BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Perhatian! Masa Penawaran Obligasi Negara Ritel ORI024 Sisa 3 Hari, Yuk Pesan Selama Ada Kuota

Hanum Kusuma Dewi30 Oktober 2023
Tags:
Perhatian! Masa Penawaran Obligasi Negara Ritel ORI024 Sisa 3 Hari, Yuk Pesan Selama Ada Kuota
Ilustrasi investor wanita muda merasa senang usai melakukan pemesanan ORI024. (shutterstock)

Penawaran ORI024 berlangsung hingga 2 November pukul 10.00 WIB, atau bisa lebih awal jika kuota sudah habis

Bareksa.com - Kamu tentu tidak ingin ketinggalan karena belum investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI024 kan? Ayo segera pesan, sebelum kehabisan karena kuota pemesanan ORI024 semakin menipis.

Selain itu, masa penawaran ORI024 yang merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder (tradable) akan segera berakhir atau tinggal 3 hari lagi, atau akan ditutup pada 2 November 2023 pukul 10.00 WIB. Nah, agar Kamu nggak ketinggalan dapat cuan dari ORI024, maka segera pesan karena pemerintah bisa saja menutup masa penawaran lebih awal jika target sudah tercapai.

ORI024 tenor 3 tahun atau ORI024T3 hingga Senin pagi (30/10) pukul 06.45 WIB, sudah menembus Rp10,10 triliun. Adapun kuota nasional pemesanan ORI024T3 telah ditambah dari sebelumnya hingga menjadi Rp11 triliun. Makanya, kuota pemesanan ORI024T3, tersisa sekitar Rp 895,32 miliar lagi.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara untuk ORI024 tenor 6 tahun atau ORI024T6 per periode sama, tercatat nilai pemesanannya Rp2,22 triliun. Kuota nasional pemesanan ORI024T6 hingga pagi ini sebesar Rp4 triliun. Maka kuota nasional pemesanan ORI024T6 tersisa Rp1,75 triliun.

Beli ORI024 di Sini

Kupon ORI024 Menarik

Untuk kedua tenor ORI024, pemerintah menetapkan imbal hasil/kupon yang menarik. Kupon ORI024T3 dengan tenor 3 tahun sebesar 6,1% per tahun dan kupon ORI024T6 dengan tenor 6 tahun sebesar 6,35% per tahun. Jika dibandingkan bunga deposito pada saat ini maka kupon atau imbal hasil ORI024 itu sangat menarik.

Perbandingan Kupon ORI024 vs Bunga Deposito*

Instrumen Investasi

Kupon/bunga

Pajak

Imbalan/bunga bersih

ORI024-T3

6,10%

10%

5,49%

ORI024-T6

6,35%

10%

5,72%

Bunga deposito

4,25%

20%

3,4%

*bunga penjaminan LPS, Sumber : Kemenkeu, LPS, diolah Bareksa

Saat ini, suku bunga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) periode 1 September 2023 hingga 31 Januari 2024 adalah 4,25% untuk bank umum. Selain itu, pajak imbal hasil SBN Ritel juga lebih rendah, hanya 10% sementara pajak bunga deposito 20%.

Illustration

Sumber: Kemenkeu diolah Bareksa

ORI024 lebih menarik dari deposito karena 100% dijamin oleh pemerintah. Bila investor berinvestasi maksimal di ORI024T3 Rp5 miliar dan ORI023T6 Rp10 miliar, maka totalnya bisa mencapai Rp15 miliar. Semua nilai pokok investasi ORI024 yang senilai Rp15 miliar itu dijamin oleh negara. Sedangkan nilai penjaminan deposito oleh LPS hanya Rp2 miliar.

ORI024 bisa jadi alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan bagi investor ritel. Instrumen investasi ini terbilang aman dan cocok untuk semua jenis investor, dari berbagai generasi karena risikonya sangat rendah atau nyaris tidak ada.

Beli ORI024 di Sini

10 Keuntungan ORI024

Sebenarnya apa saja keuntungan yang akan diperoleh investor jika berinvestasi di ORI? Menurut Kementerian Keuangan dalam Memorandum Informasi ORI024, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI024T3 & ORI024T6 :

Pertama, pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya
Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo
Keempat, kupon dibayar setiap bulan
Kelima, kemudahan akses untuk melakukan transaksi pembelian melalui sistem elektronik
Keenam, dapat diperdagangkan di pasar sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem electronic trading platform (ETP)
Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di pasar sekunder dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi
Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder
Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak
Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Nah, kalau kamu belum memesan ORI024, wajar kalau kamu merasa FOMO (fear of missing out). Ingatlah, ORI024 adalah SBN Ritel terakhir yang ditawarkan oleh Pemerintah pada tahun 2023 ini.

Beli ORI024 di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di ORI024? Kamu bisa langsung melakukan pemesanan ORI024 sekarang.

Beli ORI024 di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua