BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Apa Itu Transaksi Switching Reksadana? Ini Pengertiannya

Hanum Kusuma Dewi20 Mei 2021
Tags:
Apa Itu Transaksi Switching Reksadana? Ini Pengertiannya
Ilustrasi tombol switch risiko investasi reksadana

Tujuan switching untuk memindahkan saldo reksadana dengan cepat

Bareksa.com - Dalam transaksi reksadana kita sudah mengenal transaksi pembelian (subscription) dan penjualan atau pencairan (redemption). Ada satu transaksi lagi yang merupakan kombinasi keduanya, yaitu pengalihan atau switching reksadana.

Switching reksadana adalah pengalihan saldo di satu produk reksadana ke produk reksadana lainnya. Biasanya, transaksi ini bisa dilakukan dalam produk-produk reksadana dengan kelas aset berbeda yang dikelola oleh satu manajer investasi.

Tujuan Switching

Promo Terbaru di Bareksa

Tujuan switching adalah untuk memindahkan saldo dengan cepat, tanpa harus menjual produk reksadana, menunggu dana cair ke rekening, dan membeli produk reksadana lainnya.

Produk reksadana yang dipindahkan biasanya berbeda kelas aset, misalnya dari reksadana saham ke reksadana pasar uang. Sehingga, investor bisa mengatur risiko dari yang tinggi ke rendah atau sebaliknya.

Keuntungan Switching

Keuntungan switching adalah proses transaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan menjual dan membeli lagi produk secara manual. Investor tidak perlu lagi menunggu dana cair dahulu ke rekening untuk kemudian membeli reksadana lagi.

Selain itu, untuk investor yang taktis ketika menghadapi kondisi pasar naik atau turun, switching memungkinkan investor mendapat keuntungan optimal tanpa harus kehilangan momen. Misalnya, pasar saham sedang naik, investor bisa switching reksadana pasar uang yang dimilikinya ke produk reksadana saham.

Saat kondisi pasar sedang turun, investor juga bisa melakukan switching produk dari reksadana saham ke reksadana pasar uang yang risikonya lebih rendah. Sehingga, hal ini bisa menahan kerugian investor tidak terlalu besar.

Fitur switching juga memungkinkan biaya yang lebih rendah daripada melakukan transaksi jual dan beli secara manual. Biasanya, manajer investasi hanya mengenakan sekali biaya untuk switching ini, tidak dua kali dari penjualan dan pembelian.

Kini, fitur switching reksadana sudah tersedia di aplikasi Bareksa. Ada promonya juga dengan hadiah cashback reksadana hingga Rp500 ribu.


***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.774,72

Up0,56%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,75%
Up17,40%
Up44,96%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,29

Up0,83%
Up4,01%
Up0,03%
Up5,83%
Up18,67%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,21

Up0,49%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,02%
Up29,53%
Up64,62%

I-Hajj Syariah Fund

4.820,35

Up0,52%
Up3,04%
Up0,02%
Up6,16%
Up21,87%
Up40,55%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,11

Up0,54%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,94%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua