BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Green Sukuk Ritel ST007 Mulai Ditawarkan, Ini Perbandingan Kupon dari SBN Acuan

Abdul Malik04 November 2020
Tags:
Green Sukuk Ritel ST007 Mulai Ditawarkan, Ini Perbandingan Kupon dari SBN Acuan
Ilustrasi petugas Kementerian Keuangan sedang melayani pemesanan Sukuk Tabungan di kantor Kementerian Keuangan. (Sumber : Kemenkeu)

SBN tenor 2 tahun per 3 November 2020 mempunyai tingkat keuntungan yang diharapkan (yield) hanya 4,32 persen

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mulai menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berjenis Sukuk Tabungan seri ST007 mulai hari ini, 4 November 2020. Imbalan atau kupon ST007 telah ditetapkan 5,5 persen persen dengan sistem floating with floor.

"Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menetapkan tingkat imbalan untuk periode 3 (tiga) bulan pertama (hingga 10 Februari 2021) adalah 5,5 persen per tahun, terdiri dari BI 7-day (reverse) Repo Rate pada saat penetapan yaitu 4 persen ditambah spread 150 bps, dan berlaku juga sebagai tingkat imbalan minimal (floor rate). Tingkat imbalan minimal (floor rate) berlaku tetap sampai jatuh tempo," tulis DJPPR melalui pesan singkat kepada mitra distribusi, Senin 2 November 2020.

Sukuk Tabungan adalah pernyataan kepemilikan sebagian aset negara, yang memiliki jangka waktu dua tahun. Bila kita membeli Sukuk Tabungan artinya kita membeli aset negara. Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis.

Promo Terbaru di Bareksa

Pada saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan uang pokok kita secara utuh dan aset negara pun kita kembalikan. ST007 memiliki masa berlaku dua tahun dan akan jatuh tempo pada 10 November 2022.

Soal keamanan, ST007 tidak perlu diragukan lagi karena surat berharga negara ini baik pokok maupun kuponnya dijamin 100 persen oleh negara. Jadi tidak perlu takut rugi atau uang kita hilang.

ST007 bisa dibeli secara online di sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa, hanya pada masa penawaran 4-25 November 2020. Produk investasi ini sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel karena bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp1 juta (1 unit), kelipatan Rp1 juta hingga Rp3 miliar per orang selama masa penawaran.

Perbandingan Acuan

Berbicara mengenai investasi, tentu di benak investor adalah imbal hasil, yang tercermin dari kupon. Bila dibandingkan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Day Reverse Repo Rate yang sebesar 4 persen saat ini, ST007 memberikan imbal hasil yang lebih tinggi 1,5 persen, atau selisihnya 150 basis poin.

Kemudian, bila dibandingkan dengan surat berharga negara atau obligasi negara seri lainnya yang menjadi acuan (benchmark), imbal hasil ST007 ini juga terbilang menarik. Hal ini bisa dilihat dari nilai imbal hasil atau yield surat berharga negara seri acuan.

Yield Surat Berharga Negara Acuan

Illustration

Sumber : IBPA

Mengutip data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Surat Berharga Negara dengan tenor 2 tahun per 3 November 2020 mempunyai tingkat keuntungan yang diharapkan (yield) hanya 4,32 persen. Maka, dengan mengacu data tersebut dapat dikatakan imbal hasil 5,5 persen yang ditawarkan ST007 masih lebih menarik dibandingkan tingkat keuntungan di pasar saat ini.

Selain kupon yang lebih tinggi dibandingkan yield di pasar saat ini, ST007 yang dapat dibeli di Bareksa ini dijamin oleh pemerintah 100 persen.

Jadi, jangan takut jika uang Anda tidak kembali atau terjadi gagal bayar, sebab setiap transaksi pembelian sukuk ritel online seri ST007 di Bareksa, baik pembayaran kupon maupun pembayaran uang pokok pada saat jatuh tempo 100 persen dijamin pemerintah dan Undang-Undang.

Selain itu, ada keuntungan lain buat investor yang memesan ST007 melalui Bareksa, yakni hadiah voucher reksadana mulai dari Rp50.000, Rp200.000 hingga Rp400.000.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua