Berita / Kategori / Artikel

IHSG Cetak Rekor dalam Tiga Hari Berturut-turut, Saham Ini Pendorongnya

IHSG hari ini ditutup di level 6.167,67 atau naik 0,55 persen
• 20 Dec 2017
cover

Pialang mengamati pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta - (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Bareksa.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencetak rekor tertinggi (all time high) dalam tiga hari berturut-turut, dengan lonjakan pada menit-menit akhir perdagangan. Satu saham berkapitalisasi pasar besar (big cap) menjadi pendorong utama pergerakan indeks hari ini.

IHSG hari ini, Selasa, 19 Desember 2017 ditutup di level 6.167,67 atau naik 0,55 persen dibandingkan dengan level penutupan kemarin. Padahal, di awal sesi hari ini, IHSG sempat menyentuh level terendah di 6.110,28 yang lebih rendah dibandingkan level penutupan kemarin.

Terjadi transaksi senilai Rp9,93 triliun hari ini dengan volume sebanyak 163 juta lot saham. Adapun investor asing mencatat beli bersih (net buy) senilai Rp156,15 miliar. (Baca : Tiga Saham Ini Kembali Beraksi di Pre Closed Bawa IHSG Cetak Rekor Baru 6.133)

Menariknya, kenaikan drastis IHSG dari zona merah menuju zona hijau terjadi hanya dalam 10 menit di masa pra penutupan untuk membentuk harga penutupan (pre closing) yang terjadi pada pukul 15.50 – 16.00 WIB sesuai regulasi yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia.

Sebagai informasi, di Bursa Efek Indonesia terdapat masa pre-closing sebagai masa pembentukan harga untuk penutupan hari tersebut. Jelasnya terlihat dalam grafik berikut ini. (Lihat : IHSG Ditutup Hijau 10 Menit Terakhir, Ditarik Saham Ini)

Grafik Pergerakan IHSG Intraday

Sumber: Bareksa.com

Pergerakan IHSG ini terdorong oleh peningkatan harga saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang naik 2,12 persen menjadi Rp54.100.

Saham ini juga pada sesi pembukaan berada di level Rp52.100, lebih rendah dibandingkan dengan penutupan kemarin di Rp52.975. Namun, saham UNVR terpantau melonjak di akhir sesi perdagangan sehingga tercatat naik dibandingkan penutupan kemarin. (Baca : Jelang Suku Bunga BI Diumumkan, Semua Sektor Menghijau Topang IHSG Tembus 6.100)

Grafik Pergerakan Saham UNVR Intraday

Sumber: Bareksa.com

Pergerakan saham sektor konsumer ini wajar memengaruhi indeks karena memiliki nilai kapitalisasi yang besar. Hari ini, market cap UNVR tercatat Rp412,78 triliun, atau sekitar 6 persen dari total kapitalisasi IHSG. (Lihat : Manulife Proyeksikan IHSG Tahun Depan Tembus 7.000)

Pembeli terbesar UNVR hari ini melalui broker Mirae Aset Sekuritas. Broker tersebut mencatat nilai transaksi beli saham UNVR Rp27 miliar, atau setara 17,9 persen total transaksi UNVR yang mencapai Rp151 miliar hari ini.

Lonjakan signifikan pada periode pre-closing ini mirip dengan kejadian pada perdagangan Senin, 18 Desember 2017, ketika tiga saham big caps juga membawa IHSG mencetak rekor baru. Bahkan, pola ini juga terlihat pada perdagangan akhir pekan lalu. (AM)

Tags: