BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Apakah Anda Sudah Menggunakan Smartphone dengan Cerdas? Buktikan di Sini

Bareksa18 Oktober 2018
Tags:
Apakah Anda Sudah Menggunakan Smartphone dengan Cerdas? Buktikan di Sini
Ilustrasi membuka aplikasi Bareksa di telepon genggam. (Bareksa/Hanum)

Ponsel pintar bisa digunakan tidak hanya untuk transaksi belanja, tetapi juga untuk berinvestasi reksadana

Bareksa.com – Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, kini penggunaan ponsel pintar alias smartphone menjadi penting bagi masyarakat. Meski mayoritas penggunaan peranti ini masih didominasi kaum muda, tidak jarang pula generasi tua sekarang sudah cukup akrab dengan piranti canggih ini.

Dengan adanya kecanggihan teknologi, masyarakat saat ini secara mudah dapat melakukan transaksi online tanpa uang tunai atau cashless hanya dengan smartphone. Bahkan, kini kegiatan menabung atau berinvestasi pada aset keuangan seperti reksadana pun dapat dilakukan melalui ponsel pintar ini.

Contohnya menabung reksadana di aplikasi Bareksa, yang sudah dapat diunduh pada Play Store,dan App Store. Bahkan kini, Bareksa telah menggandeng Doku, Bukalapak.Tokopedia dan Finansialku agar memudahkan masyarakat dalam menabung di reksadana.

Promo Terbaru di Bareksa

Kemudahan teknologi bisa dirasakan ketika membeli reksadana pasar uang Cipta Dana Cash, CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang dan Syailendra Dana Kas. Ketiga produk reksadana pasar uang ini memiliki keunggulan dalam hal bertransaksi dengan menggunakan teknologi digital seperti dompet online.

Reksadana pasar uang ialah produk keuangan berbentuk kumpulan aset (portofolio) yang terdiri dari deposito dan surat utang jangka pendek kurang dari setahun dan dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Ketiga aset portofolio reksadana ini memiliki risiko dan fluktuasi pasar keuangan.

Cipta Dana Cash yang merupakan reksadana pasar uang yang dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management, dapat dibeli hanya dengan minimal dana Rp100.000 yang tersimpan di e-wallet Doku. Dengan ini, kegiatan menabung pada aset keuangan dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi mereka yang tidak memiliki rekening tabungan di bank.

Dalam hal ini, transfer dana atau top up untuk mengisi saldo serta pencairan dana di e-wallet Doku bisa dilakukan melalui minimarket terdekat. Untuk informasi selengkapnya dapat klik tautan berikut.

Ada lagi produk serupa tapi tak sama cara pembeliannya. CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang yang dikelola oleh PT CIMB-Principal Asset Management, dapat dibeli melalui situs e-commerce Bukalapak. Menggunakan fasilitas Bukadompet (dompet online Bukalapak) yang tersedia pada menu akun Bukalapak, kita dapat membeli reksadana pasar uang ini dengan dana minimum hanya Rp10.000.

Sama halnya dengan e-wallet Doku, pengisian saldo Bukadompet ini bisa dilakukan melalui minimarket atau transfer bank. Kemudian, pencairan dana dari hasil berinvestasi reksadana CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang ini akan ditransfer langsung ke rekening investor. Sehingga, dalam hal ini investor wajib memiliki rekening tabungan atas nama pribadi. (Baca juga: Mudahnya Bertransaksi Reksa Dana di BukaReksa, Begini Caranya)

Sementara itu, cara membeli reksadana Syailendra Dana Kas yang dikelola PT Syailendra Capital juga mendapat kemudahan sebagai reksadana yang tersedia di Tokopedia, salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia yang menyediakan platform jual-beli barang secara online yang menghubungkan penjual ke pembeli.

Selain dengan cara transfer dana melalui rekening, metode pembayaran pada situs ini dapat dilakukan dengan fasilitas TokoCash, dengan minimum pembelian hanya Rp10.000.

Dalam kemudahan bertransaksi, tentu saja ketiga reksadana ini aman sebagai produk keuangan yang diawasi dan diatur langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, potensi keuntungan dari reksadana relatif lebih tinggi dari bunga tabungan perbankan.

Lihat saja performanya dalam satu tahun terakhir kinerja terakhir ini. Ketiga reksadana ini tercatat masing-masing telah menghasilkan return 3,6-5,7 persen. Nilai ini tanpa dipotong biaya admin bulanan atau pun pajak 20 persen per tahun. Lain halnya pada bunga tabungan yang saat ini sekitar 0,7 persen per tahun dan belum termasuk dipotong biaya admin bulanan dan pajak .

Grafik: Perbandingkan Return Cipta Dana Cash, CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang dan Syailendra Dana Kas dengan Benchmark, dalam Satu TahunTerakhir

Illustration

Illustration

Sumber: Bareksa.com dan Bukareksa

Itulah tiga produk keuangan yang dapat menjadi alternatif pilihan kita dalam menabung atau mulai berinvestasi kecil-kecilan di aset keuangan melalui teknologi digital yang tersedia dalam smartphone masa kini.

Jadi, yuk gunakan smartphone secara cerdas dengan mulai berinvestasi di reksadana seperti ini. (hm)

**

Ingin berinvestasi reksadana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua