BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Pasar Saham Menyentuh Puncak, Cari Reksa Dana yang Konsisten

Bareksa12 Maret 2018
Tags:
Pasar Saham Menyentuh Puncak, Cari Reksa Dana yang Konsisten
Ilustrasi menghitung keuntungan investasi reksa dana, saham, obligasi. (123rf.com)

Return merupakan kinerja masa lampau yang tidak menentukan kinerja di masa mendatang

Bareksa.com - Sebagian besar investor awam hanya melihat keuntungan sebelum membeli reksadana. Padahal ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli reksadana.

Setahun terakhir (per 9 Maret 2018), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mendulang keuntungan hingga 18 persen. Mengiringi kinerja bursa saham, indeks reksa dana saham dalam periode yang sama ikut naik 14 persen. Beberapa reksa dana yang tercantum dalam daftar reksa dana Bareksa bahkan mampu mencetak keuntungan (return) lebih dari 30 persen.

Return yang menggiurkan dalam satu tahun belakangan meningkatkan minat investor untuk mengoleksi reksa dana saham dalam portofolionya. Berdasarkan data Bareksa, jumlah unit penyertaan reksa dana bertambah 7 persen pada bulan Febuari 2018, tertinggi dalam lima bulan terakhir.

Promo Terbaru di Bareksa

Unit penyertaan adalah jumlah lembar unit yang diterbitkan reksadana. Jika jumlah unit penyertaan bertambah berarti penjualan reksadana meningkat.

Grafik: Pertumbuhan Unit Penyertaan Reksadana Saham per Bulan

Illustration
Sumber: OJK, diolah Bareksa

Satu hal yang perlu diingat dan selalu dipertimbangkan dalam berinvestasi adalah return merupakan kinerja masa lampau yang tidak menentukan kinerja di masa mendatang.

Namun, return akan sangat berguna untuk menilai track record manajer investasi dalam menghadapi berbagai tantangan dan fluktuasi yang terjadi di pasar keuangan. Hal tersebut tergambar dalam nilai konsistensi reksadana di bawah ini:

Tabel: 5 Reksa Dana Dengan Konsistensi Tertinggi

Illustration
sumber: Bareksa.com

Data di atas memaparkan lima reksadana yang paling konsisten dalam satu tahun terakhir. Ukuran konsisten yang digunakan dalam perhitungan di atas adalah seberapa sering reksadana mampu masuk dalam jajaran top performance, sementara reksadana yang masuk dalam jajaran top performace adalah reksadana yang menghasilkan return bulanan di atas rata-rata pesaingnya.

Lima reksa dana dengan konsistensi tertinggi merupakan produk pasar uang, hal ini wajar karena pergerakan harga produk pasar uang tidak mudah dipengaruhi oleh kondisi pasar yang berfluktuasi.

Sucorinvest Money Market Fund, Mega Asset Multicash, dan Cipta Dana Cash mendapatkan nilai konsistensi sebesar 100 persen, artinya tiga reksadana ini selalu mencetak return bulanan di atas rata-rata pesaingnya dalam waktu satu tahun terakhir.

Konsistensi mengukur return reksadana secara bulanan, sehingga bisa menilai seberapa kuat manajer investasi dalam mempertahankan kinerja bulanan dalam kondisi pasar yang berfluktuasi. Berbeda dengan return tahunan yang hanya membandingkan harga terkini dengan harga tahun sebelumnya, tanpa menimbang fluktuasi yang terjadi di antara periode penilaian tersebut. (hm)

***

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.746,07

Up0,58%
Up3,54%
Up0,01%
Up6,86%
Up16,79%
Up44,23%

STAR Stable Income Fund

1.896,9

Up0,50%
Up2,85%
Up0,01%
Up6,40%
Up28,80%
Up63,45%

I-Hajj Syariah Fund

4.748,85

Up0,54%
Up2,81%
Up0,01%
Up6,50%
Up22,19%
Up40,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.751,73

Up0,54%
Up1,89%
Up0,01%
Up5,45%
Up20,41%
Up50,53%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.032,98

Up0,62%
Up1,50%
Up0,01%
Up1,98%
Down- 3,87%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua