Berita / SBN / Artikel

6 Faktor Ini Buat SR017 Laris Diborong Investor

Antusiasme investor terhadap SR017 tak lepas dari berbagai keuntungan yang dimilikinya
Abdul Malik • 01 Sep 2022
cover

Ilustrasi berinvestasi di SBN Ritel syariah atau SBSN Ritel seperti Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan di antaranya SR017. (Shutterstock)

Bareksa.com - Setelah dua pekan ditawarkan, Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 terpantau laris manis diburu investor. Hingga Rabu siang (31/8/2022), nilai pemesanan SR017 telah mencapai Rp13,7 triliun atau merealisasi 68% dari target penjualan Rp20 triliun.

Sisa kuota nasional pemesanan Surat Berharga Negara (SBN) jenis syariah itu tinggal Rp6,3 triliun untuk masa penawaran yang masih 2 pekan atau 14 hari lagi. SR017 ditawarkan sejak 19 Agustus dan masa penawaran ditutup pada 14 Agustus 2022.

Buat Smart Investor yang tidak ingin ketinggalan berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang sesuai prinsip syariah ini, segera lakukan pemesanan sebelum kehabisan kuota atau pemerintah menutup lebih awal masa penawaran karena target penjualan sudah terpenuhi. 

Target awal penjualan SR017 sejatinya dipatok Kementerian Keuangan senilai Rp10 triliun. Namun mempertimbangkan tingginya minat investor terhadap SR017, maka kuota nasional pemesanan akhirnya dinaikkan jadi Rp20 triliun.

Dengan nilai pemesanan senilai Rp13 triliun, maka rata-rata nilai pemesanan SR017per hari sekitar Rp1 triliun.

Lantas apa yang membuat SR017 begitu digandrungi para investor?

Menurut analisis Bareksa, antusiasme investor terhadap SR017 tak lepas dari berbagai keuntungan yang dimilikinya di antaranya : 

1. Rendah risiko

SR017 memiliki karakteristik rendah risiko sehingga cocok bagi mereka yang tidak suka menghadapi fluktuasi pasar. 

2. Nilai investasi terjangkau

Minat investor milenial yang cukup besar juga membuat SR017 banyak diburu. Maklum minimal investasi produk ini cukup terjangkau yakni mulai Rp1 juta sehingga jangkauan produknya cukup luas.

3. Sesuai prinsip syariah

SR017 yang merupakan jenis SBSN Ritel ini juga merupakan surat berharga yang cukup langka karena jarang diterbitkan. Selain itu dari segi permintaan juga cenderung lebih bagus jika dibandingkan dengan obligasi konvensional.

Hal itu tercermin pada penjualan seri SR016 pada Maret 2022 yang mencapai Rp18,4 triliun. Penjualan ini menunjukkan minat yang sangat tinggi dari para investor, mengingat saat itu pemerintah hanya menetapkan target awal Rp10 triliun.

4. Imbal hasil menarik

Berbicara mengenai keuntungan investasi di SR017 yang akan diperoleh investor, dengan imbal hasil 5,9% yang bersifat tetap (fixed rate) dan jatuh temponya hanya 3 tahun pada 10 September 2025, angka ini terbilang cukup tinggi.

Terutama jika dibandingkan dengan instrumen rendah risiko lain yang sering dibeli masyarakat seperti deposito perbankan, di mana rata-rata bunga deposito perbankan hanya 3,23% per tahun (Pusat Data Kontan dikutip 31/8/2022).

5. Pajak rendah

Dari sisi perpajakan, pajak dari obligasi ritel jauh lebih rendah yakni 10% dibandingkan deposito 20%. Sehingga imbal hasil bersih atas SR017 masih 5,31 persen, dibandingkan deposito perbankan hanya 2,58 persen.

6. Dijamin negara

Selain itu, Sukuk Ritel adalah instrumen investasi yang 100% dijamin oleh negara sehingga memiliki risiko gagal bayar yang nyaris tidak ada. SR017 memiliki jangka waktu 3 tahun tetapi bisa dijual sebelum jatuh tempo dan diperdagangkan di pasar sekunder (tradable), sehingga memiliki potensi mendapatkan capital gain.

Dengan berbagai faktor tersebut, maka bukan hal yang mengherankan jika SR017 sejauh ini mendapat animo yang begitu besar dari investor karena memang tergolong menarik untuk dikoleksi.

Promo Investasi SR017 di Bareksa

Buat Smart Investor yang berinvestasi SR017 di Bareksa, ada hadiah berupa voucher reksadana senilai Rp200.000 untuk 10 orang investor dengan nominal pembelian SR017 terbesar dan ada juga voucher reksadana Rp50.000 untuk 50 orang investor tercepat. Caranya mudah, hanya cukup beli SR017 di Bareksa minimal Rp1 juta dengan kode promo LASTSR17. Simak syarat dan ketentuan promonya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Last Week Deals SR017

1. Periode promo 31 Agustus - 14 September 2022
2. Pembelian berlaku untuk produk SBSN seri SR017 dengan memasukkan kode promo LASTSR17
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Pembeli dengan pembelian tercepat atau paling besar berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada 13 Oktober 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Jangan tunda lagi, promo berlaku selama masa penawaran SR017 dan kuota nasional masih tersedia. Pesan SR017 di Bareksa sekarang.

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.