BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Perkembangan Harga Emas Tunggu Rilis Data Amerika, Mengapa?

Martina Priyanti08 Desember 2023
Tags:
Perkembangan Harga Emas Tunggu Rilis Data Amerika, Mengapa?
Ilustrasi investasi di emas batangan atau logam mulia secara digital. (Shutterstock)

Emas diperkirakan akan terus mendapat dukungan dari sikap Federal Reserve atau bank sentral Amerika

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Jumat (8/12/2023) baik di pasar spot dunia maupun harga di dalam negeri, relatif stabil. Adalah kabar mengenai data tenaga kerja Amerika Serikat, menjadi pendorong utama pergerakan harga emas dalam jangka pendek ini.

Harga Emas Hari Ini, Jumat (8/12/2023)

Emas

Harga Beli Emas Hari Ini

Emas Comex

US$2.030,26 per troy ounce

Emas Treasury​

Rp1.043.157 per gram

Emas Pegadaian​

Rp1.039.000 per gram

Emas Indogold

Rp1.033.500 per gram

Emas Antam

Rp1.116.000 per gram

Sumber: Investing (13.01 WIB), Antam (08.30 WIB), dan Bareksa Emas

Promo Terbaru di Bareksa

Bagi Kamu yang merupakan seorang investor emas pemula, perlu mengetahui bahwa perkembangan naik turunnya emas di pasar dunia, ikut mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Faktor pendorong lainnya seperti nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika serta besaran penawaran permintaan.

Adapun emas di pasar spot, pada hari ini per pukul 13.01 WIB seperti dilansir Investing, tercatat US$2.030,26 per troy ons. Sebelumnya dengan periode waktu yang sama pada kemarin, harga emas di pasar spot berada pada kisaran US$2.026,38 per troy ons.

Analisis dari Deu Calion Futures (DCFX) Andrew Fischer mengatakan, beberapa faktor utama yang memengaruhi harga emas saat ini termasuk perubahan ekspektasi pasar terhadap suku bunga Amerika.

"Sinyal dovish dari Jerome Powell memberikan ekspektasi penurunan suku bunga sebelum Maret 2024, tetapi ketidakpastian seputar ekonomi AS memunculkan ketidakpastian di pasar," kata Fischer dalam keterangan tertulis, Jumat, 8 Desember 2023 seperti dilansir Medcom.

Pendorong Harga Emas di Pasar Dunia

Selain itu, ia melanjutkan meningkatnya permintaan safe haven akibat serangan terhadap kapal Amerika di Laut Merah turut memberikan dukungan terhadap harga emas. "Meskipun ketegangan di Timur Tengah mereda, sentimen safe haven tetap kuat," ucap Fischer.

Lebih lanjut dalam analisanya, Fischer menekankan bahwa arah tren secara keseluruhan masih menunjukkan kenaikan bagi emas. Meskipun sempat terjadi fluktuasi harga, logam mulia secara garis besar mempertahankan tren positifnya.

Nah, kondisi ini memberikan keyakinan kepada para trader dan investor untuk melihat potensi kenaikan lebih lanjut dalam sesi perdagangan berikutnya. Menurutnya, pasar saat ini memusatkan perhatian pada data nonfarm payrolls untuk bulan November, yang akan dirilis pada hari ini, Jumat waktu setempat.

Hasilnya diharapkan memberikan petunjuk definitif mengenai kondisi pasar tenaga kerja Amerika. Meskipun data awal menunjukkan pelambatan, pasar menantikan sinyal yang lebih jelas dari nonfarm payrolls.

Disamping itu, sepertu dilansir Medcom, Federal Reserve atau bank sentral Amerika, juga dihadapkan pada tantangan untuk mengelola suku bunga di tengah ketidakpastian ekonomi.

Meskipun Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell menyatakan sikapnya tentang suku bunga yang lebih tinggi dalam waktu lama, para trader berharap adanya perubahan sikap seiring penurunan inflasi dan perlambatan pasar tenaga kerja.

Faktor Pendorong Emas

Adapun faktor-faktor beragam mendorong reli emas, termasuk sinyal dovish dari Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, yang mengarah pada ekspektasi penurunan suku bunga seiring berjalannya waktu.

Meskipun sempat mengalami penurunan ekspektasi selama seminggu, terutama seiring tanda-tanda ketahanan dalam ekonomi AS, emas tetap dalam fokus terutama dalam konteks kapan Federal Reserve berencana untuk memangkas suku bunga.

"Emas diperkirakan akan terus mendapat dukungan dari sikap Federal Reserve yang tidak terlalu hawkish dan kondisi pasar tenaga kerja yang mendingin," ujar Fischer.

Harga Emas Dalam Negeri

Seperti disampaikan di atas bahwa, penguatan dan pelemahan dan penguatan harga emas di pasar dunia, ada kalanya langsung diikuti oleh harga emas di dalam negeri. Sebagai gambaran, emas keluaran Antam hari ini juga seperti di pasar spot dunia yang relatif stabil.

Hari ini emas Antam bertahan seperti posisiu harga pada kemarin, yakni Rp1.116.000 per gram. Sementara itu emas fisik digital yang tersedia di fitur Bareksa Emas dalam aplikasi investasi Bareksa, harganya bervariasi ada yang stabil seperti emas Antam hari ini dan juga ada yang turun.

Harga emas fisik digital Pegadaian yang ada di fitur Bareksa Emas, hari ini harganya stabil atau sama seperti harga kemarin yakni pada posisi Rp1.039.000 per gram.

Sementara itu penurunan harga terjadi pada emas fisik digital Treasury dan emas fisik digital Indogold yang tersedia di Bareksa Emas. Emas fisik digital Treasury yang juga tersedia di Bareksa Emas, hari ini turun tipis Rp1.373 per gram, dibandingkan harga pada kemarin, menjadi Rp1.043.157 per gram.

Penurunan harga juga terjadi pada emas fisik digital Indogold yang juga diperdagangkan di fitur Bareksa Emas, harganya hari ini turun Rp2 ribu per gram dibandingkan kemarin menjadi Rp1.033.500 per gram.


Beli Emas di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun.

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa!

Beli Emas di Sini

(Martina Priyanti)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.777,28

Up0,58%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,76%
Up17,17%
Up44,58%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.327,79

Up1,26%
Up4,33%
Up0,03%
Up5,81%
Up19,11%
-

STAR Stable Income Fund

1.927,79

Up0,51%
Up2,97%
Up0,02%
Up6,03%
Up29,03%
Up64,33%

I-Hajj Syariah Fund

4.827,18

Up0,55%
Up3,07%
Up0,03%
Up6,17%
Up21,88%
Up40,52%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.141,93

Up0,56%
Up2,86%
Up0,02%
Up5,03%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua