitar Rp124 jutaan. Kamu membuat rencana berangkat pada Mei 2026 atau 3 tahun lagi. Dengan begitu sedikitnya Kamu perlu menyiapkan tabungan umroh Rp3 jutaan per bulan. Perlu diingat, harga paket umroh tersebut tidak mengikat, sebab 3 tahun lagi bisa berubah sesuai harga pasar.

Illustration

Sumber : Bareksa

Dengan menyiapkan dana sekitar Rp124 juta di reksadana syariah kamu berpotensi lebih hemat 5,56% dari menabung di bank. Tercatat 5 produk reksadana pasar uang syariah berhasil mencatatkan imbal hasil hingga 3,99% setahun terakhir (17/4/2023). Nilai imbal hasil itu lebih menarik dari tabungan dan deposito syariah saat ini.

Illustration

Sumber : Bareksa

Ingin segera menyiapkan tabungan umrohmu bersama keluarga?

Siapkan Tabungan Umroh, Klik di Sini

(AM)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,45

Up0,45%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,73%
-

Capital Fixed Income Fund

1.791,76

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,93%
Up17,16%
Up40,94%

I-Hajj Syariah Fund

4.868,6

Up0,57%
Up3,19%
Up0,03%
Up6,14%
Up22,00%
Up40,67%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,19

Up0,51%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.146,62

Up0,30%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,28%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua