BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

FUND PICK: Reksa Dana Ini Salah Satu Pilihan Investasi Dengan Risiko Rendah

Bareksa18 Februari 2016
Tags:
FUND PICK: Reksa Dana Ini Salah Satu Pilihan Investasi Dengan Risiko Rendah
Rupiah - (AntaraFoto)

Reksa dana pasar uang yang dikelola oleh PT Mega Asset Management ini mampu catatkan return diatas benchmark

Bareksa.com - Mega Asset Multicash merupakan reksa dana pasar uang yang memiliki kinerja terbaik pada minggu ini di antara seluruh reksa dana campuran yang diperdagangkan di marketplace investasi Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana dengan menggunakan nilai sharpe ratio. Sharpe ratio merupakan pengukuran kinerja reksa dana berdasarkan perbandingan antara return dan risiko. Semakin tinggi nilai sharpe ratio, maka semakin baik kinerja dari suatu reksa dana. (Baca juga: Kenali Model Pemilihan Reksa Dana Dengan Sharpe Ratio, Jensen, dan Treynor)

Reksa dana yang diluncurkan pada Maret 2012 ini memiliki kinerja baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai skor 4 pada barometer bareksa. Secara year-to-date (YTD) return reksa dana ini menghasilkan 0,66 persen. Kinerja reksa dana ini juga berada di atas rata-rata pasar yang menghasilkan return sebsar 0,60 persen YTD.

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam setahum reksa dana Mega Asset Multicash mampu mencatatkan return lebih besar dibanding benchmark. Indeks reksa dana pasar uang dalam setahun hanya mencatatkan return sebesar 4 persen, sedangkan reksa dana ini menghasilkan return sebesar 7,47 persen.

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana Mega Asset Multicash

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pada grafik terlihat pergerakan reksa dana Mega Asset Multicash cenderung stabil bila dibandingkan dengan reksa dana jenis lainnya. Hal ini dikarenakan reksa dana ini menempatkan dana kelolaannya efek pasar uang seperti deposito dan surat utang yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Reksa dana pasar uang sangat cocok bagi investor yang memiliki profil risiko konservatif atau tidak dapat menerima risiko tinggi dari suatu instrumen investasi. Reksa dana ini juga sangat cocok bagi investor pemula yang baru saja ingin mencoba melakukan investasi.

Namun, bukan berarti reksa dana ini tidak cocok bagi investor yang memiliki profil risiko moderat dan agresif. Reksa dana ini dapat digunakan untuk menaruh dana sementara saat pasar sedang menurun sehingga dana yang dimiliki tidak ikut berkurang.

Selain itu reksa dana pasar uang juga dapat dijadikan sebagai penyimpan dana untuk memenuhi kebutuhan dana dalam jangka pendek karena potensi return yang dihasilkan bisa lebih besar dibanding jika hanya menyimpan dana dalam tabungan.

Reksa dana ini dipilih dan direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki kinerja baik pada minggu ini. Akan tetapi, ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. Anda tetap harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada reksa dana tersebut.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.772,48

Up0,69%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,89%
Up17,20%
Up44,73%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.318,65

Up0,31%
Up3,73%
Up0,03%
Up5,42%
Up18,20%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.751,12

Down- 0,79%
Up2,71%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,29%
Up46,73%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.039,98

Up0,13%
Up2,19%
Up0,02%
Up2,70%
Down- 2,15%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.036,53

Up0,62%
Up3,61%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua