BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Mengenal Reksa Dana Saham BNP Paribas

Bareksa04 Oktober 2017
Tags:
Mengenal Reksa Dana Saham BNP Paribas
Logo BNP Paribas Investment Partners. (Sumber : perseroan)

Reksa dana ini cocok untuk investor dengan profil risiko agresif dengan tujuan investasi jangka panjang

Bareksa.com – Berbicara reksa dana, produk investasi yang satu ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berinvestasi dan mengharapkan imbal hasil menarik namun dengan risiko yang bervariasi sesuai jenisnya.

Hal ini dikarenakan produk reksa dana ini dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sehingga investor dengan pengetahuan investasi yang minim dapat merasakan manisnya keuntungan investasi sesuai dengan jenis reksa dana yang dipilih.

Salah satu jenis reksa dana yang memberikan imbal hasil cukup tinggi yaitu reksa dana saham. Reksa dana ini adalah jenis reksa dana dengan profil risiko paling agresif karena memiliki kebijakan berinvestasi pada saham minimal 80 persen dari total nilai aktiva bersihnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Dibandingkan dengan jenis instrumen lainnya, saham merupakan instrumen yang mampu memberikan potensi keuntungan paling tinggi namun begitu pula dengan tingkat risikonya. Pergerakan harga saham cenderung sangat fluktuatif, sehingga reksa dana saham cocok untuk investor dengan profil risiko agresif.

BNP Paribas Pesona

Salah satu reksa dana saham dengan track record terpanjang dan paling konsisten di Indonesia adalah reksa dana BNP Paribas Pesona. Reksa dana saham kelolaan PT. BNP Paribas Investment Partners ini memiliki fokus alokasi pada saham-saham berkapitalisasi besar. Saham-saham berkapitalisasi besar ini biasanya akan diuntungkan pada kondisi ketika ada aliran dana asing yang masuk ke pasar saham.

Reksa dana BNP Paribas Pesona yang telah diluncurkan sejak 1997 ini, berinvestasi pada saham pilihan dari berbagai sektor di pasar saham. Hal itu membuat BNP Paribas Pesona menjadi reksa dana saham yang tactical sekaligus defensive sehingga bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada di pasar.

Saat ini, BNP Paribas Pesona memiliki dana kelolaan sebesar Rp 1,37 trilliun. Sepanjang 2017, reksa dana ini berhasil mencatatkan kinerja yang cukup baik dengan perolehan return 8,61 persen (per 31 Agustus 2017).

Bahkan return reksa dana ini mampu mengalahkan return indeks reksa dana saham yang tercatat sebesar 4,31 persen secara year to date (per 31 Agustus 2017).

Illustration

Sumber : Bareksa.com

BNP Paribas Pesona Syariah

Tak kalah menarik pada kinerja reksa dana saham syariah yang satu ini. BNP Paribas Pesona Syariah merupakan salah satu reksa dana saham syariah terbesar di Indonesia.

Reksa dana yang juga kelolaan PT BNP Paribas Investment Partners ini memiliki kinerja yang konsisten dan berinvestasi pada saham-saham berkapitaliasisasi besar yang sesuai dengan prinsip syariah. Adapun seluruh instrumen investasi dalam portofolio reksa dana akan mengacu pada Daftar Efek Syariah (DES).

Saat ini, reksa dana BNP Paribas Pesona Syariah memiliki dana kelolaan Rp 834 miliar. Sepanjang 2017, reksa dana ini berhasil mencatatkan kinerja cukup baik dengan perolehan return 6,97 persen atau 8,8 kali lipat dari indeks reksa dana saham syariah yang hanya sebesar 0,79 persen (per 31 Agustus 2017).

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Kedua reksa dana saham BNP Paribas tersebut dapat menjadi produk pilihan investasi yang sesuai bagi investor dengan profil risiko agresif dan jangka waktu investasi yang panjang.

Selain reksa dana saham, terdapat beragam jenis reksa dana lainnya dengan tingkat risiko investasi yang berbeda-beda. Anda pun dapat memilih berinvestasi pada jenis reksa dana yang sesuai dengan tingkat toleransi risiko yang Anda miliki (profil risiko).

Fakta dan Mitos Soal Reksa Dana

Illustration

Figure 1. Mitos vs Fakta Reksa Dana

Ketika Anda ingin membeli reksa dana, Anda akan diharuskan untuk mengisi kuesioner profil risiko. Hasil dari kuesioner tersebut merupakan panduan bagi investor dalam menentukan apakah profil risiko investor tersebut sangat konservatif, konservatif, moderat atau agresif.

Pada dasarnya semakin agresif seseorang, maka semakin agresif pula pilihan reksa dananya. Namun yang harus selalu diingat adalah konsep dasar dalam berinvestasi, yakni high risk high return; low risk low return!

Untuk mengetahui secara singkat mengenai profil risiko Anda, silahkan klik tautan berikut.

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua