BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

MNC Asset Management Rilis Reksadana ETF MNC36 Likuid, Ini Penjelasannya

Bareksa29 Agustus 2018
Tags:
MNC Asset Management Rilis Reksadana ETF MNC36 Likuid, Ini Penjelasannya
Booth MNC Asset Management di Pekan Reksa Dana, Bursa Efek Indonesia, Jumat 29 Januari 2016. (Bareksa/Alfin Tofler)

Reksadana ETF MNC36 Likuid diperuntukkan khusus bagi investor yang ingin mengutamakan fleksibilitas dalam bertransaksi

Bareksa.com – Menjawab besarnya minat investor institusi terhadap reksadana indeks, maka untuk pertama kalinya MNC Asset Management meluncurkan produk terbarunya reksadana ETF MNC36 Likuid.

Direktur Utama MNC Asset Management, Frery Kojongian, mengungkapkan reksadana ETF MNC36 Likuid ini diperuntukkan khusus bagi investor yang ingin mengutamakan fleksibilitas dalam bertransaksi di bursa dengan cepat dan harga yang transparan.

“Sehingga, berpotensi mendapatkan gain yang lebih optimal jika dibandingkan dengan reksadana konvensional,” kata Frery di Jakarta, Rabu, 29 Agustus 2018.

Promo Terbaru di Bareksa

Frery berharap, adanya produk reksadana ETF MNC36 Likuid bisa menjadi solusi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi di pasar modal.

Apalagi, kata Frery, ETF ini sifatnya terbuka bagi siapa saja, dan tentunya MNC Asset Management optimistis karena pangsa pasar Indonesia masih sangat besar.

Reksadana ETF MNC36 Likuid adalah reksadana yang dapat dibeli investor di pasar primer maupun sekunder secara realtime atau dapat ditransaksikan di bursa seperti layaknya saham dengan acuan indeks MNC36.

Daftar Saham Indeks MNC36 Periode Mei – Oktober 2018

Illustration

Sumber: Keterangan MNC Asset Management

Sebagai infromasi, secara umum produk investasi ETF ini hampir mirip dengan jenis reksadana saham. Namun transaksinya, ETF dapat dilakukan melalui bursa seperti investasi saham baik melalui primary market yaitu melalui dealer participant atau secondary market.

Sementara reksadana saham konvensional, transaksinya melalui perusahaan manajer investasi dan agen penjual reksadana.

Dibandingkan dengan reksadana saham konvensional, ETF memiliki beberapa keunggulan yang dapat menjadi salah satu pilihan alternatif dalam berinvestasi pada reksadana.

Berikut adalah beberapa keunggulannya :

1. ETF dikelola secara transparan

Perbedaan ETF dengan reksadana saham konvensional dalam pengelolaan adalah investor dapat mengetahui seluruh aset yang ada di dalam ETF dan besarnya alokasi aset tersebut.

Sehingga investor dapat lebih leluasa dalam memantau saham-saham yang menjadi alokasi dari ETF dan resiko yang mungkin terjadi pada ETF yang mereka investasikan.

2. ETF memiliki fleksibilitas dan diperdagangkan secara terus menerus di bursa

Dalam hal ini, membeli atau menjual ETF dapat dilakukan lebih cepat tanpa harus menunggu nilai aktiva bersih (NAB) pada sore hari seperti reksadana konvensional karena harga yang didapat bisa langsung dibentuk pada saat melakukan transaksi.

Ini memungkinkan investor yang memiliki ETF juga berpotensi akan mendapatkan gain lebih tinggi daripada reksadana konvensional yang mendapatkan harga pada sore hari.

Misalnya saja pada perdagangan sesi pagi terdapat selisih harga (gap opening), investor bisa melakukan pembelian ETF agar bisa dapat harga yang lebih murah dibandingkan harus menunggu nanti sore yang justru bisa lebih mahal karena pasar mulai bergerak naik.

Kemudian apabila membeli reksadana saham konvesional, membeli pada sesi pagi pun harga yang didapat sesuai dengan penutupan sore harinya.

3. Biaya Transaksi ETF lebih terjangkau

ETF dikelola secara pasif, artinya Manajer Investasi sudah mempunyai watchlist untuk menginvestasikan sebagian dananya, dalam hal ini indeks LQ45 dengan bobot yang sudah ditentukan.

Sedangkan dalam reksadana, Manajer Investasi berperan sangat besar dalam menentukan saham apa yang akan dipilih masuk dalam portfolionya.

(AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.770,88

Up0,60%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,21%
Up44,78%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,39

Up0,21%
Up3,42%
Up0,02%
Up5,59%
Up18,30%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,76

Down- 0,87%
Up2,76%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,27%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,68

Up0,01%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,07%
Down- 2,20%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,51

Up0,52%
Up3,55%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua