BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Hingga Agustus 2019 Asing Masih Kuasai Surat Utang Indonesia, Begini Detailnya

Bareksa11 September 2019
Tags:
Hingga Agustus 2019 Asing Masih Kuasai Surat Utang Indonesia, Begini Detailnya
Pamflet SBR008 (www.kemenkeu.go.id)

Jumlah kepemilikan investor asing di pasar Surat Berharga Negara rupiah domestik mencapai Rp1.012,2 triliun

Bareksa.com - Jumlah kepemilikan investor asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN) rupiah domestik menembus level psikologis Rp1.000 triliun, atau tepatnya Rp1.012,2 triliun pada akhir Agustus 2019.

Data Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu (DJPPR) terakhir menunjukkan jumlah kepemilikan tersebut sedikit menurun yang sebelumnya dibukukan Rp1.013 triliun pada 31 Juli 2019.

Sebagai tambahan informasi, SUN adalah surat berharga negara (SBN) konvensional rupiah yang perdagangannya paling ramai di pasar domestik, sehingga dapat mencerminkan kondisi pasar obligasi secara umum.

Promo Terbaru di Bareksa

Kepemilikan investor asing tersebut setara dengan 38,6 persen dari total SBN beredar Rp2.625 triliun berdasarkan data per Agustus 2019.

Meskipun jumlah kepemilikan asing masih lebih tinggi dibanding tahun 2018, namun secara porsi persentasenya masih di bawah rekor sepanjang masa 41,48 persen pada 29 Januari 2018.

Illustration

Rilis data ekonomi dalam negeri positif

Data yang sama menunjukkan arus dana asing bersih (net foreign inflow) juga tembus level psikologis Rp100 triliun, tepatnya Rp120 triliun (YtD). Pada akhir tahun lalu, jumlah kepemilikan asing di pasar SBN berada pada Rp893,3 triliun atau 37,71 persen dari total efek beredar.

Positifnya pasar juga sejalan dengan indikator ekonomi dalam negeri di bulan Agustus yang menunjukkan kondisi positif. Posisi cadangan devisa di bulan Agustus meningkat ke level US$126,44 miliar atau level tertinggi secara tahun berjalan 2019. Inflasi bulan Agustus sedikit meningkat ke level 3,49 persen YoY dari sebelumnya 3,32 persen YoY namun masih berada dalam target Bank Indonesia.

Terjaganya kondisi makro dalam negeri mendorong Bank Indonesia kembali memangkas suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate 25bps untuk yang kedua kalinya di tahun 2019 ke level 5,5 persen.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

SBR008 hanya bisa dipesan selama masa penawaran 5-19 September 2019. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN seri berikutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA02/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua