BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

FUND PICK: Dana Pratama Ekuitas, Reksa Dana Saham Berkinerja Terbaik 3 Tahun

Bareksa21 Januari 2016
Tags:
FUND PICK: Dana Pratama Ekuitas, Reksa Dana Saham Berkinerja Terbaik 3 Tahun
Refleksi sejumlah pengunjung melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Reksa dana ini hasilkan return bulanan tertinggi dalam 3 tahun, apalagi dalam pasar saham turun 1 tahun terakhir

Bareksa.com - Dana Pratama Ekuitas menjadi reksa dana saham kinerja terbaik dalam jangka menengah di antara seluruh reksa dana yang diperdagangkan di marketplace Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana menggunakan barometer Bareksa. Barometer Bareksa merupakan parameter yang terdiri atas skor 1 - 5. Semakin baik kinerja reksa dana tersebut, reksa dana tersebut semakin mendekati atau mencapai skor 5.

Pengukuran Barometer didasarkan pada sejumlah parameter, yaitu return reksa dana dibanding dengan risikonya, pertumbuhan dana kelolaan, serta penilaian kinerja dibandingkan dengan benchmark.

Promo Terbaru di Bareksa

Berdasarkan Barometer Bareksa, reksa dana milik PT Pratama Capital Asset Management ini memiliki barometer tiga tahun yang sangat tinggi dengan skor 5. Ini artinya kinerja reksa dana ini dalam tiga tahun sangat baik.

Return yang dihasilkan Dana Pratama Ekuitas dalam tiga tahun terakhir mencapai 35,54 persen, lebih tinggi dibanding IHSG yang justru membukukan return minus 0,84 persen dan indeks reksa dana saham yang memiliki return minus 2,16 persen.

Namun sejak awal tahun, reksa dana ini masih mencatatkan return minus 3,08 persen terimbas tingginya fluktuasi pada pasar saham. Dilihat dari risiko, reksa dana ini tergolong yang memiliki risiko cukup tinggi dengan standar deviasi 0,06 persen.

Grafik: Pergerakan NAB Dana Pratama Ekuitas

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pada grafik di atas terlihat bahwa reksa dana ini bergerak turun dan naik dengan cepat atau memiliki fluktuasi yang sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan mayoritas alokasi aset reksa dana ini berupa instrumen saham yang bergerak dengan volatilitas yang tinggi.

Lantaran fluktuasinya yang tinggi, reksa dana ini tidak direkomendasikan untuk investor dengan profil risiko konservatif atau pun bagi investor yang baru ingin memulai berinvestasi.

Reksa dana ini dipilih dan direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki kinerja terbaik (return) minggu ini. Akan tetapi, ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. Anda tetap harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan berinvestasi pada reksa dana tersebut.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua