BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ingin Berinvestasi Halal, Aman dan Menguntungkan? Coba Sukuk Tabungan

Bareksa31 Juli 2019
Tags:
Ingin Berinvestasi Halal, Aman dan Menguntungkan? Coba Sukuk Tabungan
Direktur Jenderal DJPPR Kemenkeu Luky Alfirman dalam peluncuran Sukuk Tabungan ST-003 di Jakarta, 1 Februari 2019

Seri terbaru Sukuk Tabungan ST005, menurut jadwalnya (tentatif) akan ditawarkan pada 8-21 Agustus 2019

Bareksa.com - Saat ini, masyarakat Indonesia sudah memiliki kesadaran yang semakin baik untuk mulai berinvestasi sedini mungkin. Investasi ini penting karena merupakan bagian dari perencanaan keuangan untuk masa depan.

Khususnya bagi Anda yang muslim ada tuntunan untuk menyiapkan kebutuhan masa depan dengan persiapan dana mulai dari sekarang. Salah satunya dengan cara melakukan investasi tersebut. Banyak produk investasi yang bisa dijadikan pilihan, namun satu hal yang harus diperhatikan adalah investasi tersebut harus sesuai dengan tuntunan syar’i.

Disadari atau pun tidak, setiap transaksi keuangan misalnya saja investasi, tidak jarang mengandung hal yang bertentangan dengan prinsip dasar syariat Islam. Inilah mengapa banyak lembaga perbankan belakangan juga mengeluarkan produk investasi berbasis syariah sebagai alternatif lain selain produk dari lembaga perbankan konvensional.

Promo Terbaru di Bareksa

Produk bank berbasis syariah sejatinya bukan bertentangan dengan produk konvensional, namun lebih sebagai salah satu upaya untuk menciptakan alternatif layanan bagi dunia perbankan khususnya bagi masyarakat yang ingin transaksinya sesuai kaidah syariat Islam.

Lalu bagaimana dengan investasi? Produk investasi pun kini juga sudah mulai banyak yang berbasis syariah. Barangkali Anda pernah mendengar atau familiar dengan istilah obligasi.

Obligasi merupakan investasi dalam bentuk surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan yang ingin menerbitkan surat utang tersebut. Saat ini obligasi semacam ini punya alternatif syariahnya juga yang bernama Sukuk.

Jadi, apa itu investasi sukuk dan bagaimana cara untuk mendapatkan investasinya?

Sukuk adalah surat berharga untuk merepresentasikan investor, terhadap kepemilikan aset yang menjadi dasar penerbitan sukuk dengan penerapan prinsip-prinsip syariah. sehingga sukuk tidak menggunakan bunga.

Dalam pengembaliannya biasanya berupa aset, tujuan pendanaannya berupa imbalan yang berasal dari uang sewa, fee margin, bagi hasil atau sumber lain sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dan disepakati.

Sukuk memiliki konsep perdagangan obligasi jadi tidak dapat dinilai sebagai surat utang, melainkan sebagai suatu penjualan dari kepemilikan aset yang menjadi dasar penerbitannya. Sukuk juga memiliki cakupan investor yang lebih banyak dengan adanya investor secara konvensional dan syariah.

Sukuk Tabungan

Salah satu jenis sukuk yang akan diterbitkan Pemerintah dalam waktu dekat adalah sukuk tabungan. Sukuk Negara Tabungan (Sukuk Tabungan) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu warga negara Indonesia, sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel berjenis Sukuk Tabungan. Seri terbaru ST005, menurut jadwalnya (tentatif), akan ditawarkan pada 8-21 Agustus 2019.

Sukuk Tabungan (ST), sesuai dengan namanya, memiliki sifat yang mirip dengan tabungan atau deposito bank tetapi memiliki sejumlah keunggulan. Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu atau masa berlaku dua tahun.

ST ditawarkan untuk masyarakat ritel, sehingga nilai pemesanannya sangat terjangkau, mulai dari Rp1 juta (1 unit) dengan kelipatan Rp1 juta hingga Rp3 miliar (3000 unit) per orang selama masa penawaran. ST005 bisa menjadi alternatif investasi syariah bagi investor yang memilih portofolio dengan pengelolaan berdasarkan prinsip-prinsip Islami.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan menawarkan Sukuk Tabungan seri ST005. Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan ST005 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST005? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST005.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST005? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA01/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua