BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Ramai Akad Nikah Raisa, Siapkan Pesta Pernikahanmu dengan Menabung di Reksa Dana

Bareksa05 September 2017
Tags:
Ramai Akad Nikah Raisa, Siapkan Pesta Pernikahanmu dengan Menabung di Reksa Dana
Pesta pernikahan penyanyi Raisa Andriana dan aktor Hamish Daud Wyllie, di grand ballroom Ayana Midplaza Jakarta, Ahad, 3 September 2017. (Sumber : www.bridestory.com)

Resepsi pernikahan bisa disiapkan sendiri atau menggunakan jasa wedding organizer

Bareksa.com – Akhir pekan lalu, masyarakat Indonesia ramai memperbincangkan perihal akad dan pesta pernikahan penyanyi Raisa dan aktor Hamish Daud. Dua pesohor yang digandrungi banyak penggemar itu mengakhiri masa lajangnya dengan menggelar resepsi pernikahan di Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Ahad, 3 September 2017.

Dikutip dari www.bridestory.com, Raisa Andriana dan Hamish Daud Wyllie kembali menggelar resepsi pernikahan mereka pada malam harinya. Jika saat akad nikah dan resepsi Ahad siang mereka mengenakan busana pengantin tradisional khas Sunda, maka pada resepsi malam harinya Raisa mengenakan gaun pengantin dari ELIE SAAB Bridal by The Proposal dan Hamish menggunakan setelan jas Hugo Boss. Pesta pernikahan mereka mewah dan elegan.

Media massa nasional dan netizen ramai membahas acara pernikahan dua ikon anak muda tersebut. Paket pernikahan mewah itu disebut-sebut menghabiskan dana ratusan juta rupiah. Angka yang wajar bagi dua orang public figur ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Bagaimana dengan pernikahan Anda? Tentu bagi masyarakat biasa tidak perlu bermewah-mewah untuk menyelenggarakan acara resepsi pernikahan. Meski begitu, Anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari, agar acara pernikahan yang diharapkan berlangsung sekali seumur hidup itu bisa memberi kesan mendalam.

Sebab pernikahan menjadi sebuah impian yang diidam-idamkan oleh semua orang. Kaum hawa umumnya mendambakan suatu pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginannya. Karena menikah merupakan suatu proses yang sakral, sehingga banyak pasangan pengantin yang berpikir matang-matang mengenai konsep pernikahannya. (Baca juga : Strategi Menyiapkan Uang Muka KPR dengan Menabung di Reksa Dana, Begini Caranya)

Bisa Disiapkan Sendiri atau Menggunakan Jasa WO

Beberapa pasangan memilih untuk mengatur sendiri segala detail acara pernikahan mereka, tentu dengan konsekuensi harus rela mengorbakan waktu, biaya, hingga tenaga ekstra untuk mengurus keperluan gedung, katering, perias, dan sebagainya. Namun ada pula pasangan yang tidak mau ambil pusing dan mempercayakan prosesi pernikahan mereka kepada orang-orang yang berpengalaman seperti wedding organizer (WO).

Penyedia jasa WO saat ini sudah cukup banyak sehingga memudahkan untuk menentukan mana yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan kita. Layanan yang diberikan oleh WO ini antara lain telah mencakup dekorasi panggung, tim pelaksana acara, MC, rias pengantin, katering, baju pengantin, undangan, souvenir, dokumentasi, hingga gedung.

Sebagai contoh salah satu WO di Jakarta yaitu Sanggar Hana, yang menerapkan biaya sebuah paket pernikahan di gedung untuk 1000 orang tamu mencapai Rp 88 juta. Angka itu, tentu tidak sedikit jika Anda tidak mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Maka itu, Anda harus berkomitmen pada diri Anda sendiri untuk dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung.

Adakah solusi yang tepat untuk membantu anda dalam menyiapkan biaya resepsi pernikahan? Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank, saudara, orang tua atau teman. Namun solusi ini tidak diperlukan jika Anda bisa menyiapkan biayanya sendiri jauh-jauh hari. Anda juga bisa menabung biasa di bank. Namun imbal hasil atau keuntungan menabung di bank kecil, hanya sekitar 2 persen per tahun dan itupun masih dipotong pajak. (Lihat juga : Hanya Menabung Rp 11 Ribu per Hari Bisa Berkurban Saat Idul Adha? Begini Caranya)

Ada solusi lain dalam menyiapkan biaya resepsi pernikahan yakni dengan berinvestasi. Mencoba investasi di saham, namun minim pengetahuan dan takut risiko. Maka cobalah reksa dana, produk investasi yang bisa memberikan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan menabung di bank atau deposito, namun risikonya lebih rendah dibandingkan saham.

Simulasi Menyiapkan Tabungan Reksa Dana

Illustration
Sumber : Bareksa.com

Misalkan Anda mampu untuk menyisihkan paling tidak Rp 900 ribu per bulan secara konsisten selama kurun waktu 5 tahun untuk diinvestasikan ke reksa dana saham Sucorinvest Equity Fund yang dikelola oleh PT Sucorinvest Asset Management. Maka hasilnya akan tampak seperti tabel berikut;

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat bahwa uang yang berhasil Anda kumpulkan selama 5 tahun sebesar Rp 54,9 juta. Angka itu masih ditambah imbal hasil investasi Anda sekitar Rp 34,7 juta, atau tabungan anda telah bertumbuh 63 persen. Maka total uang yang berhasil Anda dapatkan mencapai Rp 89,6 juta. Dengan demikian, biaya pernikahan yang sebesar Rp 88 juta tadi sudah bisa tecover lewat hasil investasi yang Anda lakukan selama 5 tahun tersebut.

Mungkin terasa cukup berat harus menyisihkan Rp 900 ribu per bulan, namun jika Anda memang bersungguh-sungguh untuk menikah dan memiliki konsistensi yang tinggi hal tersebut akan terasa mudah dijalani. Jadi, persiapkanlah jauh-jauh hari biaya pernikahan Anda dengan menabung di reksa dana. (Baca juga : Tiga Keuntungan Menabung Reksa Dana di Bareksa)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,44

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,85

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,77

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,97

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua