BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Gaji Bisa Cepat Habis Karena Cuti Bersama Lebaran Maju, Ini Cara Menghindarinya

17 Juni 2017
Tags:
Gaji Bisa Cepat Habis Karena Cuti Bersama Lebaran Maju, Ini Cara Menghindarinya
Ilustrasi menghitung investasi pasar keuangan, saham, obligasi, reksa dana. Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_costasz'>costasz / 123RF Stock Photo</a>

Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri Tahun ini dimulai sejak Tanggal 23 hingga 30 Juni 2017, yang biasa jadi tanggal gajian

Bareksa.com – Di tahun ini, ada tambahan cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri tahun 1438 hijriah yakni pada Tanggal 23 Juni 2017. Sehingga, tahun ini ada 5 hari cuti bersama Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) yakni pada taggal 23, 27, 28, 29, dan 30 juni 2017. Hal ini juga berarti, gaji di bulan Juni pun akan sedikit lebih maju dibayarkan perusahaan, yang menetapkan kebijakan penanggalan gaji di tanggal 23 – 30 juni kepada karyawannya.

Hal ini tentu menggembirakan karyawan karena bisa memegang uang lebih banyak untuk kebutuhan Lebaran nanti. Namun dibalik euforia ini, kita harus tetap bisa mengontrol pengeluaran uang di hari raya. Sebab uang gaji yang kita terima lebih awal ini adalah untuk biaya hidup kita pada bulan berikutnya yakni untuk kebutuhan bulan Juli. Jangan sampai uang ini habis dipergunakan hanya untuk kebutuhan hari raya.

Pastinya, kita tidak ingin menambah utang atau cicilan kartu kredit setelah hari raya, bukan?

Promo Terbaru di Bareksa

Karena itu, ada baiknya kita memisahkan penghasilan bulanan tersebut dari uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang sudah diterima sebelumnya. Jadi, uang THR-nya dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan uang gajian bulan Juni-nya disimpan terlebih dahulu untuk kebutuhan bulan berikutnya setelah masa Lebaran.

Dalam mengamankan uang gaji bulanan ini, kita bisa menyimpannya pada rekening tabungan yang tidak digunakan untuk transaksi harian. Bahkan, agar lebih aman lagi, kita bisa menyimpannya pada reksa dana pasar uang.

Menyimpan uang di reksa dana pasar uang inipun, kita berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih dari sekedar menabung biasa di bank. Tanpa dikenakan pajak atau biaya administrasi bulanan, keuntungannya yang lebih besar bisa dirasakan maksimal.

Pada Marketplace Reksa Dana Bareksa, terdapat sejumlah produk reksa dana pasar uang yang mampu menghasilkan return 0,53 – 0,69 persen dalam sebulan terakhir. Seperti reksa dana MNC Dana Lancar dan Sucorinvest Money Market Fund. Untuk lebih jelasnya, dapat lihat pada tabel di bawah ini.

Tabel: Daftar Reksa Dana Pasar Uang di Marketplace Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Hasil produk reksa dana ini lebih besar dibandingkan bunga tabungan biasanya yang besarnya hanya sekitar 0,7 – 1 persen per tahun. Selain itu, menabung di reksa dana inipun bisa dilakukan dengan dana minimal yang lebih murah yakni hanya Rp 100 ribu.

Produk reksa dana ini cukup efektif untuk menahan sebagian gaji kita agar tidak digunakan untuk keperluan hari raya. Akan tetapi, reksa dana pasar uang mudah dan dapat di cairkan kapan saja sesuai kebutuhan (likuid), dengan proses maksimal 2 hari kerja setelah proses transaksi penjualan reksa dana selesai dilakukan.

Jadi, yuk amankan uang gaji bulanan menjelang Hari Raya Idul Fitri, agar tidak defisit setelah lebaran lewat.

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua