BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Puasa Ramadan, Saatnya Menabung di Reksa Dana Syariah

Bareksa02 Juni 2017
Tags:
Puasa Ramadan, Saatnya Menabung di Reksa Dana Syariah
Silhoutte of muslim woman praying during fasting holy month of ramadan, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_yuliang11'>yuliang11 / 123RF Stock Photo</a>

Risiko rendah namun masih tetap sesuai prinsip syariah.

Bareksa.com – Sudah sepekan ini, umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa Ramadan. Mereka berlomba-lomba mencari keberkahan dengan memperbanyak ibadah guna melipatgandakan pahala. Terlebih lagi, momen ini hanya terjadi satu tahun sekali saja sebelum merayakan hari raya Idul Fitri (Lebaran).

Agar kita tetap khusyuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, ada baiknya kita mulai mempersiapkan diri baik secara rohani (keimanan) ataupun jasmani (fisik).

Persiapan rohani ini dimulai dengan menjauhkan diri dari kemaksiatan dan kezaliman, agar kadar keimanan semakin meningkat. Persiapan jasmani dilakukan karena di bulan Ramadan kita membutuhkan fisik yang prima. Sebab, dalam berpuasa, kita harus menahan haus dan lapar sekitar 14 jam yakni mulai saat azan subuh hingga magrib.

Selain itu, kita juga perlu mempersiapkan keuangan kita di bulan Ramadan. Kita harus bisa mengatur keuangan jangan sampai isi kantong jebol akibat pengeluaran berlebihan.

Ada baiknya, kita menyisihkan uang terlebih dahulu untuk bersedekah dan membayar zakat agar ibadah kita di bulan Ramadan semakin berkah.

Setelah itu, barulah kita bisa mulai dengan membuat anggaran belanja untuk keperluan lebaran mulai dari biaya mudik, uang angpao untuk sanak saudara, membeli makanan, hingga berbelanja pakaian. Jangan sampai belanjaan kita ini melebihi dari batas anggaran yang telah kita buat sebelumnya.

Dalam rangka mengatur keuangan selama bulan Ramadan agar tidak boros dan tetap bisa menabung, Bareksa sebagai Marketplace Reksa Dana bisa menjadi pilihan. Di Bareksa tersedia berbagai macam produk reksa dana yang terdiri dari beberapa jenis dengan kategori syariah dan konvensional. Sehingga, masyarakat pun memiliki banyak pilihan produk reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi masing-masing.

Misalnya pada beberapa produk reksa dana pasar uang berbasis syariah seperti yang tersedia pada tabel dibawah ini. Jenis reksa dana pasar uang sendiri ini memiliki risiko relatif rendah dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi dari tabungan yang hanya sekitar 0,7-1 persen per tahun (belum termasuk pajak dan biaya administrasi bulanan). Sementara pada reksa dana pasar uang ini bisa berpotensi memberikan imbal hasil sekitar, yakni sekitar 5-6 persen setahun tanpa dikenakan pajak ataupun biaya administrasi.

Tabel: Daftar Reksa Dana Pasar Uang Syariah yang Tersedia pada Marketplace BareksaIllustration

Sumber: Bareksa.com

***

Promo Terbaru di Bareksa

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.316,44

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,24

Up0,56%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,20%
Up44,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,14

Down- 0,90%
Up3,16%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,25%
Up46,69%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,94

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,17

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua