BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Schroders: Membongkar Tiga "D" Menuju Investasi Masa Depan yang Berkelanjutan

Hanum Kusuma Dewi23 Januari 2024
Tags:
Schroders: Membongkar Tiga "D" Menuju Investasi Masa Depan yang Berkelanjutan
Ilustrasi manajer investasi Schroders Indonesia mengelola portofolio menggunakan inisiatif 3D Reset. (Shutterstock)

Deglobalisasi, Dekarbonisasi dan Demografi menjadi tiga katalis utama yang mengubah peta investasi jangka panjang

Bareksa.com - Schroders, sebagai salah satu pemimpin global dalam industri manajemen investasi, memperkenalkan 3D Reset sebagai tren penting dalam berinvestasi. "3D Reset" adalah tren yang sedang dan terus terjadi yang dalam pandangan Schroders membawa perubahan mendasar dalam perekonomian global, yang dipicu oleh tiga faktor utama: Dekarbonisasi, Demografi, dan Deglobalisasi.

Tren ini bukan hanya perubahan sementara, tetapi pergeseran fundamental yang akan membentuk ulang peta investasi jangka panjang. Berikut ulasannya:

1. Deglobalisasi: Membangun Ketahanan dan Keamanan Rantai Pasokan

Promo Terbaru di Bareksa

Pandemi Covid-19 dan meningkatnya ketegangan geopolitik telah memicu era baru di mana ketahanan dan keamanan rantai pasokan menjadi prioritas utama. Inisiatif "3D Reset" mengamati munculnya dinamika internasional baru, terutama dalam bentuk reshoring, di mana perusahaan multinasional mendiversifikasi produksi dan mendekatkan diri pada negara asal. Tren ini menandai langkah mundur dari model globalisasi yang telah membentuk perdagangan internasional sehingga membawa dampak besar bagi berbagai sektor dan kelas aset.

2. Dekarbonisasi: Transisi Menuju Energi Hijau

Seiring negara-negara bergerak cepat untuk merespons perubahan iklim, kita melihat transisi dari ketergantungan pada bahan bakar fosil menuju sumber energi yang lebih hijau. Inisiatif dekarbonisasi ini, sementara mahal, mendukung tujuan global untuk mencapai dunia tanpa emisi karbon pada 2050. Pergeseran ini tidak hanya mempengaruhi sektor energi, tetapi juga mendorong inovasi dan investasi di berbagai sektor ekonomi.

3. Demografi: Tantangan Melambatnya Pertumbuhan Populasi

Perubahan demografi, khususnya melambatnya pertumbuhan populasi global, memiliki dampak besar pada laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Dengan populasi yang menua di banyak negara maju, perusahaan dan pemberi kerja menghadapi tekanan dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Ini mendorong investasi dalam teknologi, seperti robot dan kecerdasan buatan, untuk meningkatkan produktivitas dan melindungi margin laba.

Menghadapi Masa Depan dengan Keberlanjutan

Mengenal dan memahami “3D Reset” adalah langkah proaktif yang dapat membimbing investor melewati tantangan-tantangan yang dihadapi dalam perekonomian global yang sedang dan terus berubah. Memahami implikasi dari Dekarbonisasi, Demografi, dan Deglobalisasi adalah kunci untuk mengambil keputusan investasi yang bijak. Selaras dengan itu, dalam pengelolaan investasi pun Schroders memperhatikan tren-tren dalam “3D Reset”. Schroders Indonesia mengelola investasi secara aktif dan bertanggung jawab dengan mengedepankan faktor fundamental, manajemen risiko dan likuiditas, sekaligus mengintegrasikan faktor keberlanjutan dan dampak positif baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Oleh karena itu, Schroders mengajak investor untuk merangkul perubahan dan mengambil langkah-langkah yang berkontribusi dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan dengan memperhatikan "3D Reset". Tangkap peluang investasi di era “3D Reset” dengan berinvestasi di reksa dana Schroders, termasuk yang tersedia di super app Bareksa. Berikut nama-nama produk Schroders di Bareksa dan pengembalian investasi (return) dalam sebulan terakhir, per 19 Januari 2024.

Reksa Dana Saham

  • Schroder 90 Plus Equity Fund : 2,19%

  • Schroder Dana Istimewa : 1,82%

  • Schroder Dana Prestasi : 2,37%

  • Schroder Dana Prestasi Plus : 1,82%

Reksa Dana Campuran

  • Schroder Dana Kombinasi : 1,32%

  • Schroder Dana Terpadu II : 1,75%

  • Schroder Dynamic Balanced Fund : 2,39%

  • Schroder Syariah Balanced Fund : 0,56%

Reksa Dana Pendapatan Tetap

  • Schroder Dana Andalan II : 0,30%

  • Schroder Dana Mantap Plus II : 0,57%

Reksa Dana Pasar Uang

  • Schroder Dana Likuid : 0,40%

Bersama, kita dapat membentuk dunia yang lebih baik, lebih berkelanjutan, dan memberikan nilai investasi yang optimal untuk masa depan kita bersama.

Beli Reksa Dana Schroders di Bareksa

(ADV | hm)

* * *

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.

Disclaimer Schroders Selengkapnya

Source : https://www.schroders.com/id-id/id/investasi-reksadana/3d-reset/

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua