BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Apa Saja Keuntungan Beli Reksadana Lewat DOKU? Ini Ulasannya

Bareksa05 September 2018
Tags:
Apa Saja Keuntungan Beli Reksadana Lewat DOKU? Ini Ulasannya
Ilustrasi investor reksadana saham obligasi

Ada beberapa produk Reksadana yang dapat dibeli lewat DOKU

Bareksa.com - Apa yang dapat kita lakukan agar uang yang kita miliki bisa bertumbuh di masa depan? Jawabannya bukan hanya menabung, tetapi juga berinvestasi.

Investasi adalah menanamkan modal kita ke instrumen atau produk investasi dengan harapan imbal hasil atau keuntungan di masa depan. Salah satu produk investasi adalah reksadana pasar uang.

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang menempatkan dananya pada berbagai instrumen pasar uang (yaitu instrumen yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun). Selain itu, reksadana jenis ini adalah jenis reksadana yang memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Saat ini, berinvestasi di reksadana pasar uang sudah dapat dilakukan dengan mudah. Kita tidak perlu pergi ke mana-mana lagi asal ada ponsel berbasis Android dan koneksi internet. Lalu, kita unduh aplikasi DOKU di dalam ponsel kita.

DOKU adalah sebuah dompet virtual yang dilengkapi dengan fitur kartu kredit dan cash wallet yang dapat digunakan untuk berbelanja online di merchant yang tergabung dengan DOKU, termasuk pembelian reksadana.

Melalui menu Investasi pada DOKU, kita dapat membeli reksadana pasar uang. Produk investasi ini mampu menghasilkan keuntungan return yang cukup menarik tanpa dikenakan pajak ataupun biaya administrasi.

Hingga saat ini reksadana pasar uang yang tersedia di DOKU adalah Bahana Likuid Syariah (kelolaan PT Bahana TCW Investment Management) dan Cipta Dana Cash (kelolaan PT Ciptadana Asset Management).

Keuntungan Berinvestasi Melalui DOKU

1. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Selama kita terkoneksi dengan internet, kita bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

2. Modal terjangkau
Untuk mulai berinvestasi, kita hanya perlu modal yang sangat terjangkau, yakni cukup Rp100.000.

3. Tanpa biaya administrasi
Transaksi pembelian dan penjualan reksadana melalui DOKU yang bekerja sama dengan Bareksa tidak dikenakan biaya sama sekali, alias gratis.

4. Imbal hasil (return) lebih tinggi daripada deposito
Dengan berinvestasi di produk reksadana pasar uang, modal kita bisa bertumbuh lebih tinggi dibandingkan bila kita simpan saja di rekening tabungan atau deposito

Saat ini tersedia dua produk reksadana pasar uang di aplikasi DOKU, yakni Cipta Dana Cash dan Bahana Likuid Syariah.

Berdasarkan data historis, kedua reksadana ini memberikan keuntungan sekitar 6 persen dalam setahun terakhir.

Grafik: Return Reksadana dan Indeks Acuan

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Keuntungan tersebut lebih tinggi bila dibandingkan dengan indeks acuan, yakni indeks reksadana pasar uang yang hanya 4,15 persen. Bahkan, lebih tinggi juga bila dibandingkan dengan deposito bank, kita ambil contoh Bank BCA, yang hanya 4,25 persen setahun.

5. Tidak kena pajak
Produk investasi ini sudah tidak dikenakan pajak. Pasalnya, nilai aktiva bersih dari reksadana sudah mencakup perhitungan pajak sehingga keuntungan investasi yang kita terima sudah bersih. Hal ini berbeda dengan menabung di bank dan deposito yang terkena pajak bunga 20 persen.

Dengan banyaknya keuntungan dan kemudahan tersebut, tentunya kita punya alasan yang lebih untuk berinvestasi melalui aplikasi DOKU. Ayo berinvestasi sekarang.

(AM)

***

Belum punya akun DOKU?
- Cara buka akun DOKU, klik tautan ini
- Daftar reksadana Bareksa di DOKU, klik tautan ini
- Beli reksadana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,1

Up0,19%
Up3,37%
Up0,02%
Up5,62%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,56

Up0,58%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,89%
Up17,19%
Up44,49%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,49

Down- 0,88%
Up2,77%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,26%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,44

Down- 0,02%
Up2,04%
Up0,02%
Up2,98%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,35

Up0,51%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua