Top 5 Produk Reksadana Pasar Uang Kelolaan Terbesar November 2021

Posisi lima besar berubah dengan datangnya Manulife Indonesia Money Market Fund, yang berhasil naik dua peringkat menjadi posisi ke-5
Hanum Kusuma Dewi • 14 Dec 2021
cover

Ilustrasi manajer investasi yang sedang mengatur portofolio investasinya agar reksadana yang dia kelola membukukan kinerja optimal. (Shutterstock)

Bareksa.com - Reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru mulai berinvestasi reksadana dan atau akan melakukan diversifikasi investasi untuk likuiditas jangka pendek. Nah, ulasan berikut bisa membantu smart investor mempertimbangkan produk reksadana pasar uang yang sesuai.

Seberapa besar dana kelolaan, biasanya dijadikan salah satu pertimbangan investor dalam memilih produk reksadana. Makanya semakin besar kelolaan, bisa menjadi salah satu pertanda reksadana tersebut dipercaya banyak investor dalam mengelola dananya.

Berikut produk reksadana pasar uang yang membukukan kelolaan terbesar pada November 2021 :

1. Mandiri Investa Pasar Uang

Reksadana pasar uang kelolaan Mandiri Manajemen Investasi/MMI, yakni Mandiri Investa Pasar Uang tercatat masih bertahan jadi juara pertama kelolaan terbesar senilai Rp14,17 triliun. Bulan lalu, asset under management atau dana kelolaan Mandiri Investa Pasar Uang tumbuh 2 persen secara year to date (YtD).

Masih besarnya selisih dana kelolaan Mandiri Investa Pasar Uang dibandingkan produk reksadana pasar uang lainnya, membuat produk ini nampaknya sulit untuk digoyah dari posisi juara pertama.

2. Batavia Dana Kas Maxima

Batavia Dana Kas Maxima tercatat masih bertahan menempati posisi dua produk reksadana pasar uang kelolaan terbesar pada November 2021. Reksadana kelolaan Batavia Prosperindo Aset Manajemen ini mengelola dana Rp8,01 triliun pada November 2021, naik 31 persen secara YtD dan 4 persen secara bulanan/MoM.

3. Sucorinvest Money Market Fund

Reksadana Sucorinvest Money Market Fund masih menempati posisi ketiga sebagai produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar, yakni Rp7,43 triliun. Meskipun posisinya tidak bergeser, dana kelolaan produk ini turun 27 persen sepanjang tahun berjalan dan stagnan dalam sebulan.

4. Bahana Dana Likuid

Bahana Dana Likuid, salah satu produk reksadana kelolaan Bahana TCW Investment Management, ini bertahan di posisi 4 pada bulan lalu. Reksadana ini memiliki dana kelolaan Rp6,48 triliun, tumbuh 41 persen secara YtD dan 7 persen secara bulanan/MoM.

5. Manulife Indonesia Money Market Fund

Sementara itu Manulife Indonesia Money Market Fund, salah satu produk reksadana pasar uang kelolaan Manulife Aset Manajemen Indonesia ini menempati peringkat ke-5 pada bulan lalu. Manulife Indonesia Money Market Fund naik dua peringkat dibandingkan posisi pada Oktober 2021.

Dana kelolaan Manulife Indonesia Money Market Fund, pada bulan lalu tercatat Rp4,38 triliun, tumbuh 10 persen secara YtD dan 3 persen secara MoM.

Daftar 20 produk reksadana pasar uang kelolaan terbesar November 2021

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report November 2021

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report November 2021. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

(Martina Priyanti/Tim Data/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​

Kinerja masa lampau tidak menjamin kinerja masa depan. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.