Harga Emas Hari Ini Diskon, Tapi Kalau Investasi Logam Mulia 5 Tahun Segini Untungnya

Harga beli emas Antam naik 60,96 persen dalam lima tahun terakhir
Hanum Kusuma Dewi • 08 Jul 2022
cover

Ilustrasi investor memegang emas batangan logam mulia untuk investasi jangka panjang. (shutterstock)

Bareksa.com - ​Harga emas kembali melanjutkan tren penurunan. Saat harga emas turun dapat menjadi kesempatan bagi investor membeli emas untuk investasi jangka panjang khususnya yang berupa logam mulia atau emas batangan dengan harga murah. 

Menurut data di super app bareksa, harga beli emas Pegadaian di fitur Bareksa Emas mengalami tren penurunan dalam beberapa waktu terakhir. Harga beli emas Pegadaian hari ini, Jumat (8/7/2022) di level Rp896.000 per gram, atau sama dengan harga Kamis.

Grafik Pergerakan Harga Emas Pegadaian di Bareksa Emas

Sumber: Bareksa Emas

Meski harga emas naik turun, logam mulia ini kerap dijadikan investasi karena dianggap sebagai aset aman (safe haven). Investasi emas batangan meskipun harganya turun, kepemilikan investor secara fisik masih tetap sama sehingga selama investor tidak menjual, investor tidak rugi. 

Akan tetapi, dalam berinvestasi emas, smart investor perlu memahami adanya dua harga yaitu harga beli dan harga jual kembali (buyback) emas. 

Harga beli emas adalah harga untuk pembeli ketika membeli dari toko emas atau pedagang emas. Sementara itu, harga buyback emas adalah harga ketika pemilik emas menjual emas tersebut kepada toko atau pedagang emas.

Oleh karena itu, jual beli emas dalam waktu pendek belum tentu memberikan keuntungan. Sebab, dalam satu hari saja, sudah ada selisih harga beli dan harga jual kembali (buyback) emas. Makanya, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jangka panjang. 

Dalam jangka panjang, investasi emas tidak akan membuat nilainya berkarat, bahkan memiliki potensi meraih keuntungan. Hal ini bisa dilihat berdasarkan data historis harga emas batangan produksi PT Antam Tbk, atau yang biasa disebut emas Antam. 

Grafik Pergerakan Harga Beli Emas Antam

Sumber: logammulia.com

Dalam lima tahun terakhir, harga beli emas Antam sudah naik 60,96 persen dari Rp602.000 per gram menjadi Rp969.000 per gram pada 8 Juli 2022. Artinya harga beli emas Antam sudah naik Rp367.000 per gram dalam 5 tahun terakhir. 

Kalau smart investor beli emas 10 gram pada 5 tahun lalu, berarti modalnya adalah Rp6.020.000. Bila investor menjualnya pada harga buyback hari ini 8 Juli 2022 sebesar Rp839.000 per gram, maka nilai emas yang dimiliki investor Rp8.390.000. Berarti, investor mendapatkan keuntungan sebesar Rp2.370.000 dalam 5 tahun investasi atau 39,3 persen dari modal awal. 

Baca juga Bloomberg Intelligence Prediksi Harga Emas Akhir 2022 Bisa Kembali Naik ke US$2.000

Kalau Anda tidak ingin repot menghitung dan menyimpan emas batangan bisa menggunakan fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa, yang tersedia untuk ponsel (handset) berbasis iOS dan Android.

Di Bareksa EmasBareksa telah bermitra dengan pedagang emas online yang menyediakan fasilitas titipan atau gadai, yaitu Pegadaian dan Indogold. Mitra pengelola emas ini sudah mendapat izin OJK sebagai salah satu usaha pergadaian (untuk penitipan emas).

Selain itu, emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur Bareksa Emas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas ANTAM dan emas UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Selain berpeluang meraih cuan, investasi emas juga berpeluang mendapatkan hadiah voucher reksadana lho.  Tersedia voucher reksadana Rp50.000, Rp150.000 dan Rp400.000 untuk pembelian emas di Bareksa Emas dengan pembayaran apapun (all payment) selama periode promo 23 Juni - 10 Juli 2022.

Baca juga Gajian Investasi Emas di Bareksa, Raih Reksadana hingga Rp400 Ribu

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.