BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Miliarder Jepang Ini Mau Wisata ke Bulan Tiga Tahun Lagi, Kalau Kamu?

Bareksa14 Januari 2020
Tags:
Miliarder Jepang Ini Mau Wisata ke Bulan Tiga Tahun Lagi, Kalau Kamu?
Yusaku Maezawa bermimpi pergi ke bulan. (twitter.com)

Yusaku Maezawa memiliki aset mencapai hampir US$3 miliar

Bareksa.com - Sebagian besar orang hanya bisa bermimpi untuk pergi ke bulan. Akan tetapi, pria ini sudah membeli tiket penerbangan wisata pertama ke bulan yang akan berangkat pada 2023.

Yusaku Maezawa adalah pengusaha fesyen asal Jepang berusia 44 tahun. Pada September 2018, dia memesan perjalanan komersial pertama ke bulan yang diselenggarakan oleh SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk.

Yang menarik dari rencana perjalanan Maezawa adalah, dalam pesawat luar angkasa tersebut, dia bisa membawa hingga 10 orang dan sebagian besarnya adalah seniman. Di samping itu, dia ingin mengajak perempuan 'istimewa' yang akan dia jadikan pasangan hidupnya, tetapi masih dia cari dengan sayembara menggunakan aplikasi pencari jodoh.

Promo Terbaru di Bareksa

"Saya ingin menemukan 'pasangan hidup'. Dengan pasangan hidup ini, saya ingin mendeklarasikan cinta kami dan perdamaian dunia di luar angkasa," ujar Maezawa seperti dikutip bbc.com.

Pengusaha yang belum lama ini berpisah dari kekasihnya, aktris Jepang Ayame Goriki, 27, mendorong para perempuan untuk berpartisipasi pada acara perjodohan dan mendaftar melalui laman miliknya.

Laman tersebut menjelaskan persyaratan dan jadwal terkait proses aplikasi yang akan berlangsung sampai tiga bulan. Pengumuman yang ditulis dengan gaya ala profil untuk aplikasi kencan itu menyebutkan beberapa syarat seperti harus lajang dan berusia di atas 20 tahun.

Pendiri merek fesyen Zozo Inc ini mengumpulkan pundi-pundi uang dari bisnis fesyen. Ia diyakini memiliki aset mencapai hampir US$3 miliar (sekitar Rp41 triliun) yang banyak ia habiskan untuk barang-barang seni.

Berkaitan dengan harga perjalanan ke bulan yang disepakati Maezawa, dia tidak mengungkapkan ke publik. Akan tetapi, Elon Musk sang pemilik SpaceX mengatakan harganya "mahal sekali".

Wujudkan Mimpi

Maezawa memiliki mimpi untuk pergi ke bulan dengan pasangan hidupnya dan dia sedang berupaya untuk mewujudkannya. Kita semua tentu juga memiliki mimpi, dan bisa dicapai kalau kita berupaya.

Dalam tiga tahun lagi, apa yang ingin kamu raih? Mungkin ada yang ingin pergi liburan ke luar negeri, atau melanjutkan pendidikan tinggi, membuat pesta pernikahan, menyiapkan biaya sekolah anak, membuka usaha atau membayar uang muka rumah.

Semua itu bisa saja terwujud bila kita berupaya dengan mengumpulkan uang. Agar lebih mudah, caranya tidak dengan menabung biasa di celengan atau di bank, melainkan dengan berinvestasi.

Salah satu investasi yang bisa dipilih adalah reksadana. Reksadana adalah kumpulan dana masyarakat pemodal (investor) yang dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukkan ke dalam aset-aset keuangan seperti saham, obligasi, dan pasar uang. Reksadana cocok untuk pemula dan merupakan investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Berbicara mengenai imbal hasil, reksadana memiliki potensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan atau deposito. Contohnya reksadana pendapatan tetap, yang sebagian besar asetnya adalah obligasi atau instrumen surat utang.

Di marketplace investasi Bareksa, top 5 reksadana pendapatan tetap bisa memberikan imbal hasil (return) 25 persen hingga 28 persen dalam tiga tahun terakhir per 13 Januari 2019. Rata-rata return lima reksadana itu adalah 27,59 persen dalam tiga tahun, atau sekitar 9,20 persen per tahun.

Tabel Top 5 Reksadana Pendapatan Tetap Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Asumsi return ini bisa kita gunakan untuk menghitung potensi keuntungan di reksadana. Misalkan kita mau memulai investasi sebesar Rp1 juta saat ini. Kemudian, tiap bulan kita ingin menyisihkan Rp1 juta untuk membeli (top up) reksadana.

Dalam jangka waktu tiga tahun atau 36 bulan, uang pokok yang bisa kita kumpulkan sebesar Rp37 juta. Namun, dengan asumsi return yang diharapkan sebesar 9,2 persen per tahun, kita bisa mengumpulkan Rp42,58 juta pada Januari 2023.

Grafik Hasil Kalkulator Perencanaan Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Nah, dengan uang sebanyak itu, meskipun belum bisa membeli tiket wisata ke bulan, kamu bisa mewujudkan apapun rencana kamu di masa depan. Bisa saja kamu liburan ke luar negeri, melanjutkan pendidikan tinggi, membuat pesta pernikahan, menyiapkan biaya sekolah anak, membuka usaha atau membayar uang muka rumah.

Apapun rencana keuangan kamu, mulai dengan berinvestasi reksadana.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua