BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Anda Tipe Investor Moderat? Coba Lirik Reksa Dana Campuran Ini

Bareksa22 Februari 2017
Tags:
Anda Tipe Investor Moderat? Coba Lirik Reksa Dana Campuran Ini
Ilustrasi perlindungan investor. Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_ra2studio'>ra2studio / 123RF Stock Photo</a>

Tipe investor ini cenderung sudah paham fluktuasi di pasar keuangan dengan harapan keuntungan kalahkan inflasi

Bareksa.com - Dalam memilih produk investasi seperti reksa dana yang terdiri dari beberapa jenis, tentunya investor perlu menyesuaikannya profil risikonya. Hal ini dilakukan agar investor tetap merasa aman dan nyaman dalam melakukan investasi di reksa dana hingga mencapai tujuan keuangannya.

Salah satunya seperti investor yang berprofil risiko moderat (sedang). Tipe investor ini memliki karakteristik yang siap menerima fluktuasi jangka pendek dengan potensi keuntungan yang diharapkan dapat lebih tinggi dari inflasi dan deposito.

Dalam hal ini, pengetahuan bahwa investasi reksa dana bisa bergerak naik atau turun (fluktuatif) sudah dipahami oleh investor. Akan tetapi, mereka tetap saja tidak ingin uangnya hilang sama sekali saat berinvestasi.

Promo Terbaru di Bareksa

Pilihan jenis reksa dana yang cocok untuk tipe investor moderat ini adalah reksa dana campuran yang risikonya masih relatif rendah, dibandingkan dengan saham atau reksa dana saham. Namun, reksa dana campuran ini juga memiliki potensi keuntungan yang tidak kalah dari reksa dana jenis lainnya.

Reksa dana campuran memiliki karakteristik fleksibel dalam mengalokasikan asetnya ke instrumen saham, obligasi, dan deposito dengan proporsi tertentu untuk memaksimalkan keuntungan (return) yang dapat disesuaikan dengan kondisi pasar.

Misalnya saja, seperti produk Cipta Dinamika—salah satu reksa dana campuran yang diperdagangkan di Marketplace Reksa Dana Bareksa. Reksa dana ini memiliki kinerja cemerlang dengan risiko yang relatif rendah dengan menempatkan sebagian besar dana kelolaannya pada aset pasar uang seperti deposito dan surat utang obligasi jangka pendek (kurang dari setahun). Seperti diketahui, aset pasar uang sendiri memiliki fluktuasi harga yang rendah di pasar keuangan.

Berdasarkan barometer Bareksa, reksa dana yang dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management ini juga memiliki skor 4 yang berarti memiliki kinerja baik. Sebagai catatan, pengukuran baromenter ini meliputi total dana kelolaan atau asset under management (AUM), return yang dihasilkan serta risiko reksa dana dibandingkan dengan benchmark atau acuannya.

Tabel: Daftar Reksa Dana Campuran Pada Marketplace Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Seperti terlihat pada tabel di atas, return yang dihasikan reksa dana ini dalam setahun mencapai 30,25 persen, hampir enam kali lipat dari indeks reksa dana campuran yang hanya menghasilkan return 5,36 persen. Kemudian dalam sebulan terakhir, reksa dana ini juga mampu menghasilkan return 3,14 persen, yang juga melampaui benchmark-nya hanya 0,44 persen.

Grafik: Pebandingan Return Cipta Dinamika dengan Benchmark dalam Sebulan Terakhir

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Dari segi risiko, reksa dana yang diluncurkan sejak 24 Mei 2010 ini memiliki risiko dengan standar deviasi (risiko) sebesar 0,022, terendah apabila dibandingkan dengan reksa dana sejenis lainnya yang sama-sama memiliki skor 4 pada Marketplace Bareksa. Selain itu, nilai risiko reksa dana ini pun masih berada di bawah rata-rata risiko pasar reksa dana campuran yang berada di level 0,028-0,029.

Dalam memilih produk reksa dana ini, selain mempertimbangkan profil risiko, investor juga harus menyesuaikan dengan jangka waktu dan tujan investasi. Reksa dana jenis campuran ini cocok untuk tujuan jangka investasi menengah hingga panjang dengan periode investasi 3 sampai 5 tahun. (hm)

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua