3 Cara Dapat Cuan dari Gaji ke-13 PNS

Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran untuk gaji ke-13 PNS sekitar Rp35,5 triliun
Abdul Malik • 27 Jun 2022
cover

Ilustrasi uang lembaran rupiah yang merupakan gaji ke-13 PNS dalam amplop. (shutterstock)

Bareksa.com - Anda yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dijadwalkan akan menerima gaji ke-13 mulai 1 Juli 2022. Biar gaji ke-13 PNS bisa menghasilkan cuan atau keuntungan, sebaiknya disimpan di mana?

Kementerian Keuangan menyebutkan proses pencairan gaji ke-13 PNS diatur lebih cepat yakni mului 23 Juni 2022. Namun begitu, pembayaran gaji ke-13 terhitung mulai 1 Juli 2022. Untuk itu, Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran untuk gaji ke-13 PNS sekitar Rp35,5 triliun.

Besaran anggaran tersebut naik sekitar Rp5,3 triliun jika dibandingkan tahun lalu. Dana tersebut nantinya akan dibagikan kepada PNS tingkat pusat, daerah, dan pensiunan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Pencairan gaji ke-13 PNS dekat dengan masa tahun ajaran baru atau penerimaan murid baru dan atau kenaikan kelas. Bisa saja, gaji-13 PNS digunakan untuk menunjang pembiayaan dana pendidikan anak pada saat sekarang.

Namun bagi yang belum dan atau baru memiliki anak, bisa saja menyiapkan dana pendidikan anak dari gaji ke-13 PNS Anda mulai tahun ini. Selain itu, gaji ke-13 PNS Anda juga bis dipergunakan untuk keperluan lainnya yang sekaligus bisa mendatangkan cuan atau keuntungan yakni berinvestasi.

Nah, berikut tiga pilihan investasi khas Bareksa yang bisa dipertimbangkan untuk menyimpan sebagian dan atau seluruh gaji ke-13 PNS Anda pada tahun ini:

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Tersedia ratusan sekitar 210 produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uangreksadana pendapatan tetapreksadana sahamreksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000.  Reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Untuk tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan  6 seri SBN Ritel.

Jadwal Penawaran Seri SBN Ritel 2022

Seri SBN Ritel

Masa Penawaran

Obligasi Negara Ritel ORI021

24 Januari - 17 Februari 2022

Sukuk Negara Ritel SR016

25 Februari - 17 Maret 2022

Savings Bond Ritel SBR011

25 Mei - 16 Juni 2022

Sukuk Negara Ritel SR017

19 Agustus - 14 September 2022*

Obligasi Negara Ritel ORI022

26 September - 20 Oktober 2022*

Sukuk Tabungan ST009

28 Oktober - 16 November 2022*

Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan, *tentatif sesuai jadwal dari Kemenkeu

SBN Ritel  bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Untuk Anda yang belum memiliki akun SBN di Bareksasebaiknya segera mendaftar sekarang agar bisa ikut masa penawaran SBN Ritel selanjutnya. 

Nah mengingat jadwal penerbitan SBN Ritel 2022 berikutnya dengan waktu terdekat adalah SR017 yang dijadwalkan sementara mulai ditawarkan pada 19 Agustus 2022, maka Anda dapat menyimpan sementara dulu sebagian dan atau seluruh gaji ke-13 PNS di reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap misalnya. Alasannya dua instrumen ini cenderung cocok untuk rencana investasi kurang dan atau setidaknya 1 tahun.

3. Emas Batangan

Selanjutnya tersedia investasi emas melalui fitur Bareksa EmasBareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emasyakni Indogold dan Pegadaian.

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Bagaimana, reksadanaemas batangan atau SBNinstrumen investasi apa saja yang dipilih untuk menyimpan sekaligus mendapatkan cuan dari gaji ke-13 Anda?

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana. 
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.