BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Begini Hasilnya Jika Uang Seharga Samsung Galaxy Fold Diinvestasikan Reksadana

Bareksa13 Desember 2019
Tags:
Begini Hasilnya Jika Uang Seharga Samsung Galaxy Fold Diinvestasikan Reksadana
Ilustrasi Samsung Fold. (AquaSketches/Shutterstock.com)

Smartphone termahal Samsung di Indonesia ini dibandrol dengan harga Rp30.888.000

Bareksa.com - Samsung hari ini membuka sesi penawaran (pre order) smartphone teranyar sekaligus layar lipat pertamanya di Indonesia, Galaxy Fold. Demikian disebutkan akun resmi Instagram Samsung Indonesia.

Samsung Indonesia menyebutkan Galaxy Fold bisa dipesan hari ini mulai pukul 09.00 WIB di situs www.GalaxyLaunchPack.com. Nah menurut pantuan Tekno Liputan 6 dan juga ramainya pembicaraan di laman Twitter, Galaxy Fold ludes terjual hanya dalam tempo 31 menit sejak masa penawaran dibuka.

Smartphone termahal Samsung di Indonesia ini dibanderol dengan harga Rp30.888.000 per unit, dan memiliki dua pilihan warna yakni silver space dan cosmos black. Galaxy Fold dibekali enam kamera dengan tiga kamera belakang, dua kamera di dalam, dan satu kamera ada di layar depan.

Promo Terbaru di Bareksa

Menariknya, Galaxy Fold memiliki layar fleksibel dari material polymide 7,3 inci saat dibentangkan. Sedangkan pada bagian cover display memiliki ukuran 4,6 inci.

Illustration
Sumber: Instagram @samsung_id

Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN, Taufiq Furqan saat memperkenalkan Galaxy Fold mengatakan ukuran layar semakin bertambah seiring dengan kebutuhan atau kegiatan pengguna.

"Kalau tablet kan layarnya besar dan harus disimpan di tas, bukan saku. Oleh karenanya, Galaxy Fold lebih fleksibel karena bisa dikantongi," katanya.

Galaxy Fold dilengkapi dua baterai yang kapasitasnya 4.380mAh. Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 855, RAM 12GB, dan memori internal 512GB serta tidak dilengkapi slot microSD.

Perangkat ini bisa tahan hingga 5 tahun penggunaan, dengan asumsi layar bisa dibuka 100 kali dalam sehari dan total pengujian layar buka tutup hingga 200 ribu kali.

Simulasi Reksadana

Tertarik ingin membeli Samsung Galaxy Fold? Selain bisa mengikuti tahap pembelian selanjutnya, yang jelas kamu mesti menyiapkan uang terlebih dahulu. Sisihkan uang dari gaji bulananmu ke dalam tabungan dan atau ke dalam produk investasi.

Sementara jika sebaliknya, yakni jika kamu saat ini sudah memiliki uang Rp30.888.000 atau seharga Samsung Galaxy Fold, dan kamu ingin mengetahui bagaimana hasilnya jika uangmu itu diinvestasikan ke dalam instrumen reksadana campuran selama 5 tahun. Berikut hasil simulasinya :

Top 5 Reksadana Campuran Return Tertinggi 5 Tahun (per 12 Desember 2019)

Illustration
Sumber : Bareksa

Lamanya waktu investasi dimaksud, merupakan estimasi umur Samsung Galaxy Fold yakni selama 5 tahun. Di sisi lain sebagai gambaran, kinerja reksadana campuran dalam 5 tahun terakhir menunjukkan hasil cukup memuaskan.

Berdasarkan data reksadana campuran yang dijual di Bareksa, 5 produk reksadana campuran dengan return tertinggi jika dirata-ratakan memberikan keuntungan 50,16 persen dalam 5 tahun terakhir atau 10,03 persen per tahun.

Jika kita asumsikan return tersebut untuk investasi reksadana campuran dari uang yang kami miliki Rp30.888.000, maka hasilnya akan tampak sebagai berikut :

Illustration
Sumber : Bareksa

Dengan menggunakan Kalkulator Investasi Bareksa, maka uangmu yang diinvestasikan di reksadana campuran selama 5 tahun, nilainya berpotensi naik menjadi Rp50.400.299 atau berpotensi tumbuh Rp19.512.299.

Nilai potensi imbal hasil tersebut, jauh lebih optimal dibandingkan investasi di deposito atau menabung biasa di bank. Bahkan, imbal hasil reksadana tidak dipotong pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Adapun imbal hasil atau bunga deposito harus dipotong pajak 20 persen.

Perlu diketahui, reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Perlu disampaikan, pembuatan simulasi di atas untuk memudahkan pemberian contoh bahwa investasi dalam bentuk reksadana, bisa dijadikan salah satu pilihan jika Anda sedang mempertimbangkan bentuk-bentuk investasi yang akan dipilih. Terlebih, jika Anda merupakan investor pemula.

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,45

Up0,45%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,73%
-

Capital Fixed Income Fund

1.791,76

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,93%
Up17,16%
Up40,94%

I-Hajj Syariah Fund

4.868,6

Up0,57%
Up3,19%
Up0,03%
Up6,14%
Up22,00%
Up40,67%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,19

Up0,51%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.146,62

Up0,30%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,28%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua