BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Kehati Lestari, Reksa Dana Jawara yang Berdampak Positif pada Lingkungan

Bareksa26 September 2019
Tags:
Kehati Lestari, Reksa Dana Jawara yang Berdampak Positif pada Lingkungan
Digital Lead & Investment Specialist Bahana TCW Investment Management Kevin Harryngton Sitompul (tengah) menerima penghargaan dalam Bareksa-Kontan 3rd Fund Awards 2019 dari Lukas Setia Atmaja, Financial Expert-Prasetiya Mulya Business School mewakili Dewan Juri (kiri) dan Chief Research and Business Development Bareksa Ni Putu Kurniasari.

Reksa Dana pendapatan tetap ini tumbuh 13,68 persen setahun terakhir (per 19 September 2019)

Bareksa.com - Ketika kita menanamkan modal dalam produk investasi seperti Reksa Dana, kita pasti mengharapkan keuntungan atau imbal hasil. Pernahkah terpikir bahwa hasil investasi tersebut tidak hanya menguntungkan bagi diri kita sebagai investor, tetapi juga bisa membawa dampak positif bagi lingkungan?

Hal inilah yang terjadi dalam investasi hijau (green investment), dan termasuk juga dalam investasi yang memiliki tanggung jawab sosial (socially responsible investment/SRI). Investasi hijau secara spesifik mendukung aktivitas yang memberikan dampak pada lingkungan, seperti implementasi proyek kebersihan udara, air bersih, dan program keanekaragaman hayati.

Salah satu produk Reksa Dana yang memegang teguh konsep green investing ini adalah Reksa Dana Kehati Lestari, yang dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management. Semenjak awal diluncurkan pada April 2007, Reksa Dana ini bertujuan untuk menggalang dukungan finansial dari masyarakat untuk membantu keberlanjutan pembiayaan program-program keanekaragaman hayati yang diselenggarakan oleh Yayasan KEHATI melalui konsep investasi dalam bentuk Reksa Dana.

Promo Terbaru di Bareksa

Melalui Reksa Dana Kehati Lestari, investor dapat menyumbangkan investasinya kepada Yayasan KEHATI dengan sejumlah alternatif sebagai berikut: menyumbangkan seluruh pokok dan imbal hasil (keuntungan) kepada Yayasan KEHATI, menyumbangkan seluruh imbal hasil saja, menyumbangkan separuh dari imbal hasil saja. Atau, investor bisa memperoleh hasil investasi dari kinerja Reksa Dana Kehati Lestari, sama seperti berinvestasi pada Reksa Dana lainnya.

Kinerja Reksa Dana

Reksa Dana Kehati Lestari adalah jenis Reksa Dana pendapatan tetap, yang mayoritas aset dalam portofolionya adalah efek bersifat utang. Tujuan investasinya adalah mendapatkan tingkat pertumbuhan yang stabil dan optimal dengan berinvestasi pada efek bersifat utang.

Dalam setahun terakhir (per 19 September 2019), Reksa Dana ini mencetak imbal hasil (return) 13,68 persen. Bila dilihat sejak awal peluncurannya, sudah terjadi pertumbuhan 119,92 persen.

Reksa Dana Kehati Lestari masuk dalam Top 5 Reksa Dana pendapatan tetap dengan return tertinggi setahun di marketplace Bareksa (per 19 September 2019). Kinerjanya setahun terakhir ini jauh melampaui rata-rata Reksa Dana sejenis yang tercermin dalam Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap Bareksa dengan return hanya 9,92 persen.

Grafik Pertumbuhan NAB/UP Reksa Dana Kehati Lestari Setahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Menurut brosur Reksa Dana Agustus 2019, jumlah dana kelolaan (asset under management/AUM) Kehati Lestari sudah mencapai Rp986 miliar. Sekitar 97 persen dari portofolionya dialokasikan pada obligasi pemerintah dan sisanya adalah likuiditas.

Berdasarkan Barometer Bareksa, Reksa Dana ini mendapatkan nilai 3,5 dari skala 5. Return Reksa Dana ini mendapatkan nilai 4 dari skala 5, dan risikonya hanya 2 dari skala 5.

Dengan kinerjanya yang cemerlang tersebut, di samping kemampuannya untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan, Kehati Lestari menjadi pemenang untuk kategori Best Impact Fund di Bareksa-Kontan 3rd Fund Awards 2019. Perlu diketahui, kategori ini baru pertama kali ada dalam perhelatan tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan bagi industri Reksa Dana Indonesia.

Reksa Dana Kehati Lestari bisa dibeli di Bareksa dengan modal awal hanya Rp100.000.

Illustration

(ADV)

***

Ingin berinvestasi di Reksa Dana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli Reksa Dana, klik tautan ini
- Pilih Reksa Dana, klik tautan ini
- Belajar Reksa Dana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui Reksa Dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,25

Up0,46%
Up3,99%
Up0,04%
Up4,94%
Up18,47%
-

Capital Fixed Income Fund

1.784,34

Up0,60%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,89%
Up16,80%
Up42,83%

STAR Stable Income Fund

1.935,03

Up0,56%
Up3,02%
Up0,03%
Up5,97%
Up28,80%
Up59,36%

I-Hajj Syariah Fund

4.847,5

Up0,62%
Up3,15%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,96%
Up40,60%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.144,09

Up0,41%
Up2,77%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,35%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua