BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Gaji Dirut PLN Rp350 Juta, Ini Hasilnya Jika Investasi 10 Persennya di Reksadana

Bareksa26 November 2019
Tags:
Gaji Dirut PLN Rp350 Juta, Ini Hasilnya Jika Investasi 10 Persennya di Reksadana
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (tengah) memberikan penjelasan saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/1). Rapat kerja tersebut membahas evaluasi kinerja dan penyerapan anggaran tahun 2017 serta penyampaian rencana program kerja Kemenkominfo tahun 2018. (ANTARA FOTO/Hafidz M)

Saat ini, reksadana campuran dengan return tertinggi adalah Shinhan Balance Fund

Bareksa.com – Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarkan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN). "Mudah-mudahan segera dilantik," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/11/2019) dilansir Kompas.com.

Menurut Pramono, sidang tim penilai akhir (TPA) yang salah satunya menentukan pos Rudiantara sudah selesai digelar. Sidang TPA itu dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi selaku ketua, Pramono selaku sekretaris, Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah menteri terkait lainnya.

Kini, Rudiantara tinggal menunggu dilantik oleh Menteri BUMN Erick Thohir. "(Sidang TPA) sudah selesai. Bolanya di Menteri BUMN," kata dia.

Promo Terbaru di Bareksa

Rudiantara adalah Menteri Komunikasi dan Informatika pada era Presiden Jokowi-Jusuf Kalla. Namun, pada era Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin, Jokowi memercayakan pos Menkominfo kepada politisi Nasdem Johnny G Plate.

Jika akhirnya Rudiantara menjabat sebagai Dirut PLN, maka eks Menkominfo ini setidaknya akan mengantongi gaji Rp350 juta. Angka itu mengacu pada laporan tahunan PLN 2018.

Lalu, bagaimana jika perkiraan gaji Rudiantara di PLN nanti sebesar 10 persennya dialokasikan untuk investasi reksadana, khususnya reksadana jenis campuran.

Top 5 Return Reksadana Campuran 3-5 Tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Sebesar 10 persen gaji Rudiantara di PLN kita perkirakan mencapai Rp35.000.000. Dari jumlah itu, seluruhnya ditempatkan di Shinhan Balance Fund yang merupakan reksadana campuran dengan return tertinggi dalam 3-5 tahun.

Kita asumsikan, rata-rata return tahunan Shinhan Balance Fund berkisar 17,53 persen. Dengan perkiraan return sebesar itu, berapa nilai keuntungan yang bisa Rudiantara dapatkan?

Illustration

Dengan menggunakan kalkulator investasi Bareksa, kita bisa menentukan jangka waktu berinvestasi dan harapan return yang didapatkan. Dari contoh 10 persen gaji Rudiantara di PLN, maka hasil yang didapatkan selama 3 tahun mencapai Rp57,26 juta.

Illustration

Dari grafik di atas kita bisa lihat bagaimana pertumbuhan 10 persen gaji Rudiantara jika disimpan di reksadana campuran. Dari semula Rp35 juta menjadi Rp57,26 juta, artinya investasi Rudiantara bertumbuh Rp22,26 juta.

Namun perlu kita ketahui, investasi tidak bebas risiko. Seperti dalam contoh di atas, investasi dengan return yang diharapkan 17,53 persen per tahun punya risiko tinggi. Artinya, kita harus siap menerima penurunan harga atau nilai aktiva bersih (NAB) reksadana yang kita miliki.

Sebagai informasi, reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Selain itu, reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Sementara dengan melakukan investasi di reksadana campuran, artinya risiko investasi kita akan tersebar. Saat satu porsi instrumen aset menghasilkan kerugian, porsi instrumen aset lain bisa saja memberikan keuntungan yang besar. Hal itu juga berarti pemasukan dari jenis investasi ini tidak tetap, bergantung pada porsi instrumen yang dipilih manajer investasi.

Reksadana campuran merupakan pilihan cocok bagi Anda yang memiliki profil risiko moderat hingga tinggi, karena bisa memberikan imbal hasil yang cukup menarik dalam jangka pendek hingga menengah dengan risiko sedang. Untuk kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,12

Up0,72%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,88%
Up17,24%
Up44,71%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.321,26

Up0,51%
Up3,95%
Up0,03%
Up5,58%
Up18,43%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.751,83

Down- 0,75%
Up2,71%
Up0,01%
Up3,86%
Up18,34%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.042,5

Up0,37%
Up2,44%
Up0,02%
Up2,86%
Down- 1,92%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.036,9

Up0,66%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua