BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Investor Wajib Tahu: Berbagai Peluang Keuntungan dan Risiko Investasi Reksa Dana

Bareksa10 November 2017
Tags:
Investor Wajib Tahu: Berbagai Peluang Keuntungan dan Risiko Investasi Reksa Dana
Ilustrasi menghitung keuntungan investasi reksa dana. Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_zestmarina'>zestmarina / 123RF Stock Photo</a>

Melalui reksa dana, investor awam sekalipun dapat ikut merasakan manisnya keuntungan berinvestasi di pasar modal

Bareksa.com – Reksa dana adalah produk investasi yang dapat membantu kita ikut merasakan manisnya keuntungan dalam berinvestasi tanpa harus memiliki modal yang besar dan pengetahuan yang cukup dalam hal berinvestasi.

Sama seperti produk investasi lainnya, berinvestasi pada reksa dana juga memiliki potensi risiko yang sejalan dengan potensi keuntungannya. Semakin tinggi potensi keuntungannya, semakin tinggi juga risikonya (high risk high return). Demikian juga bila potensi keuntungannya rendah, risikonya pun rendah (low risk low return).

Risiko

Promo Terbaru di Bareksa

Ada sejumlah risiko dari investasi reksa dana. Namun, tidak perlu kuatir, risiko investasi ini dapat diminimalisir karena adanya penerapan diversifikasi pada reksa dana.

Contohnya, risiko berkurangnya nilai unit penyertaan. Risiko yang dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek saham, obligasi, atau surat berharga lainnya yang masuk dalam portofolio reksa dana ini dapat diminimalisir oleh manajer investasi (selaku pengelola) dengan prinsip diversifikasi yang diterapkan.

Adapun risiko likuiditas adalah risiko menyangkut kesulitan yang dihadapi manajer investasi jika sebagian besar investor reksa dana melakukan redemption (penjualan kembali) atas unit-unit yang dimiliki. Kondisi seperti ini dapat berpeluang membuat manajer investasi kesulitan dalam hal menyediakan uang tunai atas redemption tersebut.

Keuntungan

Meski demikian, investasi reksa dana mendatangkan berbagai peluang keuntungan. Investor reksa dana dapat melakukan diversifikasi investasi tanpa harus memiliki modal yang besar. Sebagai contoh, investor dengan dana terbatas dapat memiliki portofolio obligasi, yang tidak mungkin bisa dimiliki jika investor tersebut tidak mempunyai dana yang besar.

Di Marketplace Bareksa, sejumlah produk reksa dana bisa dibeli dengan modal hanya Rp100.000 saja. Bahkan, ada produk yang menyebutkan minimum pembelian Rp50.000 saja. Cek daftar produknya di sini.

Melalui reksa dana, akan terkumpul dana dalam jumlah yang besar sehingga manajer investasi dapat melakukan diversifikasi pada produk investasi di pasar modal maupun di pasar uang. Dengan kata lain investasi dilakukan pada berbagai produk investasi seperti saham, obligasi, deposito, sesuai dengan kebijakan dari masing-masing jenis reksa dana yang dikelola.

Melalui reksa dana pula investor awam sekalipun dapat ikut merasakan manisnya keuntungan berinvestasi di pasar modal. Seperti berinvestasi pada saham, dalam hal menentukan saham-saham apa yang baik untuk dikoleksi bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Hal tersebut memerlukan pengetahuan dan keahlian khusus di mana tidak semua investor memilikinya.

Dengan berinvestasi di reksa dana, investor pun tidak perlu repot-repot untuk memantau kinerja investasinya. Sebab, hal tersebut telah ditangani oleh manajer investasi profesional yang sudah berpengalaman dalam hal pengelolaan dana. (hm)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua