BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Begini Hitungan Imbal Hasil Sukuk Tabungan ST002 Jika BI 7-DRRR Naik atau Turun

Bareksa14 November 2018
Tags:
Begini Hitungan Imbal Hasil Sukuk Tabungan ST002 Jika BI 7-DRRR Naik atau Turun
Investasi Syariah Sukuk Tabungan ST002

Imbal hasil Sukuk Tabungan ST002 ditetapkan minimal 8,3 persen per tahun

Bareksa.com – Bagi yang sudah menjadi investor Sukuk Tabungan ST002, Anda pasti tahu imbal hasil instrumen investasi ini adalah 8,3 persen per tahun.

Keuntungan yang diberikan pemerintah ini adalah imbalan mengambang dengan imbalan minimal (floating with floor) dan mengacu pada BI 7 Days Reverse Repo Rate.

Pada 23 Oktober lalu, Bank Indonesia telah mengumumkan BI 7-DRRR terbaru tetap pada level 5,75 persen. Lalu, Anda bertanya-tanya bagaimana hitung-hitungan imbalan hasil ST002 jika BI 7-DRRR naik atau turun ke depannya?

Di website www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan, Anda bisa melihat langsung bagaimana simulasi perhitungan imbalan hasil ST002 mengacu pada BI 7-DRRR. Begini penjelasannya;

BI 7-DRRR Naik

Jika pada Januari 2019 BI 7-DRRR naik menjadi 6 persen, maka pada periode Maret-Mei 2019 imbalan ST002 yang berlaku adalah 8,55 persen per tahun. Imbalan ini merupakan hasil perhitungan BI 7-DRRR 6 ditambah spread 255 basis poin (bps).

BI 7-DRRR Turun

Sementara, jika pada bulan Januari 2019 BI 7-DRRR turun menjadi 5,5 persen, maka pada periode Maret-Mei 2019 imbalan yang berlaku bukan 8,05 persen (5,5 persen + spread 255 bps) melainkan tetap 8,3 persen per tahun yang merupakan imbalan minimal.

Melihat perhitungan imbalan hasil itu, menguntungkan bukan? Jadi, tunggu apalagi? Ayo berinvestasi pada ST002. Masa penawaran ST002 masih cukup lama yakni hingga 22 November 2018.

Sebagai tambahan informasi, ST002 adalah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas early redemption. Early redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST002 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50 persen dari total kepemilikan investor.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Gunakan akun Bareksa Anda untuk login dan membeli ST002 melalui tautan ini.

Anda yang belum punya akun bisa mendaftar terlebih dahulu di tautan ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya. (Baca Juga : Belum Jadi Nasabah Bareksa? Ini 6 Langkah Mudah Daftar untuk Beli Sukuk ST002)

(AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua