BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Masih Ragu Investasi Reksa Dana? Hal Ini Dapat Jadi Pertimbangan untuk Investasi

Bareksa16 September 2015
Tags:
Masih Ragu Investasi Reksa Dana? Hal Ini Dapat Jadi Pertimbangan untuk Investasi
A woman holds Indonesian rupiah notes at a money changer in Jakarta, March 23, 2015. REUTERS/Beawiharta

Masih banyak yang lebih memilih tabungan dibandingkan berinvestasi karena dinilai lebih aman dan juga lebih mudah

Bareksa.com - Masih banyak orang ragu untuk berinvestasi di reksa dana. Mereka lebih memilih tabungan karena merasa lebih aman dan juga lebih mudah. Padahal berinvestasi di reksa dana semudah dan seaman menabung di bank.

Berikut merupakan beberapa hal yang membuat reksa semudah menabung di bank dan memiliki kelebihan dibanding tabungan.

Illustration

Promo Terbaru di Bareksa

Biasanya saat menabung di bank, Anda hanya ingin mengumpulkan uang tanpa mengharapkan dana yang Anda tabung akan bertambah. Tetapi pada reksa dana Anda mungkin akan mendapat imbal hasil (return) yang berasal dari selisih pergerakan nilai aktiva bersih (NAB) per unit -- harga reksa dana -- saat itu dibanding dengan rata-rata NAB saat melakukan pembelian reksa dana.

Return dari reksa dana tentu saja lebih besar dibandingkan dengan bunga yang diberikan bank kepada nasabah penabung. Untuk melihat perbandingan kinerja reksa dana dibanding bunga bank, dapat klik tautan berikut.

Sementara itu, tingkat risiko menabung di bank memang sangat kecil. Namun, menabung di bank tidak dapat terhindar dari risiko berkurangnya nilai uang akibat inflasi. Adapun risiko dari reksa dana bergantung dari jenis reksa dana. Reksa dana yang memiliki risiko sangat kecil adalah reksa dana pasar uang karena mayoritas asetnya dialokasikan pada deposito. (Baca juga: Risiko dan Return Reksa Dana)

Dengan menyimpan uang di bank, nasabah akan dikenakan biaya administrasi dan bunga yang didapat akan dipotong pajak. Pada reksa dana, biaya pengelolaan reksa dana dan pajak tidak ditanggung oleh investor, melainkan sudah dimasukan dalam perhitungan NAB per unit reksa dana. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya-biaya yang terdapat pada reksa dana, dapat klik tautan ini.

Itulah hal-hal yang membuat reksa dana semudah dan seaman menabung di bank. Dengan investasi di reksa dana, Anda tidak hanya menabung, tapi juga membuat uang yang diinvestasikan 'tumbuh'. Jika Anda masih takut terhadap risiko fluktuasi dari pergerakan reksa dana, Anda dapat memulai investasi pada reksa dana pasar uang yang memiliki risiko sangat kecil dan aman.

***

Anda tertarik berinvestasi reksa dana, produk investasi resmi yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan RI? Jika tertarik, silakan mendaftar menjadi nasabah marketplace reksa dana onlineterintegrasi Bareksa - Buana Capital dengan mengklik tautan ini.

Jika Anda ingin belajar dan mendalami investasi reksa dana, termasuk bagaimana menggunakan berbagai perangkat online untuk mengukur, membandingkan, dan memonitor reksa dana dengan return terbaik, silakan mengikuti workshop Bareksa Fund Academy online maupun offline. Untuk mendaftar klik tautan ini. GRATIS.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua