BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Berapa Imbal Hasil SR019? Berikut Data Historis Imbalan Sukuk Ritel

Hanum Kusuma Dewi03 Agustus 2023
Tags:
Berapa Imbal Hasil SR019? Berikut Data Historis Imbalan Sukuk Ritel
Ilustrasi wanita muda bahagia usai membaca artikel bahwa Sukuk Ritel SR019 akan segera terbit dan bisa dibeli di Bareksa. (Shutterstock)

Seperti halnya jenis dan seri SBN Ritel lainnya, SR019 bisa dibeli selama masa penawaran di mitra distribusi SBN Ritel yang salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Pemerintah akan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri kelima di tahun ini, yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR019. Seperti halnya SBN Ritel jenis dan seri lainnya, SR019 merupakan instrumen investasi yang 100% aman dijamin Negara dan memberikan kepastian keuntungan imbal hasil.

Meski SBN Ritel berjenis syariah, SR019 dapat dibeli oleh semua investor individu Warga Negara Indonesia/WNI tanpa memandang latar belakang agama maupun kepercayaan. Selama masa penawaran, SR019 nantinya hanya dapat dibeli di mitra distribusi resmi, salah satunya Bareksa.

Menurut jadwal (tentative) penerbitan SBN Ritel 2023 dari Kementerian Keuangan, masa penawaran SR019 akan berlangsung pada 18 Agustus sampai 13 September 2023.

Promo Terbaru di Bareksa

Jadwal Penawaran SBN Ritel 2023 Berikutnya (Tentative)

Seri SBN Ritel
Masa Penawaran
Sifat
SR019
18 Agt - 13 Sept 2023
Tradable
ORI024
9 Okt - 2 Nov 2023
Tradable
ST011
3 - 29 Nov 2023
Non-tradable

Sumber: Kementerian Keuangan, diolah Bareksa

Apa itu Sukuk Ritel?

SR atau Sukuk Ritel adalah satu jenis SBN Ritel dengan sifat tradable alias bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Untuk penawaran perdananya, SR hanya bisa dibeli di mitra distribusi seperti Bareksa.

Karena bersifat tradable, investor tidak harus memegang instrumen investasi ini hingga jatuh tempo. Alasannya, Sukuk Ritel bisa dijual di pasar sekunder. Dan bila investor menjualnya di harga yang lebih tinggi daripada harga saat dia membeli, maka ada potensi capital gain (keuntungan dari selisih harga).

Sukuk Ritel dikelola secara syariah sehingga juga disebut sebagai Surat Berharga Syariah Negara. Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan underlying asset sehingga jelas ada wujud fisik dari penggunaan dana ini.

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Kupon atau Imbalan Sukuk

Dalam berinvestasi, investor tentu mencari segi keuntungan. Kalau kamu berinvestasi dalam sukuk, keuntungan ini berupa imbalan atau istilahnya adalah kupon. Kupon atau imbal hasil Sukuk Ritel bersifat tetap (fixed rate) dalam bentuk persentase secara tahunan tetapi dibayar secara bulanan.

Menurut syariah, keuntungan sukuk seperti halnya uang sewa (ujrah) dan bukan sistem bunga yang riba. Sistem imbalan ini, seperti halnya skema penerbitan sukuk, sudah mendapatkan opini syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Sehingga, tidak perlu ragu lagi soal kehalalan dari imbal hasil atau kupon sukuk ini.

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Histori Imbal Hasil Atau Kupon Sukuk Ritel

Terkait imbal hasil, seperti halnya jenis dan seri SBN Ritel yang telah terbit sebelumnya, setiap penerbitan Sukuk Ritel juga disukai oleh investor ritel. Sebab, biasanya Pemerintah menggunakannya sebagai pemanis untuk menarik investor ritel dan besarannya lebih menarik daripada suku bunga acuan.

Sebagai gambaran, jika pada penerbitan Sukuk Ritel seri pertama SR001, pada 30 Januari 2009 diserbu oleh sekitar 14.295 investor yang membelinya. Untuk SR001, pemerintah menerbitkannya dengan imbal hasil 12%, sekaligus masih menjadi imbalan Sukuk Ritel yang tertinggi.

Lebih lanjut soal jumlah investor Sukuk Ritel, setelah 14 tahun sejak SR001 terbit, jumlahnya terus di atas jumlah investor awal Sukuk Ritel. Hingga penerbitan Sukuk Ritel terakhir yakni SR018 (pada 3 Maret 2023), seri SR017 yang terbit pada 19 Agustus 2023 tercatat yang paling banyak jumlah investornya yakni mencapai 65.362 orang.

Sementara pada seri SR018 yang merupakan seri pertama Sukuk Ritel dalam dua pilihan jangka waktu (tenor) investasi yakni SR018 dengan tenor (jangka waktu) tiga tahun yaitu SR018T3 dan tenor lima tahun yakni SR018T5, diserbu 58.472 orang.

Terkait dengan adanya dua tenor waktu, pada SR018 ditetapkan dua imbal hasil yakni 6,25% untuk SR018T3 dan 6,40% untuk SR018 T5.

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan diolah Bareksa

Faktor Penentu Imbal Hasil Sukuk Ritel

Soal imbal hasil Sukuk Ritel, biasanya pemerintah memiliki sejumlah pertimbangan dalam menentukan imbal hasil SBN Ritel, termasuk Sukuk Ritel yang di dalamnya SR019. Setidaknya ada 5 pertimbangan pemerintah dalam menentukan kupon, yakni :

Pertama, imbal hasil SBN tenor yang sama di pasar sekunder. Misalnya, pada SR018 yang terbit dalam 2 tenor yakni 3 tahun dan 5 tahun, maka pemerintah akan mempertimbangkan imbal hasil SBN di pasar sekunder dengan tenor yang sama.

Kedua, suku bunga acuan Bank Indonesia. Suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate (BI 7DRRR) saat ini berada di level 5,75% yang dipertahankan bank sentral sejak Januari 2023.

Ketiga, tingkat suku bunga penjaminan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Adapun tingkat bunga penjaminan LPS periode 1 Juni hingga 30 September 2023, ialah 4,25% untuk bank umum dan 6,75% untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Keempat, bunga deposito perbankan. Pemerintah juga akan mencermati rata-rata bunga deposito yang ditawarkan pemerintah sebelum menentukan kupon atau imbal hasil SBN Ritel, dalam konteks Sukuk Ritel ialah nilai kompetitifnya dibandingkan deposito syariah.

Kelima, kondisi makro ekonomi. Pemerintah juga akan melihat beberapa indikator makro ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi dan sebagainya. Tujuannya agar kupon atau imbal hasil SBN Ritel yang ditawarkan pemerintah tetap menarik bagi investor, namun dari sisi biaya (cost of fund) juga di level wajar.

Untuk Kamu yang berniat investasi sambil bantu negara sekaligus mendapat imbal hasil menarik, ada baiknya segera mendaftar di Bareksa untuk beli SBN Ritel 2023. Pendaftaran butuh waktu sekitar 2x24 jam karena proses pembuatan rekening sub-registry, makanya lebih cepat daftar lebih baik. Sehingga bisa siap untuk memesan SBN Ritel begitu masa penawaran dibuka.

Investasi SBN Ritel SR019, Daftar di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Daftar SBN Ritel untuk Beli SR019

(Rahmat Hidayat/Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua