BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Sukuk Tabungan ST-003, Investasi yang Cocok Untuk Generasi Milenial

Bareksa30 Januari 2019
Tags:
Sukuk Tabungan ST-003, Investasi yang Cocok Untuk Generasi Milenial
Ilustrasi wanita Muslim berhijab sedang menghitung keuntungan investasi reksadana syariah Majoris Sukuk Negara Indonesia

Produk ini dijual secara online dan nilai investasi terjangkau

Bareksa.com - Sekitar dua hari lagi, pemerintah akan meluncurkan produk surat utang negara ritel Sukuk Tabungan (ST) 003. Produk investasi yang dijual secara online ini sangat cocok untuk generasi milenial.

Mengapa generasi milenial sangat cocok untuk membeli produk investasi ini? Setidaknya ada dua alasan yang mendasari hal tersebut.

1. Produk ini dijual secara online

Promo Terbaru di Bareksa

Produk Sukuk Tabungan ST-003 dipasarkan secara online sejak peluncuran ST-002. Produk ini cukup diminati masyarakat sehingga pemerintah meluncurkan kembali seri terbaru ST-003 juga dengan platform online.

Dengan menggunakan platform online, kaum milenial menjadi masyarakat yang paling diuntungkan karena mereka sudah akrab dengan gadget. Hal ini berbeda dengan golongan masyarakat yang lain.

SEVP Distribution and Services BSM Anton Sukarna sebagai salah satu mitra distribusi ST-003 pun mengakui hal tersebut. Dia mengatakan pihaknya harus mengubah kebiasaan nasabah yang pada produk ST-001 sebelumnya masih membeli di kantor cabang.

"Kami akan memaksimalkan nasabah yang ada dahulu dan mengubah habit nasabah yang biasanya dilayani di cabang. Target kami 50 persen adalah nasabah baru," kata dia di Jakarta, Rabu (30/1).

Bareksa bersama 12 mitra distribusi lainnya juga sudah memanfaatkan channel online untuk memasarkan produk ST-003 ini. Daftar di Bareksa pun cukup gampang tinggal daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP.

2. Nilai Investasi Terjangkau

Selain kemudahan berinvestasi secara online, milenial tentunya akan sangat tertarik berinvestasi di ST-003 karena nilai investasinya terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta dan kelipatannya hingga maksimal Rp3 miliar.

Nilai ini tentunya sangat cocok bagi kaum milenial yang baru memulai karir dengan penghasilan terbatas. Kendati investasi kaum milenial ini terbatas, namun kaum inilah yang nantinya akan menjadi penyumbang investasi terbatas di masa depan. Anton dari BSM pun menyadari hal ini.

"Kaum milenial adalah nasabah potensial di hari ini dan masa depan dan bisa menjadi nasabah penyangga," kata dia.

Dengan nilai investasi yang terjangkau ini, BSM menargetkan bisa menjual Sukuk Tabungan ST-003 senilai Rp200 miliar hingga Rp300 miliar.

"Kami harapkan bisa oversubcribe," kata dia.

ST-003 adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam bentuk tabungan investasi yang ditawarkan pemerintah kepada Warga Negara Indonesia perorangan yang mudah, aman, dan terjangkau.

Sukuk Tabungan (ST) berbeda dengan Sukuk Ritel (SR). ST003 tidak dapat diperdagangkan (non tradable) dan dialihkan serta memiliki fasilitas early redemption yaitu fasilitas yang diberikan kepada investor untuk mencairkan kepemilikan Sukuk Tabungan sebelum masa jatuh tempo sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Investor dapat mencairkan sukuk tabungannya satu kali dengan besaran maksimal 50 persen dari total nilai sukuk pada bulan ke-12.

Jadwal Penerbitan

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 1-20 Februari 2019. Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST-003.

ST-003 memiliki jangka waktu 2 tahun dan akan jatuh tempo pada 1 Februari 2021. Selama jangka waktu tersebut, investor tidak bisa memperdagangkan atau mencairkan investasinya.

Namun, terdapat fasilitas pencairan awal (early redemption) setelah 1 tahun masa investasi. Syarat untuk mendapatkan fasilitas ini adalah jumlah kepemilikan minimal 2 unit dan maksimal pencairan sebesar 50 persen dari total investasi awal.

Investor yang memenuhi syarat untuk fasilitas ini bisa mengajukan proses di mitra distribusinya. Bila investor membeli melalui Bareksa, investor bisa mengajukan early redemption melalui Bareksa juga.

(AM)

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa adalah salah satu mitra distribusi (midis) untuk penjualan surat utang negara ritel yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan. Transaksi online di Bareksa mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 1-20 Februari 2019. Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST-003 di Bareksa.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki agar bisa memesan produk Sukuk atau SBN di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di Sukuk dan produk SBN lainnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli Sukuk dan produk SBN lainnya? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

Ayo daftar sekarang, jangan ketinggalan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua